Telko.id – Dalam era digital banyak layanan yang dapat dieksplorasi, termasuk layanan mandiri bagi para pelanggan selular. Telkomsel sebagai salah satu operator besar di Indonesia pun memberikan alternatif layanan mandiri via digital. Namanya MyGrapari.
“Kehadiran MyGraPARI sebagai media digital untuk pelayanan Walk In diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kami dalam memberikan pelayanan, salah satunya dalam hal waktu, sehingga hal ini diharapkan juga akan meningkatkan kenyamanan pelanggan, ujar Andri Wibawanto, Vice President Customer Care Management Telkomsel menjelaskan.
MyGrapari ini dapat diakses secara mandiri atau self service oleh pelanggan Telkomsel, baik di pusat layanan Telkomsel atau Grapari maupun di area publik. Adanya layanan ini maka pelanggan tidak harus bertatap muka langsung dengan costumer care. Cukup lakukan secara mandiri. Mulai dari layanan fisik dan non fisik yang berupa informasi, permintaan, pengaduhan keluhan dan pembelian produk Telkomsel.
Selain itu, MyGrapari ini pun dapat melayani berbagai aktivitas secara mandiri seperti upgrade ganti kartu USIM (simcard 4G LTE) langsung aktif, pembayaran tagihan kartuHalo, pembelian isi pulsa menggunakan kartu kredit atau kartu debit, informasi profil pelanggan, aktivasi fitur dan VAS, registrasi kartuHalo, ganti kartu hilang dan lainnya
Saat ini MyGraPARI sudah tersebar di 10 GraPARI yang terdapat di Medan Sun Plaza, Mall SKA (Pekanbaru), Gandaria City (Jakarta), Central Park (Jakarta), Banda (Bandung), Pahlawan (Semarang), Yogyakarta, Malang, Denpasar,Balikpapan dan segera hadir di 30 titik lainnya secara bertahap mulai dari awal hingga akhir bulan Februari.
Sesuai dengan visi untuk bertransformasi menjadi digital company, Telkomsel secara berkala melakukan perubahan interaksi layanan dari media legacy (GraPARI dan Call Center) ke media digital (Selfcare & Ecare). Selama tahun 2015, interaksi pelanggan Telkomsel di media pelayanan yang dilayani oleh media digital (Selfcare & Ecare) meningkat sebesar 42%.
Dalam mengembangkan produk dan layanannya sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan perkembangan di era digital, sebelumnya Telkomsel juga melakukan berbagai inovasi seperti dengan memperkuat customer touch point digital-nya yaitu Web MyTelkomsel yang hadir dengan tampilan dan fitur baru yang diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan selulernya.
Telkomsel saat ini call center Telkomsel aktif 24 jam dan memiliki lebih dari 400 pusat layanan GraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia. (Icha)