3 Indonesia Gunakan Teknologi NBA Dari NTT DOCOMO, Untuk Apa?

Teknologi NBA

 

Telko.id – Saat ini, memang kebutuhan akan koneksi di gedung tinggi, seperti apartemen maupun perkantoran sangat dibutuhkan. Untuk meningkatkan konektivitas pelanggannya di gedung tinggi, 3 Indonesia pun mengimplementasikan teknologi NBA atau Narrow Beam Antenna dari NTT DOCOMO. Apa manfaatnya?

Dengan menggunakan teknologi NBA atau Narrow Beam Antennaini maka pelanggan akan merasakan layanan internet nya lebih andal karena mampu mengatasi ketidakstabilan jaringan di gedung-gedung tinggi. Maklum saja, kalau di gedung-gedung tinggi itu, sering kali terjadi gangguan sinyal sehingga konektivitas pun menjadi tidak stabil. Pasti ini akan membuat pengguna pun tidak nyaman.

Untuk itu, 3 Indonesia memasang antena ini di atas menara seluler untuk meningkatkan kekuatan dan penetrasi sinyal ke dalam ruangan (indoor)di dalam gedung. Hasilnya, lantai-lantai tinggi di dalam gedung mendapatkan penguatan sinyal dan pelanggan dapat menikmati jaringan yang lebih kuat dan stabil. Solusi Narrow Beam Antenna ini sudah diimplementasikan oleh 3 Indonesia di enam area Jabodetabek yaitu Kuningan, Casablanca, Pancoran, Jatinegara, Meruya, dan Bintaro.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh 3 Indonesia, sebagian besar dari lalu lintas data di area metropolitan berasal dari dalam ruangan (indoor). Jadi, mengimplementasikan teknologi Narrow Beam Antennaini sangat tepat karena memungkinkan operator ini untuk meningkatkan cakupan jaringan dalam ruangan di beberapa gedung secara efektif di saat yang bersamaan, tanpa harus memasang perangkat small cells di masing-masing gedung.

“Hasilnya, lebih banyak pengguna yang bekerja dan tinggal di gedung-gedung tinggi dapat menikmati koneksi internet yang lebih baik. Kami bangga dapat membawa teknologi mutakhir ini lewat kolaborasi dengan NTT DOCOMO yang merupakan world leader dalam meningkatkan pengalaman pengguna, terutama dalam ruangan.” ujar Desmond Cheung, Chief Technical Officer of Hutchison 3 Indonesia,

“Di Jepang, NTT DOCOMO sendiri telah mengimplementasikan berbagai solusi guna memberikan kualitas pelayanan seluler terbaik dan cakupan jaringan terluas. Solusi Narrow Beam Antennaadalah solusi yang niche namun mudah diimplementasikan untuk memberikan kualitas jaringan yang kuat dan stabil di lantai-lantai atas gedung-gedung tinggi sekitar menara seluler yang dilengkapi dengan teknologi ini,” ungkap Keisuke Yoshizawa, Executive General Manager, Global Business Division NTT DOCOMO, Inc.

Menurut Keisuke, solusi ini juga lebih efisien dibandingkan dengan cara-cara konvensional seperti pemasangan IBS (in-building solution)dan antena outdoor di masing-masing gedung. Solusi ini sudah terbukti di Jepang maupun beberapa negara lain di Asia.

Sebelumnya 3 Indonesia telah membangun sejumlah solusi untuk meningkatkan kualitas jaringan seperti solusi Zero Drive Test, teknologi pengukuran jaringan otomatis yang dapat mendeteksi situasi yang tidak diinginkan secara lebih cepat dan tepat sehingga mampu membantu 3 menjaga keandalan layanan internet untuk pengguna.

Peningkatan kualitas jaringan ini adalah bagian dari usaha berkelanjutan 3 untuk memberikan pelayanan terbaik bagi penggunanya di lebih dari 34.000 desa di Indonesia melalui jaringan 4.5G Pro-nya yang kini lebih luas dan kuat. (Icha)

Berita sebelumyaWow, Unlimited Internetan Hanya 1000! Cuma dari 3 Indonesia
Berita berikutnyaSamsung Galaxy S20 FE Baru Saja Diluncurkan, Harga nya Rp. 10 Juta!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.