Telko.id – AdMedika, anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), memperkuat ekosistem digital kesehatan dengan menghadirkan solusi terintegrasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Healthical dan AdKes (alat kesehatan). Inovasi ini diharapkan mampu meningkatkan efisiensi layanan kesehatan di Indonesia.
Sebagai Third Party Administrator (TPA) digital kesehatan dengan jaringan provider terbesar di Indonesia, AdMedika terus berkomitmen mendorong transformasi digital di sektor kesehatan.
Direktur Marketing & Bisnis AdMedika, Muhamad Nasrun Ihsan, menyampaikan bahwa integrasi ini merupakan respons terhadap kebutuhan pasar akan solusi yang lebih efisien dan terhubung.
“Digitalisasi memungkinkan layanan kesehatan yang semula tradisional menjadi lebih cepat dan akurat,” ujarnya dalam Seminar & Workshop Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) di Jakarta.
Inovasi Digital untuk Efisiensi Layanan
AdMedika memperkenalkan beberapa fitur baru dalam aplikasi MyAdMedik@, seperti MyReservation, discharge button, fast track discharge, dan e-Reimbursement.
Selain itu, perusahaan juga mengembangkan teknologi berbasis AI, termasuk sistem Avatar untuk analisis klaim dan deteksi fraud. “Kami juga sedang mengembangkan speech-to-text pada SIMRS agar rekam medis pasien dapat terekam otomatis,” tambah Nasrun.
Baca Juga:
Kolaborasi dengan TelkomGroup
Produk-produk AdMedika seperti NAHSehat, e-Sign, e-Meterai, Bridging Host-to-Host, dan MedExpert tidak hanya berdiri sendiri, tetapi juga terintegrasi dengan solusi TelkomGroup.
AdMedika berupaya mempercepat transformasi sistem kesehatan nasional.
Dengan solusi ini, AdMedika bertujuan mendukung rumah sakit dalam meningkatkan efisiensi operasional sekaligus memudahkan akses layanan kesehatan digital bagi masyarakat.
Langkah ini sejalan dengan upaya Indibiz Health dalam transformasi digital layanan kesehatan dan kolaborasi Indibiz dan Moka POS untuk digitalisasi UKM.