Telko.id – PT XL Axiata Tbk (XL) kembali memperluas ekosistem 4G LTE perusahaan dengan menyediakan berbagai merek dan model smartphone 4G di Digital Lifestyle Experience Center miliknya, sebagai tempat terpadu yang menyediakan berbagai kebutuhan gaya hidup digital serta wahana bagi pelanggan untuk mencoba dan merasakan kenyamanan serta pengalaman baru dalam menggunakan layanan-layanan digital. Dalam hal ini, XL menggandeng PT. Erafone Artha Retailindo, yang merupakan anak usaha PT Erajaya Swasembada Tbk.
Diakui Presiden Direktur sekaligus CEO XL, Dian Siswarini, kerjasama ini merupakan langkah strategis dalam mempercepat adopsi 4G oleh masyarakat Indonesia, khususnya pelanggan XL.
“Kami membuka Digital Lifestyle Experience Center sebagai wujud transformasi layanan XL Center, yang merupakan tempat one stop solution untuk mendapatkan layanan digital,” kata Dian dalam keterangan resminya, Selasa (3/5). “Kami berharap kerjasama dengan Erafone akan mendukung akusisi pelanggan 4G menjadi semakin cepat.”
Sementara itu, Direktur Erafone, JW Kim menyebut bahwa pengalaman panjang Erafone dalam mengelola retail berskala nasional merupakan nilai tambah dalam kerjasama strategis ini.
“Portofolio brand terlengkap yang kami bawa juga memberikan lebih banyak pilihan bagi Konsumen, dengan demikian kami berharap kolaborasi dengan XL ini bisa memberikan kontribusi positif bagi kedua belah pihak,” ungkapnya.
Erafone merupakan perusahaan ritel perangkat elektronik dengan jaringan terluas di Indonesia. Perusahaan ini menyediakan berbagai perangkat telekomunikasi seperti handset, kartu SIM, kartu voucher prabayar, aksesoris, dan berbagai jenis gadget.
Penandatanganan nota kerjasama antara XL dan Erafone ini dilakukan oleh Presiden Direktur dan CEO XL, Dian Siswarini dan Hasan Aula, CEO Erajaya Group, bersamaan dengan peresmian XL Center Transformasi di empat lokasi di Jakarta yang dipusatkan di Mall Puri Indah, Jakarta Barat.
Langkah ini juga sejalan dengan peningkatan kualitas layanan internet cepat yang terus dilakukan secara terus-menerus, sehingga kebutuhan digital lifestyle pelanggan dapat dipenuhi.
Selain menjadi penyedia smartphone terkini bagi setiap program bundling XL, Erafone juga akan menyediakan layanan dalam bentuk ekosistem 4G seperti upgrade kartu SIM 4G dan paket 4G.
Tranformasi XL Center
Masih terkait pengembangan ekosistem 4G LTE, XL juga meluncurkan konsep baru untuk pusat layanan pelanggan XL yang unik dan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan atas layanan data. Di tempat ini, pelanggan bisa mendapatkan semua solusi terkait dengan kebutuhannya digital secara one stop solution, mulai dari informasi mengenai teknologi internet paling mutakhir, paket-paket internet yang sesuai dengan kebutuhan, hingga berbagai tipe smartphone 4G LTE dan asesorisnya yang didukung oleh Erafone.
Pelanggan akan bisa mendapatkan panduan dan edukasi mengenai produk dan layanan digital, termasuk juga seputar manfaat internet cepat 4G LTE. Selain itu, pelanggan juga bisa mencoba dan merasakan sendiri pengalaman menggunakan layanan internet cepat untuk berbagai keperluan, baik untuk browsing, chatting, maupun akses social media.
Ke depannya, XL akan mengubah konsep layanan pelanggan konvensional menjadi layanan one stop digital solution di seluruh XL Center. Rencananya, tahun 2016 ini sejumlah XL Center akan bertransformasi, meliputi XL Center Mal Puri Indah, Kelapa Gading, Supermal Karawaci, dan lain-lain.
Shopping Poin untuk XL PRIORITAS
Selanjutnya, untuk lebih mempermudah pelanggan dalam mendapatkan smartphone 4G yang sesuai dengan kebutuhannya, XL juga mengenalkan program Shopping Poin bagi pelanggan XL PRIORITAS.
Melalui program ini, pelanggan yang berlangganan XL PRIORITAS akan mendapatkan Shopping poin, semacam voucher yang bisa langsung dipakai untuk membeli ponsel pintar 4G yang diinginkan.
Besaran nilai yang didapatkan dari shopping poin beragam, tergantung dari paket PRIORITAS yang dibeli. Untuk paket berlangganan selama 12 bulan, pelanggan bisa mendapatka Shopping Poin mulai Rp 750 ribu hingga Rp 2,5 juta. Pelanggan juga masih akan mendapatkan paket data mulai 2,5 GB hingga 10 GB.
Sementara itu untuk paket berlangganan 24 bulan, pelanggan akan mendapatkan Shopping Poin mulai Rp 1,5 juta hingga Rp 6 juta, plus paket data mulai 2,5 GB hingga 10 GB.
Jadi, dalam program bundling ini, konsumen lebih bebas memilih smartphone 4G dan aksesoris yang diinginkan dan bisa langsung menggunakan shopping poin sebagai potongan.
Untuk mendapatkan program bundling ini, pelanggan cukup datang ke XL Center dan XPLOR yang telah ditunjuk, yaitu di XL Center di Ciputra World, Sudirman Bogor, Margorejo – Surabaya, Martadinata – Bandung, Pemuda- Surabaya, Pondok Indah Mall 1, dan Sunset Road – Bali, XPLOR Puri Indah, Central Park, dan Senayan City.
Saat ini, layanan 4G LTE XL telah didukung lebih dari 3000 BTS 4G, dengan jumlah pelanggan lebih dari tiga juta. Total pelanggan internet/Data XL lebih 22 juta atau 54%% dari total jumlah pelanggan XL.
Ada sekitar 58 kota telah mendapatkan layanan 4G LTE, dengan target hingga akhir tahun layanan ini telah menjangkau 85 kota.