Telko.id – Telkomsel kembali menorehkan prestasi global dengan meraih penghargaan Reputation Management Excellence dari Gartner Marketing & Communications Awards 2025.
Penghargaan ini diberikan atas inisiatif filantropi Sambungkan Senyuman, khususnya program Donasi Sekolah Super Seru dan Donasi Sepatu untuk Pelajar di Papua, yang dinilai efektif menciptakan dampak sosial sekaligus mengelola reputasi perusahaan.
Gartner, perusahaan riset dan konsultasi teknologi terkemuka dunia, menilai kedua program tersebut berhasil meningkatkan pemerataan akses pendidikan di Indonesia. Inisiatif ini mengungguli tiga finalis multinasional dari Arab Saudi, Amerika Serikat, dan Kanada.
Sambungkan Senyuman melibatkan pelanggan dan karyawan Telkomsel dalam aksi nyata, seperti menyisihkan Rp1.000 dari setiap transaksi untuk membangun ruang kelas di sekolah terpencil.
Program Donasi Sekolah Super Seru berhasil mengumpulkan lebih dari Rp2 miliar dari 2 juta transaksi pelanggan dalam dua minggu. Sementara itu, Donasi Sepatu untuk Pelajar di Papua melibatkan 39 ribu pelanggan yang menukarkan Telkomsel Poin menjadi ratusan pasang sepatu.
“Reputasi adalah akumulasi aksi nyata yang dirasakan masyarakat,” tegas Saki H. Bramono, VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel.

Baca Juga:
Inisiatif ini juga mencakup program Sambungkan Senyuman untuk Generasi Gemilang, di mana pelanggan bisa menukarkan poin menjadi tas sekolah karya seniman disabilitas.
Langkah ini sejalan dengan komitmen Telkomsel dalam mendukung inklusivitas dan kesetaraan pendidikan, seperti tercermin dalam program sebelumnya donasi tas sekolah.
Penghargaan Gartner semakin mengukuhkan Telkomsel sebagai perusahaan yang tidak hanya fokus pada bisnis, tetapi juga kontribusi sosial.
Sejak diluncurkan, Sambungkan Senyuman telah menjadi bagian dari strategi keberlanjutan perusahaan, termasuk dalam perayaan 29 tahun Telkomsel dan kegiatan RAFI 2024. (Icha)