Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Ruangguru.com Pertegas Ambisi untuk Tingkatkan Kualitas Pengajar

Telko.id – Memperingati Hari Guru Nasional, yang jatuh tepat hari ini (25 November), Ruangguru.com kembali mempertegas ambisinya untuk terus meningkatkan kualitas dan kesejahteraan para pengajar di Indonesia. Ambisi itu diwujudkan baik dalam bentuk program pelatihan maupun program apresiasi yang telah dirancang khusus bagi para pengajar yang tergabung di platform Ruangguru.com.

Ruangguru.com sendiri merupakan startup teknologi lokal yang berfokus dalam penyediaan layanan pendidikan dan konten belajar yang berkualitas. Sejak dirilis pada April 2014 lalu, Ruangguru.com telah menjadi wadah bagi lebih dari 22,000 pengajar privat yang terdiri dari guru-guru berpengalaman, para mahasiswa berprestasi dari universitas ternama, serta kaum profesional dengan rekam jejak terpercaya yang senang mengajar dan ingin mencari penghasilan tambahan.

Jenis mata ajar yang ditawarkan pun sangat beragam, mulai dari pelajaran sekolah, persiapan ujian yang terstandarisasi (TOEFL, IELTS, SAT), musik, olahraga, bahasa asing, dan masih banyak lagi. Para pengajar di Ruangguru.com juga sudah cukup terkenal karena tingkat kualitasnya, terbukti dari sebanyak 95 persen pengajar yang bergabung dan mengajar di Ruangguru.com memperoleh rating sangat baik dari para murid.

Rosmiyana, Product Manager Ruangguru.com memaparkan visi Ruangguru.com, dimana salah satu yang utama adalah meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia dengan meningkatkan kesejahteraan para pengajar.

“Kami meyakini bahwa tanggung jawab mendidik itu bukan hanya ditanggungkan kepada guru di sekolah saja namun siapapun. Selama ini kami mencoba memfokuskan upaya kami di area ini guna membuka akses kepada lebih banyak masyarakat umum maupun pendidik profesional agar bisa lebih terlibat aktif dalam mencerdaskan bangsa,” ungkapnya.

Rosmiyana menyayangkan persepsi yang kadung berkembang di masyarakat, bahwa kompensasi bagi profesi pengajar relatif tidak semenarik profesi lainnya. Menyadari hal tersebut, Ruangguru.com terus berupaya agar memunculkan berbagai mekanisme sumber penghasilan lain yang lebih adil dan juga menarik – seperti yang lakukan lewat marketplace guru privat Ruangguru.com.

Berbagai ini pun dilakukan startup ini untuk meningkatkan kualitas para guru, seperti menggelar pelatihan berkala bagi guru, program apresiasi prestasi, serta melengkapi para guru dengan berbagai tools yang memudahkan aktivitas mengajar dan pengembangan profesi mereka. “Misalnya, lewat platform tes.ruangguru.com dan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk membantu guru-guru di sekolah mempersiapkan diri menghadapi Uji Kompetensi Guru (UKG) Nasional yang berlangsung selama November ini,” tambahnya.

Andika, salah satu pengajar bidang Bahasa Inggris dan Perpajakan di Ruangguru.com mengaku bahwa ia sangat tertarik dengan program mengajar yang ditawarkan oleh startup ini. Alasannya karena adanya seleksi kualitas pengajar berupa verifikasi latar belakang dan jadwal mengajarnya dapat disesuaikan dengan waktu kosong.

“Setelah memutuskan untuk bergabung pada September 2015, saya dapat menyalurkan passion saya dalam mengajar, serta mendapatkan penghasilan tambahan hingga Rp 12 juta/bulan. Bayangkan penghasilan tambahan yang mungkin diperoleh guru-guru berpengalaman, yang punya waktu lebih untuk mengajar. Ini akan sangat mendukung kesejahteraan mereka,” papar Andika.

Secara umum para pengajar di Ruangguru.com memang mendapatkan kompensasi yang cukup kompetitif dibandingkan tempat lainnya. Pada umumnya, upah guru privat di lembaga lain sangat flat dan ditetapkan oleh lembaga, rata-rata berkisar antara Rp 40.000 hinga Rp 65.000 per jam untuk kelas berkelompok. Sementara di Ruangguru.com, upah guru ditetapkan oleh guru sendiri, mulai dari Rp 50.000,- per jam.

“Saat ini secara agregat para pengajar di Ruangguru.com memperoleh upah sebesar Rp 98,000 per jam”, ujar Rosmiyana melalui keterangan tertulisnya, Rabu (25/11).

Latest

Telkomsel Bersama Tencent Cloud dan MCASH, Adopsi Palm Scanner, ini Targetnya!

Telko.id – Telkomsel bersama dengan Tencent Cloud dan MCASH...

Axioo Gandeng JKT48, Sasar Para Generasi Z

Telko.id - PT. Tera Data Indonusa, melalui brand laptop...

Indosat HiFi Perluas Jangkauan 100% Fiber Optik ke Kota Sekunder

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui brand Indosat HiFi perluasan...

Samsung Solve for Tomorrow Gelar Pelatihan Design Thinking, Ubah Ide Jadi Solusi

Telko.id - Samsung Solved for Tomorrow gelar pelatihan Design...

Rekomendasi

Axioo Gandeng JKT48, Sasar Para Generasi Z

Telko.id - PT. Tera Data Indonusa, melalui brand laptop nya Axioo menggandeng JKT48, idol group di Indonesia sebagai brand ambasadornya untuk menyasar generasi Z. Harapannya,...

Predator Gaming Indonesia Dukung Valorant Champions Tour Pacific 2024

Telko.id - Acer Indonesia secara resmi mengumumkan partisipasi dan dukungan pada ajang kompetisi esports Valorant terbesar dunia, Valorant Champions Tour Pacific. Menjadi official partner, Predator...

Acer Swift Series Terbaru Hadir Bertenaga AMD Ryzen AI 300 Series

Telko.id - Acer mengumumkan bahwa seri laptop tipis dan ringan, Swift generasi terbaru akan hadir dengan varian model yang ditenagai prosesor khusus laptop, AMD...