Latest Phone

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Tecno Spark 20

Smartphone Advan G1 Gunakan OS Asli Indonesia

Telko.id – Advan G1 sudah lama dipersiapkan oleh Advan. Mulai dari survei konsumen hingga kini smartphone kelas premium merek lokal ini siap dikomersialkan secara Nasional.

Yang menarik dari smartphone ini adalah operating sistem yang digunakan. Advan G1 mempercayakan pada OS buatan lokal juga yakni ID OS yang dikembangkan dari Android Marshmallow 6.0 yang diberi nama IDOS 6.1.2. Langkah ini boleh dibilang cukup berani karena produk ini menjadi yang pertama menggunakan OS kembangan putra putri Indonesia ini secara komersial.

“Kami tak mau sekadar membuat hardware saja kami juga mengembangkan softwarenya. Apalagi developer softwarenya asing itu kurang paham apa yang dibutuhkan oleh pengguna Indonesia,” ujar Tjandra Lianto, Marketing Director Advan menjelaskan usai peluncuran Advan G1.

Khusus untuk pengembangan IDOS tersebut, Tjandra menambahkan bahwa “Kami punya tim sendiri (untuk mengembangkan IDOS) di Semarang dan Jakarta. Sebelumnya, kami alih teknologi dari Senzhen ke Indonesia. Di sini, kami melibatkan putra putri Indonesia, mulai dari siswa SMK dan tenaga kerja”.

Tjandra juga mengungkapkan bahwa tidak semua brand lokal bisa sanggup mengembangkan sistem operasi sendiri.

“Mengembangkan OS melibatkan investasi, sumber daya, dan waktu yang cukup lama. Advan sudah mengembangkan OS selama 3 tahun. Kami ingin dibanggakan (oleh pengguna), karenanya Advan tak hanya mengembangkan hardware tapi juga software,” ujarnya.

Ke depan, semua smartphone Advan akan menggunakan IDOS. “Kita akan menggunakan disemua smartphone Advan. Tentu dengan OS yang terbaru karena saat ini sudah ada IDOS versi 7 yang tentu nya lebih baik lagi dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Selain Software, Advan juga akan memberikan Could gratis. Namun, strategi ini masih belum terlalu matang karena Tjandra sendiri masih belum bisa menentukan berapa besar cloud service yang akan diberikan pada konsumen dan berapa besar server yang akan dipersiapkan.

“Kami ingin memberikan free cloud service pada pengguna Advan. Yang lain kan pada bayar. Kita akan berikan secara gratis,” ujar Tjandra.
Rencananya, layanan free cloud service ini akan siap tahun ini. setidaknya pada pertengahan tahun 2017.

Advan sendiri cukup optimis bahwa tahun 2017 ini mampu meningkatkan penjualan nya dari 7.2 juta unit menjadi 7.5 atau bahkan 8 juta unit setahun. “Dengan peningkatan ini, kami yakin bisa masuk ke tiga besar untuk market share smartphone Indonesia,” kata Tjandra Optimis.

Setidaknya, hingga akhir tahun ini akan 9 tipe smartphone dan tablet yang akan dikeluarkan. Khusus untuk smartphone akan ada 2 sampai 3 tipe lagi. (Icha)

Latest

Dua Perangkat Samsung Ini Tangguh Untuk Berbagai Medan

Telko.id - Untuk memenuhi kebutuhan berbagai perusahaan di Indonesia...

Telkomsel dan ZTE Kolaborasi, Hadirkan Pengalaman 1 Gbps di Indonesia

Telko.id – Telkomsel dan ZTE Corporation jalin kerjasama strategis...

Xiaomi Perkenalkan Ekosistem Pintar “Human x Car x Home” di MWC 2024

Telko.id - Xiaomi memperkenalkan ekosistem pintar terbaru "Human x...

Telkomsel Hadirkan Paket kuWOTA JKT48, Apa Untungnya?

Telko.id – Telkomsel Prabayar kolaborasi dengan JKT48 meluncurkan paket...

Rekomendasi

Tecno Spark 20 Pro Series, Seharga Rp.2 jutaan Pas Buat Gen Z

Telko.id - Tecno Spark 20 Pro Series resmi hadir yang merupakan seri lanjutan dari Tecno Spark 20 Series yang telah diluncurkan Januari lalu. Tecno...

Chipset Exynos 2400 di Samsung Buat Galaxy S24 dan S24+ Ngacir!

Telko.id - Samsung Galaxy S24 Series sukses mendapat animo luar biasa dari konsumen di Indonesia berkat pengalaman terbarukan dari Galaxy AI yang tak bisa ditemukan...

Acer Manufacturing Indonesia Terus Lanjutkan Berkarya di Indonesia

Telko.id - Acer Manufacturing Indonesia (AMI), fasilitas produksi Acer di Indonesia, memperingati 12 tahun berkarya untuk bangsa. Hadir di Indonesia sejak Januari 2012 sebagai wujud...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini