Telko.id – 3 Indonesia gandeng Nokia dalam memanfaatkan solusi nya. Langkah ini merupakan upaya operator ini untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggannya. Solusi Nokia yang digunakan adalah solusi Zero Drive Test yang didukung oleh AVA Cognitive Services untuk menggantikan pengukuran jaringan konvensional berbasis drive-test manual yang mengharuskan personil turun langsung ke lapangan untuk memperoleh data.
3 Indonesia gandeng Nokia ini untuk memanfaatkan teknologi yang mampu melakukan pengukuran jaringan otomatis sehingga dapat mendeteksi situasi yang tidak diinginkan seperti area dengan jangkauan sinyal yang buruk atau trafik data yang tinggi dengan lebih akurat, lebih efisien, dan lebih cepat sehingga mampu membantu 3 Indonesia menjaga keandalan layanan mobile internet dan memungkinkan pelanggan untuk bermain mobile games tanpa gangguan dalam masa PSBB ini.
Baca juga : 3 Indonesia Terapkan Teknologi DSS Demi Optimalkan Kapasitas 4G
“3 Indonesia gandeng Nokia ini merupakan upaya untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan kami. Solusi Zero Drive Test memungkinkan kami untuk dapat mengoptimalkan jaringan kami dengan cepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami yang berubah secara dinamis dan substansial selama masa pandemi COVID-19. Solusi ini membuat kami tetap fokus untuk memberikan jaringan dengan kualitas terbaik bagi pelanggan kami,” ujar Desmond Cheung, Chief Technical Officer Hutchison 3 Indonesia.
3 Indonesia gandeng Nokia ini menjadikan operator ini yang pertama pertama di wilayah Asia Pasifik dan Jepang yang mengaplikasikan solusi Minimization of Drive Test (MDT) dari Nokia. Teknologi ini mengandalkan informasi GPS dan data aktivitas jaringan yang dikumpulkan pada grid level.
Solusi ini mampu melakukan pemantauan jaringan 80% lebih cepat dan memungkinkan pengoptimalan jaringan yang lebih baik. Penerapan zero drive test pada teknologi ini juga meniadakan penggunaan kendaraan untuk melakukan pengukuran, sehingga tidak meninggalkan jejak karbon dioksida di lingkungan serta menghemat bahan bakar dan waktu.
Baca juga: 3 Indonesia Gandeng Nokia Uji Coba 5G Di Spektrum 28 GHz
“Solusi ini didukung oleh AVA Cognitive Service kami, sebuah teknologi yang memungkinkan 3 Indonesia untuk mentransformasikan jaringan, layanan, dan operasi bisnis mereka melalui aplikasi AI dan otomasi. Inovasi ini sangat penting dalam membantu 3 Indonesia untuk memantau kinerja jaringan mereka serta memanfaatkan data untuk meningkatkan pengalaman pengguna mereka. Solusi ini juga merupakan salah satu contoh dari komitmen kami terhadap produk yang berkelanjutan dan tanpa emisi,” kata K P Goh, Head of Indonesia di Nokia.
Sebelumnya, 3 Indonesia juga telah berhasil menerapkan teknologi Packet Core Networkuntuk meningkatkan kinerja jaringan 3 dan memungkinkan pengguna menikmati koneksi yang lebih lancar dan bebas hambatan. 3 Indonesia terus meningkatkan teknologi dan layanan jaringannya untuk memberikan pengalaman pengguna yang optimal melalui dukungan jaringan 4.5G Pro yang lebih kuat dan lebih luas di lebih dari 34.000 desa di seluruh Indonesia. (Icha)