spot_img

Ini Rahasia Dibalik XL Satu Fiber, Layanan Konvergensi ala XL Axiata

Telko.id – Ini rahasia XL Satu Fiber, layanan konvergensi selular dan fiber yang baru saja diluncurkan oleh XL Axiata. Layanan seperti ini belum ada yang melakukannya di Indonesia walaupun sebenarnya bisa. Lalu kenapa operator ini berani melakukannya?

Menurut Lead of Product XL Home, Roy Wisnu Wibowo, sebenarnya layanan konvergensi di Indonesia telah dilakukan di beberapa industry. Seperti di industri telekomunikasi, industri TI, dan industri media. “Dan banyak sekali hal-hal yang mendorong konvergensi, seperti dorongan pasar, teknologi, dan ekonomi,” kata Lead of Product XL Home, Roy Wisnu Wibowo dalam acara yang dilaksanakan secara daring, Selasa (8/6).

Saat melakukan Konvergensi, Roy mengungkapkan rahasia XL Satu Fiber yang dilakukan XL ini. Ia mengatakan bahwa akan ada keuntungan yang didapat, baik dari pihak konsumen dan juga dari provider. Dan ternyata, cukup banyak keunggulannya.

“Kalau kita lihat dari industri secara umum, benefitnya hampir sama. Dari sisi customer adalah adanya kemudahan dalam penggunaan dan pembayaran, lalu value for money, serta kebebasan dan fleksibilitas dalam memilih apa yang mereka inginkan,” paparnya.

Baca juga : XL Satu Fiber, Perkawinan XL Home dan XL Prabayar

“Dan dari sisi provider kita mendapatkan efisiensi teknologi, lebih mudah melacak subscriber management, lebih banyak engagement dengan para pengguna, dapat membuat regulasi yang lebih baik, dan memiliki privasi yang lebih baik,” lanjutnya.

Itu sebabnya, operator ini pun menggabungkan XL Home dan XL Prabayar menjadi XL Satu Fiber. Pengguna akan tetap mendapatkan harga yang kompetitif dengan pilihan paket yang lebih baik.

Sebagai informasi, XL Axiata sendiri sangat agresif dalam membangun fiber optic. Pada tahun 2021, XL Axiata menargetkan dapat melakukan fiberisasi pada 9.000 sites atau menara telekomunikasinya. Diakhir tahun 2020, XL Axiata telah melakukan fiberisasi pada 10.500 sites yang tersebar di seluruh Indonesia. Secara total akan ada sekitar 19.000 sites yang telah terfiberisasi pada tahun 2021.

Selain untuk mempersiapkan untuk layanan 5G, fiberisasi ini juga memberikan manfaat lain bagi XL Axiata, yakni dapat melayani pelanggan di perumahan melalui XL Home. Dan, selain itu juga dapat memberikan layanan konvergensi seperti XL Satu Fiber ini. Dengan demikian operator ini menjadi lebih efisien dalam mengelola teknologi yang dimilikinya.

Namun, untuk memberikan layanan konvergensi tersebut, XL bukan hanya bangun fiber optic saja, untuk menelurkan layanan XL Satu Fiber ini, XL juga melakukan penyesuaian billing system, Micro Service, sampai support system lainnya.

Bahkan untuk memperkuat layanan XL Satu Fiber ini, XL Axiata pun berkolaborasi dengan perusahaan penyedia jaringan fiber optic FiberStar. Dan saat ini penetrasi nya sudah 36% di jaringan sendiri atau 17-18% secara over all –jaringan sendiri maupun mitra sehingga peluang untuk terus menggenjot layanan ini pun sangat besar.

XL pun optimis, layanan ini bakal diserap pasar dengan baik karena baru beberapa minggu saja, penambahan pelanggan XL Satu Fiber lebih tinggi dibandingkan dengan penambahan XL Home pada hari biasa. Bisa mencapai 14.1%.

Walaupun, XL sudah memiliki jaringan fiber optic dibanyak daerah, tetapi untuk XL Satu Fiber baru dapat dirasakan oleh masyarakat yang berada di wilayah Jabodetabek, Yogyakarta, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, Banjarbaru, Medan, Palembang, Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo. (Icha)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles