Latest Phone

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Tecno Spark 20

Ericsson dan Cosmote Hadirkan Kecepatan Internet 500 Mbps

Telko.id – Perusahaan infrastruktur yang sedang bangkit, Ericsson dan perusahaan telekomunikasi asal Yunani, Cosmote telah menghasilkan kecepatan internet hingga 500 Mbps belum lama ini. Hal ini terlihat saat demo langsung dari jaringan LTE Advanced yang mereka buat. Menurut peserta yang hadir, kesuksesan keduanya didapat berkat penggunaan kreatif dari modulasi sinyal.

Sementara itu, anak perusahaan Cosmote, yakni Deutsche Telekom telah sukses mencapai Carrier Agregation pada band 3 (1800Mhz) dengan TDD band 42 (3500 Mhz). Carrier Agregation mereka dihasilkan berkat bantuan dari Nokia Solution Network.

Dilansir dari Telecoms, Minggu (29/11), Carrier Agregation dari Cosmote ini adalah hal baru mengingat Ericsson berkonsentrasi pada FDD dan 256 QAM (quadrature amplitude modulation), yakni sebuah skema modulasi yang memiliki sekitar 256 kombinasi sinyal. Percobaan ini dieksplorasi oleh Ericsson dengan kemungkinan dapat menghasilkan tingkat transmisi delapan kali lebih cepat.

Berbeda dengan percobaan Nokia, Cosmote dan Ericsson berkonsentrasi dalam menyatukan tiga komponen dari berbagai spektrum, menggabungkan dua 20Mhz FDD dan satu saluran 10MHz FDD dan mengatur mereka dalam 256 modulasi QAM.

Sebagai informasi, teknologi 256 QAM downlink encoding Ericsson dapat menyediakan throughput downlink hingga  33% lebih tinggi dalam kondisi radio yang baik. Teknologi ini juga menciptakan efisiensi spektrum yang memberikan kecepatan throughput data hingga 500Mbps.

Menurut Stefanos Theocharopoulos, Chief Technology dan Operations Officer di OTE Group dimana Cosmote tergabung di dalamnya,”Dengan demonstrasi kecepatan hingga 500 Mbps kami mengkonfirmasi keunggulan teknologi kami,” ucapnya.

Sementara itu, Ericsson Mobility Report memperkirakan pada tahun 2021 pengguna layanan LTE meroket menjadi sekitar 4.1 milyar. Berkaca dari hal tersebut, perwakilan Ericsson untuk Yunani mengungkapkan pentingnya teknologi Carrier Agregation dan 256 QAM untuk memberikan pelayanan internet yang baik bagi pelanggan.

Latest

Presiden Groundbreaking Telkom Smart Office di IKN

Telko.id - Sebagai upaya untuk mendukung percepatan pembangunan Ibu...

Oppo Watch X Unik, Ada Fitur Dukung Olahraga Badminton

Telko.id - Oppo resmi meluncurkan jam pintar flagship terbaru...

4 Alasan, Huawei FreeBuds Pro 3 Pas Buat Teman Keseharianmu

Telko.id - Hari ini, Huawei resmi meluncurkan Huawei FreeBuds...

Indosat dan Nokia Kolaborasi Tingkatkan Talenta Digital Indonesia Adopsi AI

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mengumumkan...

Rekomendasi

Tecno Spark 20 Pro Series, Seharga Rp.2 jutaan Pas Buat Gen Z

Telko.id - Tecno Spark 20 Pro Series resmi hadir yang merupakan seri lanjutan dari Tecno Spark 20 Series yang telah diluncurkan Januari lalu. Tecno...

Chipset Exynos 2400 di Samsung Buat Galaxy S24 dan S24+ Ngacir!

Telko.id - Samsung Galaxy S24 Series sukses mendapat animo luar biasa dari konsumen di Indonesia berkat pengalaman terbarukan dari Galaxy AI yang tak bisa ditemukan...

Acer Manufacturing Indonesia Terus Lanjutkan Berkarya di Indonesia

Telko.id - Acer Manufacturing Indonesia (AMI), fasilitas produksi Acer di Indonesia, memperingati 12 tahun berkarya untuk bangsa. Hadir di Indonesia sejak Januari 2012 sebagai wujud...