Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Pemerintah Siapkan Aplikasi Demi Kenyamanan Mudik

Telko.id – Fenomena mudik selalu berulang setiap tahun. Jutaan pemudik saling mengunjungi keluarganya. Akibatnya, ada penumpukan pada wilayah tertentu yang menjadi tujuan mudik. Untuk itu, pemerintah memastikan performansi jaringan telekomunikasi dalam mengatasi peningkatan dan pergerakan trafik saat mudik lebaran dan arus balik lebaran 2017.

Demi kenyamanan pemudik, pemerintah pun berniat untuk membuat aplikasi yang mirip dengan Google Maps. Aplikasi terintegrasi ini dibuat dengan kerjasama instansi dan operator selular. Dalam aplikasi tersebut, ada banyak informasi penting yang dapat diakses oleh pemudik. Seperti keterangan lokasi SPBU, rest area terdekat dan lainnya.

Bahkan aplikasi ini juga akan menunjukan lokasi posko terdekat yang disediakan oleh operator dan pihak swasta lainnya selama akhir bulan Ramadhan hingga arus balik. Dengan demikian, pemudik akan sangat terbantu ketika membutuhkan tempat istirahat atau membutuhkan untuk beli pulsa dan lainnya. Aplikasi yang akan diberi nama Mudik Yuk ini berbasis Android dan menggunakan teknologi location base.

“Aplikasi ini juga akan rencananya akan diluncurkan paling lama dua minggu sebelum lebaran,” kata Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatikan di Kementerian Perhubungan, Selasa, 23 Mei 2017.

Dalam menghadapi kepadatan pada waktu mudik, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga sudah melakukan pengecekan kapasitas jaringan. Karena biasanya pada saat padat, traffic penggunaan data selular semakin padat, yang menyebabkan pemudik akan terhambat dalam mengakses jaringan selular maupun jaringan internet. Untuk itu, Kemenkominfo telah bekerja sama dengan berbagai operator selular di Indonesia untuk menyediakan mobile Base Transceiver Station (BTS) untuk memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator.

“Teman-teman operator selular akan menambahkan 300 lebih mobile BTS. Artinya bisa bergerak dan dipindahkan di tiitk kemacetan. Kami mendapatkan informasi, potensi titik kemacetan baik dari Kemenhub dan Polri,” tutur Rudiantara.

Rudiantara menambahkan, Pemerintah melalui Kementerian terkait akan terus menyampaikan informasi terbaru tiap minggunya mengenai kesiapan Lebaran termasuk dalam hal logistik dan pangan, antara lain pada 28 Mei, 2 Juni, 5 Juni, 12 Juni dan seterusnya. “Karena diperkirakan Lebaran tahun ini ada 19 juta orang yang bergerak mudik. Kenaikannya 5 persen dibandingkan tahun lalu.” (Icha)

 

Latest

Indosat Dorong Indonesia Implementasi Teknologi AI

Telko.id – Indosat bersama Twimbit baru saja meluncurkan laporan...

ZTE Hadirkan Inovasi Solusi Cold-Plate Liquid Cooling

Telko.id - ZTE Corporation berpartisipasi dalam Indonesia Cloud and...

Telkomsat dan Starlink, Siap Garap Segmen Enterprise di Indonesia

Telko.id – Telkomsat dan Starlink siap garap segmen enterprise...

Tiga Peran Strategis IDTH Sebagi Rujukan Untuk Uji Perangkat Telekomunikasi

Telko.id – Indonesia Digital Test House (IDTH) yang telah...

Rekomendasi

Sharp Indonesia Ekspansi Ke Pasar Smartphone Bali!

Telko.id - Sukses memikat para pengguna smartphone di Jakarta, Sharp terus melakukan ekspansi penjualan dengan menyasar kota – kota besar lainnya di Indonesia.   Di...

Acer Predator Triton Neo 16, Spek nya Nggak Main-main Buat Ngegame!

Telko.id - Acer Predator Triton Neo 16 baru saja diluncurkan dengan spesifikasi yang nggak main-main, boleh diadu dengan laptop gaming lainnya. Bodinya pun tergolong tipis...

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis laptop seri Swift generasi terbaru Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini