Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya PT Metra Digital Media (MDMedia) secara resmi meluncurkan AdXelerate, platform programmatic advertising berbasis data telco terbesar di Indonesia.
Platform ini dirancang untuk memberikan solusi periklanan digital yang lebih efisien, relevan, dan tepat sasaran bagi para pengiklan di tengah persaingan industri yang semakin ketat.
Peluncuran AdXelerate merupakan respons terhadap tantangan para pelaku usaha dalam menjangkau audiens yang tepat sasaran sekaligus menjaga efisiensi anggaran iklan.
Platform ini menghadirkan inovasi periklanan digital dengan memanfaatkan big data analytics yang dirancang khusus untuk menampilkan iklan secara lebih efisien dibandingkan platform sejenis.
MDMedia Luncurkan AdXelerate, Programmatic Advertising Berbasis Data Telco menjadi langkah strategis dalam ekosistem digital TelkomGroup.
Direktur Strategic Business Development and Portfolio Telkom Seno Soemadji menyampaikan, “AdXelerate tidak hanya memberikan solusi periklanan digital yang inovatif dan efisien, tetapi juga sebagai langkah strategis perusahaan dalam membangun fondasi ekonomi digital Indonesia yang berdaya saing global,” ujarnya.
Seno menambahkan bahwa dengan pemanfaatan teknologi terkini dan dukungan berbagai mitra strategis, platform ini mampu menciptakan peluang pertumbuhan bagi para pelaku usaha di Indonesia.
AdXelerate merupakan hasil kolaborasi TelkomGroup melalui MDMedia dengan Telkomsel bersama mitra strategis dalam penyediaan data dan marketing technology.
Layanan ini akan memungkinkan pengiklan menampilkan produk mereka di berbagai layanan portal berita nasional, sehingga mencapai lebih dari 150 juta konsumen resmi Telkomsel.

Baca Juga:
Direktur Utama MDMedia Arif Prabowo menjelaskan, “AdXelerate akan membantu pengiklan untuk menjangkau target audience dengan lebih presisi. AdXelerate merupakan programmatic ads berbasis data Telkomsel yang memiliki pelanggan lebih dari 150 juta”.
Platform ini juga sudah memperhatikan kepatuhan terhadap undang-undang pelindungan data pribadi, sehingga menjaga keseimbangan antara efektivitas pemasaran dan perlindungan hak privasi pelanggan.
Keunggulan utama AdXelerate terletak pada pemanfaatan berbagai first-party data untuk menargetkan audiens dengan cara yang lebih akurat dan lengkap.
Berbeda dengan platform programmatic advertising lainnya yang bertumpu pada data terbatas, AdXelerate mampu menghadirkan profil audiens yang komprehensif dengan memanfaatkan beragam kategori minat dan atribut demografis yang diolah melalui teknologi big data analytic.
Country Managing Director Accenture Indonesia Jayant Bhargava menambahkan, “Dengan berkolaborasi dengan Telkom dan MDMedia, kami menciptakan cara yang lebih cerdas bagi brands untuk mencapai audiens dan memperluas pasar”.
Bahkan menurutnya, didukung oleh platform digital marketing milik Accenture Song, layanan ini membantu brand agar lebih tepat dalam menargetkan audiens, mengurangi biaya dari iklan yang tidak tepat, sekaligus meningkatkan pendapatan bagi para pengiklan dan penerbit.
Platform ini mendukung optimalisasi iklan secara real-time, di mana iklan dapat disesuaikan dalam hitungan milidetik berdasarkan performa.
Fitur ini memberikan fleksibilitas tinggi bagi pengiklan untuk menyesuaikan strategi pemasaran secara dinamis. Keunggulan lainnya adalah proses re-targeting yang dapat mempertajam segmentasi target audiens melalui data-driven, automated process, dan machine learning.
AdXelerate dikembangkan dengan prinsip privacy by design, dimana Telkom Group dan Accenture merupakan institusi terdepan di Indonesia dalam implementasi kepatuhan pelindungan data pribadi.
Seluruh kewajiban perundangan terkait pelindungan data pribadi dijalankan secara konsisten dan diukur maturitasnya secara berkala. Pendekatan ini sejalan dengan perkembangan platform iklan digital global yang semakin memperhatikan aspek privasi.
Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2024, AdXelerate telah membantu banyak pelaku usaha dalam memasarkan produk dan layanannya dengan lebih tepat sasaran.
Dengan dukungan publisher lokal, platform ini turut berkontribusi pada peningkatan daya saing media nasional serta memastikan belanja iklan digital memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.
Direktur Enterprise & Business Service Telkom Veranita Yosephine menegaskan bahwa ekosistem solusi digital yang dihadirkan melalui Telkom Solution selalu mengedepankan kebutuhan para pelaku usaha di Indonesia.
“Kehadiran AdXelerate powered by Telkom Solution ini menjadi kabar baik bagi para pelaku industri dalam menjawab tantangan bisnis,” ungkap Veranita.
Kolaborasi dalam pengembangan teknologi iklan digital semakin marak di Indonesia, seperti terlihat pada kerjasama Indosat dengan Bobble AI untuk pengiriman pesan yang lebih atraktif.
AdXelerate hadir sebagai solusi komprehensif yang memadukan kekuatan data telco dengan teknologi marketing terdepan untuk menciptakan ekosistem periklanan yang lebih efisien dan terukur.
Dengan hadirnya AdXelerate, TelkomGroup semakin menegaskan perannya sebagai penggerak ekosistem digital yang berdaya saing global.
Platform ini tidak hanya menghadirkan solusi periklanan yang efisien dan relevan, tetapi juga menjadi wujud nyata komitmen perusahaan dalam memperkuat ekosistem digital nasional, mendorong inovasi berbasis data, serta meningkatkan daya saing ekonomi digital Indonesia secara berkelanjutan. (Icha)