spot_img
Latest Phone

Garmin Run Indonesia 2025 dan Limbah.id berhasil Kumpulkan Hampir 3 Ton Sampah

Telko.id — Garmin Indonesia sukses menggelar ajang lari tahunan...

Instagram Safety Camp: Peran Orang Tua Kunci Keamanan Digital Remaja

Telko.id - Meta menyelenggarakan Instagram Safety Camp di Indonesia...

Garmin Venu 4 Resmi Dirilis, Bawa Wellness Adaptif ke Indonesia

Telko.id - Garmin secara resmi meluncurkan Venu 4 di...

Strava Integrasikan Kacamata Oakley Meta Vanguard AI untuk Aktivitas

Telko.id - Strava, aplikasi pendukung gaya hidup aktif dengan...

Garmin Run Indonesia 2025 Sukses, 7.000 Peserta Dukung Keberlanjutan

Telko.id - Garmin Run Indonesia 2025 sukses digelar di...

ARTIKEL TERKAIT

Telkomsel MSIGHT Raih Gold Trophy di MARKETECH Awards 2025

Telko.id – Telkomsel berhasil meraih Gold Trophy dalam kategori Best Data Analytics and Insights Platform pada ajang Marketing Technology (MARKETECH) Awards 2025.

Penghargaan bergengsi ini diberikan atas studi kasus solusi Mobile Consumer Insight (MSIGHT) berjudul “From Mobility to Lifestyle Behavior Insight”.

Alfian Manullang, Vice President Data Solutions and Digital Financial Services Telkomsel, menyatakan bahwa pencapaian ini membuktikan inovasi perusahaan dalam menghadirkan solusi berbasis data.

“Raihan Gold Trophy di MARKETECH Awards 2025 menjadi bukti inovasi Telkomsel menghadirkan solusi berbasis data yang memberi dampak nyata bagi bisnis dan masyarakat Indonesia,” ujarnya, Selasa (22/10/2025).

MARKETECH Awards yang diselenggarakan oleh MARKETECH APAC merupakan ajang prestisius yang merayakan inovasi teknologi pemasaran di kawasan Asia-Pasifik.

Kemenangan Telkomsel ini diraih setelah melalui proses penjurian ketat oleh para profesional industri, yang menegaskan keunggulan platform MSIGHT dalam mengolah data menjadi wawasan strategis.

Manullang menambahkan bahwa penghargaan ini juga menegaskan komitmen Telkomsel untuk terus memperkuat inovasi MSIGHT.

Platform ini dirancang untuk membantu mitra bisnis dan pemerintah mengambil keputusan dengan lebih cepat, tepat, dan terukur dalam berbagai sektor industri.

MSIGHT merupakan platform data analytics bagian dari Telkomsel Enterprise yang dibangun di atas kapabilitas jaringan Telkomsel dengan cakupan 97% wilayah populasi nasional.

Keunggulan platform ini terletak pada kemampuannya memproses lebih dari 15 miliar data anonim setiap harinya, dengan kepatuhan penuh terhadap regulasi Perlindungan Data Pribadi.

Platform analytics Telkomsel ini menawarkan tiga kapabilitas utama yang telah teruji di berbagai sektor industri. Mobility Insight memetakan pola perjalanan, frekuensi kunjungan, dan alur komuter untuk mendukung perencanaan transportasi, pariwisata, dan ritel.

Competitive Insight membandingkan penggunaan aplikasi, penetrasi pasar, dan perilaku gaya hidup untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran.

Sementara Location Insight mengidentifikasi lokasi optimal untuk ritel, titik layanan, dan kampungan menggunakan analisis Point of Interest (POI), demografi, dan mobilitas.

Hingga saat ini, MSIGHT telah memberikan dampak nyata bagi lebih dari 50 klien di berbagai sektor industri. Mulai dari pariwisata, pemerintahan, Fast Moving Consumer Goods (FMCG), ritel, hingga transportasi turut merasakan manfaat platform ini dalam mencapai objektif bisnis yang terukur.

Salah satu contoh kesuksesan implementasi MSIGHT terjadi di sektor pariwisata. Platform ini berhasil mendorong provinsi Sumatera Barat meningkatkan volume kunjungan wisatawan sebesar 36% pada 2024.

Berkat kampanye berbasis data real-time yang lebih tepat sasaran, kunjungan wisatawan naik dari 14 juta menjadi 19 juta pengunjung.

Keberhasilan implementasi MSIGHT di Sumatera Barat ini sejalan dengan komitmen Telkomsel dalam mendukung pengembangan pariwisata digital.

Sebelumnya, Kemenpar telah memperbarui data wisatawan menggunakan Telkomsel MSIGHT untuk mendapatkan insight yang lebih akurat mengenai pola kunjungan wisatawan.

Dukungan Telkomsel terhadap sektor pariwisata nasional juga tercermin dalam berbagai inisiatif lainnya. Telkomsel secara aktif mendukung Visit Beautiful West Sumatra 2024 melalui berbagai solusi digital yang mendukung pengembangan destinasi wisata.

Skala data yang masif menjadi pembeda utama MSIGHT dibandingkan platform analytics lainnya. Dibangun di atas jaringan telekomunikasi terbesar Indonesia, platform ini mampu memproses data dari 158+ juta pelanggan seluler dan 8,7 juta pengguna internet tetap setiap harinya.

Kemampuan integrasi data mobilitas, gaya hidup, dan interaksi digital menjadi nilai tambah yang signifikan.

MSIGHT dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan korporat dan institusi di berbagai sektor industri. Mulai dari perusahaan FMCG, ritel, transportasi, pariwisata, hingga instansi pemerintah dapat memanfaatkan platform ini untuk mendukung perencanaan kebijakan publik, meningkatkan pangsa pasar, atau mengoptimalkan supply chain.

Inovasi berkelanjutan menjadi fokus Telkomsel dalam pengembangan MSIGHT.

Penghargaan Gold Trophy di MARKETECH Awards 2025 ini semakin mengukuhkan posisi Telkomsel sebagai pemain utama dalam ekosistem data analytics Indonesia.

Pengakuan internasional ini juga membuktikan bahwa solusi teknologi dalam negeri mampu bersaing di kancah regional Asia-Pasifik.

Perusahaan terus berkomitmen menghadirkan inovasi berbasis data yang dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan bisnis dan masyarakat Indonesia. (Icha)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

ARTIKEL TERBARU