spot_img

Jaringan 4G Smartfren Kalahkan Tiga Besar di Tasiklamaya

Telko.id – Bermodalkan aplikasi Nperf yang mencatat cakupan dan kecepatan dari internet 4G setiap operator di Indonesia, tim Telko.id baru-baru ini melakukan perjalanan ke Tasikmalaya. Di daerah yang terkenal karena kerajinannya ini, kami mencatat beberapa hal menarik seputar coverage 4G dari beberapa operator 4G di Indonesia, ulai dari XL AXiata, Telkomsel, Indosat Ooredoo, Tri, hingga Smartfren. Tentu saja, disamping Bolt sebagai salah satu penyedia layanan serupa.

Dari data yang kami peroleh, terlihat bahwa coverage 4G Smartfren yang sangat menonjol dibandingkan dengan pesaing lainnya di ranah ini.

Berdasarkan data Nperf, Smartfren terlihat memiliki cakupan 4G yang cukup mumpuni di wilayah ini. Hal ini terlihat dari melimpahnya titik berwarna cokelat di aplikasi, yang menjadi wakil dari jaringan 4G. Namun, di wilayah ini titik 4G Smartfren tidak sebanyak yang ditunjukkan di kota-kota besar seperti Jakarta.

sfren

Sebaliknya, Tasikmalaya sepertinya tidak cukup ‘bersahabat’ bagi pelanggan Hutchison 3. Di kawasan ini, Tri hanya terlihat dengan titik-titik hijaunya, sebagai perwakilan dari jaringan 3G. Ini masuk akal, mengingat operator seluler ini memang belum menggelar layanan 4G secara komersial di Indonesia, meskipun mereka telah memberikan bocoran mengenai jumlah kota pertama yang akan dialiri 4G mereka.

hcp

Nasib serupa dialami Telkomsel dan XL Axiata. Sementara sinyal Telkomsel hanya memunculkan warna-warna hijau sebagai penanda 3G dan tidak menunjukan jaringan 4G LTE, sinyal yang ditunjukkan XL juatru lebih parah. Anak usaha Axiata Group ini bukan hanya tidak mengindikasikan ketersediaan jaringan 4G, jaringan 3G pun terlihat jarang.

xl, tesel

Lain halnya dengan situasi yang dialami Indosat Ooredoo. Nperf mencatat bahwa meskipun hanya sedikit terlihat jaringan 4G, namun jaringan 3G perusahaan terlihat mendominasi.

isat

Cakupan jaringan 4G Smartfren yang cukup ‘penuh’ di wilayah ini memang sudah diprediksi sebelumnya. Pasalnya,  Open signal sempat mencatat bahwa Smartfren memiliki cakupan jaringan yang sangat tinggi yakni 78 persen dan menduduki peringkat ke 32 dari 183 operator LTE kala itu.

Sampai saat ini, coverage Smartfren bahkan telah mencapai 85 kota di Indonesia, dan diperkirakan akan mengalami peningkatan tahun ini. [ak/if]

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles