Telko.id – Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi dengan jaringan 4G LTE, PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) menggelar aktivitas perdana Smartfren Community di area Jawa Tengah yang mencakup wilayah Solo, Yogyakarta dan Semarang. Tujuan utama dari program ini adalah mengajak masyarakat untuk hidup lebih cerdas dan sejalan dengan tagline Smartfren yaitu “Live Smart”.
Pada kesempatan ini, Smartfren sekaligus memperkenalkan teknologi 4G LTE yang memungkinkan akses internet secara lebih cepat dan andal sehingga manfaatnya akan lebih terasa bagi masyarakat khususnya untuk mendukung pendidikan dan tingkatkan kreativitas.
Kegiatan Community Development ini juga menekankan betapa pentingnya pendidikan dan industri kreatif berbasis digital, dengan diselenggarakannya beberapa aktivitas. Sekadar informasi, selama bulan April 2016 sendiri ada 3 (tiga) kegiatan Community Development yang melibatkan pelajar dari universitas ternama di area Jawa Tengah dan juga komunitas.
Rangkaian program dimulai dengan aktivitas Smartfren Goes to Campus di Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo pada tanggal 15 April lalu yang membawakan tema “The Future of Digital and Its Million Opportunities”. Program dilanjutkan dengan kunjungan ke Universitas Sanata Dharma (USD), Yogyakarta pada tanggal 16 April yang membawakan tema “Pemanfaatan Internet dan Sosial Media untuk Pendidikan dan Industri Kreatif” serta diakhiri dengan kunjungan ke Universitas Negeri Semarang (UNNES), Semarang yang mengangkat tema “Kreativitas Tanpa Batas: Transformasi Pendidikan di Era Digital”. Acara ini turut mengundang pelajar dan juga komunitas setempat.
“Melalui program Community Development, kami ingin berkomitmen untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang mendukung pemanfaatan teknologi 4G LTE sekaligus mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia. Selain itu, acara ini juga digelar sebagai wujud apresiasi terhadap apa yang telah dilakukan oleh komunitas terhadap Smartfren,” ujar Derrick Surya, VP Brand & Marketing Communication, PT. Smartfren Telecom, Tbk pada keterangan tertulis yang diterima tim Telko.id(19/4).
Lebih lanjut, Derrick menambahkan bahwa, sejalan dengan inisiatif Community Development, Smartfren mengharapkan terjadinya peningkatan pemahaman manfaat teknologi 4G LTE di kalangan masyarakat baik itu untuk mendukung kegiatan sehari-hari maupun untuk mendukung dan memajukan pendidikan yang lebih cerdas, kreatif dan produktif.
Hal senada juga diutarakan oleh Munir SP, Head of Network Special Project Smartfren yang menyebutkan, “Terkait dengan usaha Smartfren untuk mendukung dunia pendidikan dan kreativitas, kami telah mengawali tahun 2016 dengan memperluas layanan 4G LTE Advanced di 85 kota dan meluncurkan fitur layanan VoLTE komersial pertama di Indonesia. Untuk itu, kami yakin bahwa program edukasi tentang manfaat 4G LTE dan VoLTE terhadap pelanggan juga harus disertai dengan perluasan jaringan dan layanan,” ujar Munir.
Melalui program Community Development ini, Smartfren ingin agar dunia digital menjadi salah satu cara untuk mengembangkan pendidikan dan meningkatkan kreativitas yang mudah dijangkau oleh masyarakat di Indonesia. Kerja sama yang dilakukan Smartfren dengan para universitas dan komunitas selama ini antara lain dengan mendukung setiap kegiatan yang diadakan oleh mereka, mulai dari aktif mengadakan kegiatan kopdar hingga kampanye bersama.
Target dari kopdar Smartfren Community ini adalah 50 peserta member aktif. Di tahun 2016, Smartfren juga akan meningkatkan anggota dan memperluas cakupan Smartfren Community di 8 kota.