Telko.id – Seperti juga operator lain, saat libur Natal dan Tahun Baru, jaringan 3 Indonesia dipenuhi oleh pelanggannya untuk mengakses berbagai konten digital dan layanan telekomunikasi lainnya. Terutama yang terkait dengan layanan data. Tercatat, trafik data saat liburan akhir tahun itu naik hingga 44% dibandingkan dengan libur yang sama tahun lalu.
Jika dibandingkan dengan rata-rata pada hari normal trafik data 3 meningkat sekitar 15%. Kenaikan trafik saat malam tahun baru tertinggi terjadi di kota Cianjur sebesar 25%, serta lokasi tujuan wisata seperti Bandung, Malang, dan Yogyakarta. Dipakai apa saja?
Paling banyak, para pelanggan 3 mengakses media sosial yakni sebesar 33%, diikuti dengan video streaming sebesar 30%, dan instant messenger sebesar 17%.
“Media sosial masih menjadi yang paling banyak di akses dan digunakan untuk membagikan momen pergantian tahun. Untuk memberikan pengalaman nyaman berinternet, 3 Indonesia juga telah membangun 9,000 4G BTS untuk menjangkau area baru dan memperluas kapasitas. Termasuk di 160 titik penting dan tujuan wisata di seluruh Indonesia,“ujar M. Danny Buldansyah, wakil Presiden Direktur 3 Indonesia.
Curah hujan tinggi pada awal tahun 2020 juga menyebabkan beberapa area di Jabodetabek terkena banjir sehingga terjadi pemadaman listrik di beberapa daerah yang berdampak pada penurunan kinerja BTS.
Namun, tim khusus 3 bekerja keras melakukan optimisasi jaringan sehingga layanan dan coverage tidak terjadi gangguan yang berarti. Pada 1 Januari 2020 hingga 2 Januari 2020, tidak terjadi penurunan trafik yang berarti di area Jabodetabek. Sementara BTS yang terdampak telah kembali normal sejak 2 Januari 2020.
“Kami juga turut prihatin atas musibah banjir dan longsor yang melanda wilayah Jabodetabek. Saat ini kami terus siaga agar jaringan 3 tetap berfungsi maksimal dan melakukan upaya antisipasi dalam menghadapi cuaca beberapa waktu kedepan sehingga pelanggan bisa berkomunikasi dan terhubung di jaringan 3.” Tutup Danny.
Bagi masyarakat yang mendapatkan kendala juga dapat membantu upaya pemulihan dengan melaporkan gangguan jaringan 3 Indonesia ke nomor customer care kami di 132, atau melalui kanal media sosial Twitter @3CareIndonesia, FB Messenger 3 Indonesia, dan Telegram @TriIndonesiaCare_bot. (Icha)