Telko.id – Demi kepuasan pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison gandeng Ericsson untuk menerapkan CS (Circuit Switch) Core Transformation. Dan proyek ini, yang dimulai pada bulan November 2022 dan selesai lebih cepat dari jadwal yang ditentukan, yakni September 2023.
CS Core ini merupakan konsolidasi dua jaringan CS terpisah dan ditransformasikan menjadi satu jaringan terpadu dengan arsitektur yang mutakhir.
Penyelesaian proyek ini merupakan bagian dari program merger Indosat dan berhasil menurunkan OPEX melalui pengurangan footprint sebesar 53 persen serta peningkatan indeks kepuasan pelanggan sebesar 1,1 persen.
Dengan mentransformasikan CS Core menjadi satu platform Ericsson yang memiliki kemampuan pooling, kini Indosat dapat mengurangi risiko gangguan jaringan atau downtime pada saat terjadi pemadaman listrik atau gangguan fiber optic.
Baca juga : Indosat dan Cisco, Bakal Latih 200 Ribu Orang Terampil Keamanan Siber
Manfaat yang didapatkan adalah kedepannya pelanggan Indosat dapat menikmati layanan panggilan suara (telepon) dan SMS yang minim gangguan di seluruh Indonesia.
Keberhasilan pelaksanaan proyek ini berdampak langsung pada peningkatan interaksi pelanggan sebesar 33 persen dan pengurangan call setup time sebesar 495 milidetik.
Selain itu, simplifikasi jaringan ini secara signifikan menurunkan beban hardware, software, dan infrastruktur yang dibutuhkan sehingga dapat mengurangi OPEX.
Langkah ini merupakan komitmen Indosat untuk menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia sehingga perusahaan ini pun terus berupaya untuk menyediakan jaringan yang andal sehingga meningkatkan pengalaman pelanggan.
“Bermitra dengan Ericsson memungkinkan kami untuk memaksimalkan potensi jaringan dan ekosistem Indosat dalam memberikan pelayanan yang lebih baik. Kesuksesan penyelesaian proyek ini merupakan bukti komitmen bersama kami untuk melayani pelanggan,” kata Desmond Cheung,Direktur dan Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison.
”Ericsson merasa bangga telah mendukung Indosat dalam menyelesaikan proyek CS Core Transformation lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan,” kata Krishna Patil, Head of Ericsson Indonesia.
Menurut Khrisna, proyek ini telah memberikan peningkatan efisiensi dan pengalaman pelanggan yang kuat bagi Indosat beserta para pengguna layanannya. Ia pun berharap dapat selalu berkolaborasi untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan secara signifikan.
Sebelumnya, pada bulan Januari tahun ini, Ericsson telah mendukung Indosat untuk menyelesaikan integrasi jaringan dengan memanfaatkan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN) di Jabodetabek, yang memungkinkan pelanggan di wilayah tersebut dapat menikmati pengalaman digital yang lebih baik.
Ini merupakan salah satu proyek integrasi jaringan tersingkat yang selesai lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan, dan mampu memberikan jangkauan yang lebih luas, kualitas layanan dalam ruangan yang lebih baik, dan pengalaman internet yang lebih cepat bagi pelanggan. (Icha)