spot_img

Smartfren Mulai Ujicoba Roaming VoLTE

Telko.id – Sebagai penyedia layanan VoLTE, Smartfren mulai mencoba melebarkan sayap untuk layanan mereka ke skala internasional. Dengan Menggandeng LG U+, yakni salah satu operator seluler di Korea selatan, Smartfren saat ini tengah mencoba layanan roaming internasional untuk VoLTE.

Sekadar informasi, untuk roaming internasional sendiri smartfren telah bekerjasama dengan 245 negara di dunia, sehinga para pengguna Smartfren masih bisa menggunakan jaringan voice dan internet di luar negeri. Namun untuk VoLTE, layanan roaming ini baru pada tahap ujicoba dan belum diluncurkan secara komersial.

Ditemui pada Media Update tentang VoLTE, pihak Smartfren mengatakan, mereka memerlukan waktu 3 bulan untuk persiapannya. Alasan Smartfren memilih LG U+ sebagai rekan adalah karena LG U+ merupakan salah satu operator asing yang terlebih dahulu menerapkan jaringan 4G dan VoLTE.

Melihat cara kerjanya, uji coba ini dilakukan dengan menghubungi salah satu pengguna Smartfren di Korea Selatan. Jadi, nomor Smartfren memanfaatkan jaringan LG U+ untuk komunikasi roaming. Pihak Smartfren menjelaskan, tidak ada perbedaan kualitas antara VoLTE di jaringan nasional dan roaming VoLTE. Roaming VoLTE juga sudah bisa dipakai untuk panggilan video.

“Ini masih dalam tahap uji coba,” ujar Novi Lestari, Departmen Head of International Service Smatfren. Namun, Novi belum dapat memberikan tanggal pasti peluncuran layanan ini secara komersil. Rencananya, Smartfren juga akan menggandeng operator asing lainnya. Salah satunya adalah Starhub dari Singapura.

Sekadar informasi, Voice Over LTE atau VoLTE adalah teknologi komunikasi suara yang menggunakan jaringan data. Beda dengan layanan OTT lain seperti WhatsApp atau Skype, VoLTE bisa diterapkan tanpa aplikasi, dan memiliki jalur tersendiri untuk mencegah intervensi data.

Dalam pengujian tersebut, terlihat bahwa panggilan voice melalui VoLTE ke Korea Selatan, sangat mulus sementara untuk layanan video call VoLTE mereka juga berjalan halus dan begitupun sebaliknya.

Sekadar informasi, hadirnya layanan VoLTE ada Smartfren diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengguna voice dari operator tersebut. Sampai dengan saat ini saja, jumlah pegguna VoLTE mereka di Indonesia sekitar 70 ribu penguna.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles