Ketika tiga operator besar sedang sibuk bangun jaringan 4G, Smartfren sudah melenggang terlebih dahulu dengan layanan 4G LTE Advance nya dan hampir seluruh kota besar di Indonesia sudah disambangi layanan internet cepat ini. Ada ‘resiko’ dibalik kesiapan Smartfren melayani 4G lebih awal. Yakni, operator ini pun harus melakukan edukasi lebih awal terhadap masyarakat Indonesia dan sendirian. Tentu ini membutuhkan effort yang lebih besar ketimbang dilakukan secara bersama.
Untuk itu, Smartfren melakukan program Community Development. Tujuan utamanya adalah mengajak masyarakat untuk hidup secara cerdas sejalan dengan tagline Smartfren yaitu “Live Smart”. Tentu dengan menggunakan layanan 4G-LTE Smartfren yang memungkinkan akses internet secara lebih cepat dan handal sehingga manfaatnya akan lebih terasa bagi masyarakat.
Acara tersebut digelar selama Oktober 2015 yang terdiri dari 6 kegiatan. Dimulai dengan Workshop Live Smart with 4G-LTE di Kecamatan Pagedangan, pada tanggal 8 Oktober 2015 yang lalu. Dalam kesempatan tersebut Smartfren membawakan materi workshop dengan tema “Pemanfaatan Smartphone & Teknologi 4G-LTE di Bidang Pendidikan dan Kewirausahaan Sosial” yang disampaikan oleh Dani Akhyar, Head of Community Development Smartfren. Di akhir workshop tersebut, tim Smartfren menyerahkan bantuan berupa modem wifi 4G-LTE berikut paket internetnya kepada TBM Posdaya Pagedangan Raya.
Setelah itu, Smartfren menggelar Smartfren Goes to Campus yang berlokasi di Universitas Pancasila. Smartfren menyadari bahwa mahasiswa dan para staff pengajar atau dosen adalah pengguna internet yang cukup aktif. Untuk itulah diadakan program Smartfren Goes to Campus. Di Universitas Pancasila Smartfren mengadakan seminar dengan topik “Building Impactful Network for Successful Business Partnership” dengan pembicara Bpk. Saat Prihartanto, Head of Channel Division, Sinarmas Consumer Goods dan topik teknologi 4G LTE dari tim Smartfren. Setelah kunjungan pertama pada 13 Oktober 2015 di Universitas pancasila, kunjugan berikutnya adalah di Universitas Jayabaya (27 Oktober), Universitas Indonesia (2 November), Universitas Multimedia Nusantara (1 dan 8 Desember) dan Universitas Bina Nusantara (7 Desember).
Selain mendatangi kampus dan komunitas-komunitas setianya, Smartfren tentunya juga memperhatikan pelanggan setia pengguna jaringan 4G LTE-advanced. Smartfren menyadari jika pelanggan yang loyal adalah aset berharga bagi perusahaan. Maka itu Smartfren dengan berkala melakukan Smartfren Community Gathering. Komunitas yang dibentuk pertama kali pada Maret 2011 ini saat ini anggotanya berjumlah 17 ribu orang. Komunitas ini dikelola oleh 8 orang admin yang dikordinir oleh Ramdeny Hartanto, penggagas Smartfren Community Gathering. Topik Smartfren Community Gathering pada tanggal 15 Oktober 2015 yang lalu adalah “Menjajal Keunggulan Andromax Mifi M2S”. Pembicara pada diskusi saat itu adalah Bpk. Arya Mada dari tim Product Smartfren.
Kegiatan lain yang dilakukan Smartfren adalah Workshop Live Smart with 4G-LTE di Rumah Pintar BSD City, pada tanggal 20 Oktober 2015. Rumah Pintar adalah program CSR (Corporate Social Responsibility) dari Sinarmas Land yang berlokasi di area Kolam Renang sektor 1.3 BSD City. Sinarmas Land dan Smartfren telah menjalin kerjasama strategis melalui program CSR bersama, misalnya Festival Pendidikan Tangerang Selatan. Kali ini, Pengelola Rumah Pintar BSD mengundang tim Comdev Smartfren untuk mengisi acara Sharing Session kepada kelompok usaha mikro yang dikelola oleh Sentra Kriya Rumah Pintar BSD. Topik yang disampaikan adalah “Berwirausaha Sosial dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi”.
Smartfren juga mengadakan Seminar Pendidikan “Tangsel Go Global: Membangun Pendidikan Tangsel yang Cerdas, Modern, Religius (C-MORE) dan Berwawasan Global” pada tanggal 21 Oktober 2015. Program ini menjadi rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Kota Tangerang Selatan ke-7. Kerjasama strategis antara Smartfren dan Pemkot Tangsel sudah berjalan dengan baik sejak tahun 2012 melalui program Smartfren untuk Indonesia, yang pada tahun 2014 mendapatkan penghargaan Indonesia MDG Awards dari pemerintah Republik Indonesia.
Menutup rangkaian kegiatan Smartfren Live Smart Community Development, Smartfren mengadakan Edukasi teknologi 4G LTE di acara puncak Peringatan Hari Aksara Internasional di Kota Karawang, pada tanggal 23 Oktober 2015. Dalam acara ini, Smartfren diundang oleh Forum Komunikasi PKBM Indonesia yang telah menjalin kerjasama strategis dengan Smartfren sejak bulan Desember 2014 lalu. Selain dengan Smartfren, dalam presentasi acara ini PKBM juga mengundang pembicara dari Tokopedia, yang konten-nya saling melengkapi dengan Smartfren. Sehingga peserta yang sebagian besar pengelola PKBM dari seluruh Indonesia dapat menikmati layanan internet yang cepat dengan kualitas tinggi dari Smartfren 4G-LTE dan salah satu kontennya adalah menggunakan tokopedia untuk berbisnis online.
Di akhir setiap acara tersebut di atas, tim Smartfren menyerahkan bantuan berupa produk wifi 4G-LTE berikut paket internetnya kepada mitra komunitas/organisasi sebagai bahan uji coba kehandalan teknologi Smartfren 4G-LTE untuk menunjang aktivitas pendidikan mereka. (Icha)