Telko.id – Operator BUMN Telkomsel nampaknya memiliki cara yang cukup jitu dalam menjaring pelanggan baru yakni dengan menggaet para OTT lokal yang baru hadir di Indonesia.
Para startup ini bekerjasama dengan Telkomsel untuk penyebaran Usim dan Simcard Telkomsel kepada para karyawan serta para armada dari OTT tersebut.
Baru-baru ini, dua OTT yang telah bekerjasama dengan Telkomsel adalah startup teknologi yang berbasis kepada pelayanan pelanggan. Pertama adalah jasa transportasi berbasis aplikasi dan yang kedua adalah jasa pemanggilan tenaga ahli.
Aplikasi pertama adalah JET, aplikasi yang menawarkan jasa transportasi online dan angkutan barang ini setidaknya memberikan sumbangsih sebesar 1600 user baru untuk kartu Hallo Hybrid milik Telkomsel.
Angka ini tentunya akan terus bertambah, mengingat JET membuka kerjasama dengan beberapa penyedia angkutan taksi di Indonesia yang tentunya akan menggunakan sim card serupa. Telkomsel melalui PT. PINS juga membantu pengadaan perangkat mobile untuk kebutuhan para armada JET.
Kemudian, yang teranyar adalah FindTukang, aplikasi baru yang kini telah ‘mejeng’ di playstore ini juga ikut menyumbang penambahan pengguna baru dari Telkomsel.
Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk membantu para masyarakat untuk mencari tenaga ahli ataupun tukang. Resmi meluncur pada hari Senin lalu (23/5), FindTukang setidaknya menghadirkan 6 fitur unggulan seperti pemanggilan teknisi untuk servis AC, Ledeng, Komputer, Peralatan Elektronik, tukang untuk cuci mobil dan juga pangkas rambut.
Sampai dengan saat ini, jumlah tenaga ahli yang dimiliki oleh startup ini telah menyentuh angka 100 tenaga kerja. Mereka juga mengklaim sampai dengan akhir tahun ini akan meningkatkan tenaga ahli mereka menjadi 500 orang, dengan target hingga tahun 2017 mendatang mereka mampu memiliki 5000 tenaga kerja ahli di enam bidang tadi. Kesemua tenaga ahli dari FindTukang akan menggunakan Usim 4G milik Telkomsel.
Seperti yang sudah dijabarkan diatas, bisa disimpulkan jika sampai dengan saat ini mereka telah berkontribusi bagi Penambahan jumlah pengguna Usim 4G Telkomsel sebesar 100 pengguna. Tentunya angka tersebut akan bertambah jika semua roadmap mereka berjalan dengan lancar.
CEO FindTukang, Nope Lavanda juga mengklaim jika nantinya minimum pulsa Telkomsel yang akan digunakan oleh para tenaga ahli mereka sebesar Rp.50.000,- perbulannya.
Strategi dari Operator BUMN ini sejatinya patut ditiru oleh operator besar lainnya dalam urusan penambahan jumlah pengguna mereka. Apalagi belum lama ini juga Telkomsel telah bekerjasama dengan SpeedUp Technology untuk meluncurkan modem wifi dengan bundling Usim Telkomsel dan menargetkan 100 ribu pengguna hingga akhir tahun ini.