Ciptakan Aliansi, Keempat Operator Ini Hadirkan Standarisasi 5G?

Telko.id – Operator  Korea Selatan yakni, KT dan SK Telecom, operator Jepang NTT DoCoMo dan Verizon Amerika Serikat, baru-baru ini telah membentuk sebuah inisiatif global untuk mengembangkan spesifikasi umum untuk percobaan 5G.

Aliansi 5G ini mengembangkan spesifikasi yang dapat berfungsi secara umum, serta platform yang dapat digunakan untuk berbagai jenis kegiatan percobaan 5G di seluruh dunia, dengan fokus pada kegiatan uji coba interface radio 5G.

Operator sudah melakukan kordinasi terkait kegiatan percobaan ini, dengan beberapa uji teknis yang direncanakan untuk 2016 hingga 2018.

Dilaporkan TelecomAsia (23/3), aliansi akan berusaha untuk menarik berbagai mitra industri yang berbeda, termasuk operator lain, jaringan, chipset dan perangkat vendor serta vendor alat uji. Beberapa pemasok utama dari keempat operator pendiri, juga sudah terlibat.

Aliansi ini juga mengumumkan, bahwa spesifikasi ujicoba tidak dimaksudkan untuk membatasi diskusi standardisasi yang sedang berlangsung dalam forum 3GPP.

“Sebaliknya tujuannya adalah untuk menyediakan platform percobaan umum di mana komponen teknologi yang berbeda dapat dicoba dan dievaluasi dalam rangka untuk memberikan pemahaman yang lebih baik dari nilai dan kinerja teknologi 5G yang berbeda,” ujar perwakilan Aliansi dalam sebuah pernyataan.

“Hal ini dapat memberikan masukan yang berharga dalam diskusi 3GPP mendatang, dengan melengkapi studi simulasi dengan data real dari penyebaran percobaan yang berbeda.”tambahnya.

Sekedar informasi, spesifikasi pengujian akan mencakup beberapa band spektrum, baik di atas maupun di bawah 6-GHz.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0