spot_img

Demi Para Gamer, Tri Indonesia Gelar Jaringan Massive MIMO 32T32R

Telko.id – Yang tua maupun yang muda, kini banyak yang bermain game saat luang. Namun, ada syarat yang perlu dipenuhi, yaitu koneksi internet mobile yang mumpuni. Itu sebabnya, untuk memuaskan para gamer, Tri Indonesia menggelar jaringan Massive MIMO (Massive Multiple-Input Multiple-Output) 32T32R.

Teknologi Massive MIMO ini menggunakan lebih banyak antena baik pada pemancar maupun pada penerima. Sebagai perbandingan, teknologi SISO menggunakan hanya satu antena, MIMO menggunakan dua atau empat antena, sedangkan Massive MIMO menggunakan mulai dari enam belas antena atau lebih. Penambahan ini melipatgandakan kapasitas antena dalam menangani lalu lintas data, sehingga dapat menghasilkan koneksi internet yang jauh lebih baik dan cepat. Pas untuk para gamer.

Baca juga : Jaringan 3 Indonesia Sekarang Sudah 8x Lebih Cepat

Salah satu inovasi generasi terbaru dari teknologi MIMO adalah Massive MIMO 32T32R. Sesuai dengan namanya, teknologi ini menggunakan 32 elemen antena pemancar dan 32 elemen antena penerima pada satu Base Transceiver Station (BTS).

Dengan 64 elemen antena pemancar dan penerima, kecepatan unduh, unggah, dan latency dari koneksi internet mendapatkan penyempurnaan yang signifikan seperti pada tabel berikut. Jeda waktu yang semakin kecil ini tentunya membuat para mobile gamers bisa lebih responsif dan kompetitif ketika bermain. Salah satu operator telekomunikasi di Indonesia yang telah mengaplikasikan teknologi Massive MIMO 32T32Radalah 3 Indonesia.

Kinerja Massive MIMO 32T32R Dibandingkan dengan SISO
KapasitasRata-rata kecepatan maksimalLatency
3x lebih besar8x lebih cepat50% lebih cepat (pada jam sibuk)

 

“Menurut pengujian internal kami, teknologi Massive MIMO 32T32R meningkatkan kualitas jaringan kami hingga lebih cepat 8x, begitu juga untuk gaming experience, denganlatency 50% lebih cepat meski dalam jam sibuk,” kata Chief Technical Officer 3 Indonesia Desmond Cheung.

“Peningkatan ini digemari oleh pemain mobile games karena membantu mereka untuk bermain dengan lebih kompetitif. Namun, tentunya peningkatan jaringan secara signifikan seperti ini akan bermanfaat pula bagi kegiatan lain seperti video call, streaming video, dan masih banyak lagi.”

Sebagai informasi, sejak awal tahun 2019 hingga Januari 2020, 3 Indonesia telah meningkatkan kemampuan jaringannya dengan memasang teknologi terkini yang memungkinkan koneksi internet berjalan 8x lipat lebih cepat dibandingkan saat jaringan 4G pertama diperkenalkan pada tahun 2016.

(Icha)

 

 

 

 

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles