Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Perangkat IoT Dual Mode Mulai Merangsek Ke Pasar

Telko.id – Bukan hanya smartphone yang memiliki dua standar atau lebih dikenal dengan dual mode. Perangkat IoT atau internet of Things pun sudah mulai menanamkan dual mode. Langkah yang cerdik ini dilakukan oleh Sierra Wireless dan U-Blox.

Kedua produsen IoT tersebut telah mengumumkan modul yang mendukung dua standar seluler yang berbeda untuk konektivitas di area dengan kekuatan rendah. Kedua perusahaan tersebut membawa solusi yang mendukung LTE Kategori M1 (Cat M1) dan narrowband IoT (NB-IoT).

LTE Cat M1 ini menggunakan 1,4 megahertz bandwidth sementara NB-IoT hanya menggunakan 200 kilohertz. Cat M1 menaikkan tingkat uplink dan downlink data pada 1 megabit per detik, dan NB-IoT mampu bekerja di kedua 1.4 megahertz maupun 200 kilohertz dengan kecepatan sekitar 0,2 megabit per detik.

Di Amerika Serikat, Verizon Wireless dan AT & T telah menambahkan teknologi LTE Cat M1 ke jaringan mereka, namun sejauh ini belum ada operator A.S. yang telah mengumumkan ketersediaan NB-IoT yang tersebar luas di jaringannya.

Sierra Wireless mengatakan bahwa modul AirPrime WP77 akan memungkinkan pelanggan untuk menggunakan perangkat yang sama dengan beberapa operator jaringan di seluruh dunia. Modul ini mendukung fallback 2G untuk area di mana cakupan LTE tidak tersedia secara luas.

U-Blox mengatakan modul SARA-R410M-02B-nya akan menawarkan konfigurabilitas berbasis perangkat lunak untuk semua band yang digunakan. Ini berarti pelanggan berpotensi berubah dari standar konektivitas ke standar lainnya tanpa menyentuh setiap titik akhir secara fisik. Hal ini penting karena dalam banyak penerapan IoT, karena titik akhir mungkin berada di lokasi terpencil.

U-Blox juga mengatakan bahwa SARA-R410M-02B juga akan mendukung fungsi suara melalui jaringan LTE menggunakan Cat M1, yang dapat digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan interaksi dengan manusia. Seperti yang dilakukan oleh Verizon Wireless pada akhir bulan lalu yang sedang menambahan dukungan VoLTE ke jaringan Cat M1-nya.

Apa yang dilakukan oleh Sierra Wireless dan U-Blox ini dengan memperoduksi perangkat IoT dengan kemampuan dual-mode yang menggunakan chip modern dan dapat bekerja di jaringan Cat M1 dan NB-IoT memang bukan yang pertama. Qualcomm dan pembuat chip Prancis, Sequans telah lebih dahulu memperkenalkan modem dual-mode. (Icha)

Latest

Telkomsel Gelar Baktiku Negeriku 2024, Fokus Tingkatkan Ekonomi Desa

Telko.id -  Telkomsel meluncurkan kembali program Corporate Social Responsibility...

Telkomsel Umumkan Peraih Telkomsel Awards 2024

Telko.id - Telkomsel mengumumkan para peraih penghargaan Telkomsel Awards...

NeutraDC Ungkap Potensi Ekonomi Digital Batam

Telko.id - Sebagai wujud komitmen perusahaan dalam pembangunan berkelanjutan,...

Huawei MatePad SE 11 Kids Edition, Solusi Tablet Aman & Edukatif Buat Anak

Telko.id – Huawei MatePad SE 11 Kids Edition dirancang...

Rekomendasi

Polytron AC Smart Neuva Pro, Teman Saat Cuaca Tak Pasti

Telko.id – Polytron AC Smart Neuva Pro, pas jadi teman saat cuaca yang kini sedang tidak terduga. Dari hujan deras yang tiba- tiba hingga...

Polytron Smart Projector, Jadikan Ruang Tamu Pusat Hiburan

Telko.id - Polytron Smart Projector akan mengubah ruang tamu Anda jadi pusat hiburan di rumah. Pas jadi solusi untuk membangun momen berkualitas bersama keluarga. Baik...

25 Tahun, Acer Indonesia Berkomitmen Majukan Industri Nasional

Telko.id - Acer, salah satu perusahaan ICT terkemuka di dunia, hari ini (08/07) dengan bangga merayakan 25 tahun kiprahnya di Indonesia. Sejak berdiri di...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini