Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Ini Dia 5 Alasan Kenapa Tarif Interkoneksi Harus Turun

Telko.id – Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara, tarif interkoneksi ini sudah waktunya turun. Bukan sekedar turun saja, tetapi angka nya harus signifikan. Kenapa?

Dalam Seminar Nasional dengan tema besar mengenai penurunan biaya interkoneksi yang diselenggarakan oleh Indonesia Technology Forum hari ini di Jakarta, Rudiantara menyampaikan dalam sambutan melalui rekaman video menekankan kembali bahwa interkoneksi adalah hak pelanggan yang harus dilayani oleh masyarakat.

Menurut Chief RA- panggilan akrab Rudiantara- Ada lima dimensi terkait interkoneksi. Pertama, adalah pelanggan punya hak untuk mendapatkan layanan interkoneksi. Sebaliknya kewajiban operator untuk memberi layanan interkoneksi kepada masyarakat.
Kedua, interkoneksi adalah B2B (business to business). Artinya ada business arrangement. ”Perbedaan dalam cara bisnis operator ataupun capex tidak boleh menjadi penghalang interkoneksi,” ujarnya.

Saat ini, pendapatan operator dari Interkoneksi sudah sangat kecil. Paling besar hanya sekitar 4% saja dari total revenue operator.

Tren nya, menurut Rudiantara akan semakin turun dan akhirnya akan hilang. Setidaknya, dalam jangka waktu 4 – 5 tahun ke depan. Hal ini merupakan dimensi ketiga yang diungkapkan oleh Menkominfo, di mana dari sisi teknikal evolusi teknologi telekomunikasi ke depan akan mengarah ke IP (internet protocol) switched sehingga interkoneksi berbasis circuit switched kemungkinan akan hilang dalam beberapa tahun ke depan.

Dimensi keempat adalah pemerintah melihat interkoneksi adalah bagaimana industri seluler tetap sustainable ke depan serta semakin kompetitif sehingga bisa menawarkan layanan yang terjangkau (affordable) bagi masyarakat. Itu sebabnya, Rudiantara melihat bahwa penurunan tarif interkoneksi ini harus signifikan dan harus dikembalikan pada masyarakat.

Kelima, kewajiban operator ke depan adalah tidak hanya melulu persoalan coverage yang luas tetapi juga memantapkan QoS (Quality of Service) dalam melayani kebutuhan konsumen. (Icha)

Latest

Telkomsel Bersama Tencent Cloud dan MCASH, Adopsi Palm Scanner, ini Targetnya!

Telko.id – Telkomsel bersama dengan Tencent Cloud dan MCASH...

Axioo Gandeng JKT48, Sasar Para Generasi Z

Telko.id - PT. Tera Data Indonusa, melalui brand laptop...

Indosat HiFi Perluas Jangkauan 100% Fiber Optik ke Kota Sekunder

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui brand Indosat HiFi perluasan...

Samsung Solve for Tomorrow Gelar Pelatihan Design Thinking, Ubah Ide Jadi Solusi

Telko.id - Samsung Solved for Tomorrow gelar pelatihan Design...

Rekomendasi

Axioo Gandeng JKT48, Sasar Para Generasi Z

Telko.id - PT. Tera Data Indonusa, melalui brand laptop nya Axioo menggandeng JKT48, idol group di Indonesia sebagai brand ambasadornya untuk menyasar generasi Z. Harapannya,...

Predator Gaming Indonesia Dukung Valorant Champions Tour Pacific 2024

Telko.id - Acer Indonesia secara resmi mengumumkan partisipasi dan dukungan pada ajang kompetisi esports Valorant terbesar dunia, Valorant Champions Tour Pacific. Menjadi official partner, Predator...

Acer Swift Series Terbaru Hadir Bertenaga AMD Ryzen AI 300 Series

Telko.id - Acer mengumumkan bahwa seri laptop tipis dan ringan, Swift generasi terbaru akan hadir dengan varian model yang ditenagai prosesor khusus laptop, AMD...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini