Telko.id – 3 Indonesia bangun lebih dari 6.000 BTS 4.5G Pro sepanjang tahun 2020 ini untuk memperluas jangkauan jaringannya di seluruh Indonesia. Ribuan BTS tersebut menambah jangkauan untuk 15 juta penduduk dari total populasi, termasuk penduduk yang tinggal di beberapa daerah terpencil seperti Pulau Bintan, Mandalika, Morowali dan Konawe di mana akses komunikasi seluler masih sangat terbatas.
“Kami ingin menyampaikan apresiasi kepada pemerintah yang telah memberikan akses pada 3 Indonesia bangun BTS untuk memperluas jaringan 4.5G Pro kami ke beberapa area yang mengalami pembatasan di tengah pandemi. Menurut kami, konektivitas data berkecepatan tinggi selama periode bekerja dan belajar dari rumah merupakan hal yang sangat penting bagi sebagian besar orang,” ungkap Desmond Cheung, Chief Technical Officer 3 Indonesia.
Dalam rangka menyambut musim liburan Natal dan Tahun Baru 2021, 3 Indonesia juga sudah siap mengantisipasi lonjakan penggunaan data pelanggan. Selama musim liburan, 3 Indonesia memperkirakan akan ada lebih dari 30% peningkatan lalu lintas data dibandingkan dengan tahun lalu mengingat tingginya aktivitas online di tengah pandemi saat ini.
Untuk mengantisipasi kenaikan tersebut, 3 Indonesia telah mengoptimalkan seluruh elemen jaringan dan infrastrukturnya untuk mendukung layanan internet dan telekomunikasi.
Desmond melanjutkan, “Untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan kami di musim liburan yang akan datang, kami telah mengoptimalkan jaringan kami di ratusan Points of Interest (POI) di kawasan pemukiman dan titik keramaian”.
Selain itu, 3 Indonesia juga menyediakan sejumlah Cell of Wheels (COW) tambahan di sepanjang tol Jakarta-Semarang, seperti Rest Area Kendal 1 (Km 360), Rest Area Kendal 2 (Km 379), dan Rest Area Saradan (Km 626). Melalui optimalisasi ini, kami harap para pelanggan dapat menikmati berbagai hiburan digital dan tetap terhubung secara virtual dengan keluarga serta orang yang mereka cintai tanpa kendala.”
3 Indonesia juga memprediksi akan ada kenaikan trafik data pada layanan mobile game, aplikasi instant messaging serta media sosial. Pada tahun 2019, 3 Indonesia mencatat ada lima aplikasi dengan peningkatan penggunaan yang signifikan. Kelima aplikasi tersebut antara lain aplikasi mobile game Free Fire (45%), WhatsApp (40%), PUBG (38%), Twitter (34%), dan TikTok (23%).
“Kami mengucapkan selamat liburan natal dan tahun baru untuk seluruh pelanggan 3 Indonesia meski di tengah pandemi. Kami harap seluruh pelanggan dapat menikmati momen liburan akhir tahun, bersilaturahmi secara online, dan menikmati berbagai konten serta layanan digital didukung jaringan 4.5G Pro kami yang lebih luas dan kuat. Komitmen kami adalah selalu memastikan untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan kami kapan pun, di mana pun,” tutup Desmond.
Hingga akhir tahun 2020, 3 Indonesia telah memiliki jaringan yang lebih luas dan kuat dengan 44.000 BTS 4.5G Pro yang sudah hadir di lebih dari 37.000 desa menjangkau lebih dari 200 juta populasi di seluruh Indonesia.
Pemerataan pembangunan infrastruktur dan telekomunikasi yang dilakukan oleh 3 Indonesia bertujuan untuk memastikan setiap pelanggan 3 di seluruh Indonesia memiliki peluang yang sama untuk mengakses jaringan telekomunikasi, media sosial, aplikasi instant messaging, layanan streaming film, aplikasi gim, maupun aplikasi digital lainnya tanpa kendala. (Icha)