spot_img

Pengguna Smartfren Manfaatkan VoLTE Untuk Bersilaturahmi ?

Telko.id – Salah satu layanan teranyar Smartfren yakni Voice Over LTE (VoLTE) mengalami peningkatan pada musim mudik Lebaran tahun ini. Layanan yang bekum genap setahun diluncurkan secara komersial ini nyatanya dimanfaatkan oleh para masyarakat khususnya pengguna Smartfren untuk melakukan panggilan video dengan kerabat mereka.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima tim Telko.id (12/7), VoLTE Smartfren mencatat peningkatan sebesar 37,72% untuk video call bila dibandingkan dengan hari-hari biasa. Hal ini ternyata tidak berbanding lurus dengan voice call, pasalnya jumlah trafik mereka harus turun sebesar -17,44%.

Statistik ini sejatinya menunjukan bahwa pengguna lebih tertarik memanfaatkan fitur video call yang disajikan oleh VoLTE milik Smartfren. Selain itu, hal ini juga menunjukan bahwa semakin banyak pengguna Smartfren yang memiliki smartphone native VoLTE atau aplikasi Smart VoLTE, karena fitur video call hanya bisa dinikmati oleh pengguna Smartfren saja.

Merza Fachys, Presiden Direktur Smartfren menuturkan, “kami juga melihat ada tren baru dalam berkomunikasi yaitu menggunakan video call dibandingkan voice call, terlihat dari adanya peningkatan trafik VoLTE. Tentunya kami sangat senang, karena teknologi yang kami sediakan ini dapat membantu mereka yang terpisah jarak untuk tetap bersilaturahmi dan bertatap muka menggunakan video call” tuturnya.

Selain itu, untuk menjaga kenyamanan pengguna, Selama bulan Ramadhan Smartfren telah melakukan 2 langkah. Pertama adalah dengan melakukan monitoring dan penanganan gangguan selama 24 jam mulai dari H-14 hingga  H+14 Idul Fitri.

Smartfren juga melakukan back up sistem di wilayah yang diprediksi memiliki trafik tinggi seperti di stasiun,  dengan menyediakan 265 unit BTS baik fixed & temporary di sepanjang jalur mudik, dan 176 unit BTS di kota kota yang memiliki trafik tinggi.

Sementara itu, memanfaatkan momen mudik Lebaran tahun ini, Smartfren juga mencoba untuk menjaring para pengguna baru dengan menghadirkan promo bagi pelanggan baru MiFi.

Cukup dengan membeli kuota sebesar 30 GB seharga Rp. 300.000,- pelanggan akan langsung mendapatkan Andromax M2Y MiFi. Promo ini sejatinya berlaku hingga 30 Desember 2016 mendatang.

Jika dilihat lebih dalam, sejatinya peningkatan penggunaan video call dari Smartfren melalui VoLTE sangat memungkinkan. Pasalnya, pihak Smartfren sendiri memberikan banyak gratis bonus telpon ke sesama pengguna Smartfren dan karena video call melalui VoLTE saat ini hanya bisa digunakan ke sesama pengguna mereka. Jadi wajar saja jika terdapat peningkatan trafik di sektor ini.

Seperti diketahui, sampai dengan bulan Mei 2016 saja, jumlah subscriber VoLTE mereka telah menyentuh angka 50 ribu subscriber. Smartfren juga mengharapkan adanya peningkatan subscriber sebesar 2 kali lipat pada mudik Lebaran tahun ini. Jika melihat pertumbuhan pada video call tadi, bukan tidak mungkin hal tersebut bisa terealisasi.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles