Xiaomi Redmi A1, Smartphone Android Go Dengan TKDN 40.3%

Telko.id – Xiaomi Redmi A1 resmi hadir sebagai smartphone Android Go dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 40.3%.

Kehadiran smartphone berbasis Android Go tersebut menjadi salah satu perwujudan komitmen Xiaomi Indonesia untuk menghadirkan inovasi bagi semua orang.

Lewat pencapaian TKDN yang tertinggi di industri saat ini, Xiaomi telah melampaui ketentuan TKDN untuk perangkat telekomunikasi berbasis 4G dan 5G sebesar 35% yang tertuang dalam Peraturan Menteri Kominfo No 13 Tahun 2021.

Sebagai smartphone yang memiliki TKDN 40.3%, Redmi A1 meliputi berbagai aspek seperti manufaktur (penyediaan mesin produksi, penggunaan tenaga kerja lokal, penambahan proses SMT untuk perakitan PCB), pengembangan produk untuk software secara lokal, dan pengembangan aplikasi yang bekerja sama dengan mitra lokal.

Xiaomi Redmi A1
Tampilan Box Edisi Khusus Redmi A1 yang akan diluncurkan pada 28 Oktober 2022

Tambahan informasi, sebagai smartphone Android Go, sistem operasi Xiaomi Redmi A1 tidak akan dipoles dengan antarmuka MIUI alias hadir dengan OS Android stock.

Sementara Android Go merupakan OS yang lebih ringan dibanding Android biasa. Sehingga aplikasi yang dimiliki perangkat merupakan aplikasi-aplikasi ringan sumber daya. Misalnya, Google Go, Google Maps Go, Youtube Go, dan sebagainya.

Dengan mengusung kamera ganda AI 8MP, baterai besar 5.000 mAh, layar lebar 6,52”, dan fitur ekspansi RAM yang mencapai 5GB pada varian tertingginya, Redmi A1 memiliki desain yang menarik dengan tekstur kulit yang membuat tampilan fisiknya lebih premium dan tampak elegan untuk smartphone di kelasnya.

Redmi A1 juga akan menjadi  pilihan menarik bagi konsumen yang ingin melakukan upgrade dari feature phone ke smartphone ataupun bagi mereka yang hendak memiliki smartphone untuk pertama kalinya.

Diluncurkan pada Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober mendatang, Redmi A1 juga akan hadir dengan desain box spesial bertema Indonesia karya Sigit Setyo Nugroho yang merupakan seorang Xiaomi fans.

Untuk memperkuat elemen Indonesia dari smartphone pertama yang melampaui TKDN 40% tersebut, Redmi A1 akan memiliki tema khas dan wallpaper khusus Indonesia. Lewat berbagai keunggulan yang dimiliki, Redmi A1 merupakan hape smart, pilihan tepat bagi masyarakat Indonesia.

Spesifikasi Redmi A1 versi global

Redmi A1 sendiri diperkenalkan secara global pada awal September lalu di India. Spesifikasi yang dihadirkan ponsel Xiaomi versi India dan Indonesia biasanya tidak jauh berbeda. Redmi A1 di India memiliki layar HD Plus seluas 6,52 inci. Layar Redmi A1 memiliki aspect ratio 20:9 dan sudah disertai fitur pencahayaan saat malam hari.

Bagian depannya dihiasi notch menyerupai tetesan air sebagai rumah dari kamera selfie 5 MP (f/2.2). Bagian punggung ponsel menggunakan bahan bertesktur kulit. Adapun di sisi kiri atas bagian punggung ini terdapat dua sensor kamera yang ditempatkan dalam sebuah modul.

Lihat Foto Redmi A1 bakal diluncurkan secara global di India(Xiaomi) Kamera tersebut terdiri dari kamera utama 8MP dan disertai lensa Artificial Intelligence (AI/kecerdasan buatan). Kedua sensor tersebut kompak ditemani oleh lampu kilat LED.

Untuk menunjang performanya, Redmi A1 ditenagai oleh chipset besutan MediaTek, Helio A22, yang menawarkan CPU dengan kecepatan 2.0 GHz. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM LPDDR4X 2 GB atau 3 GB dan memori internal 32 GB.

Bila dirasa kurang, perluasan penyimpanan media bisa dilakukan hingga 1 TB melalui slot microSD. Tidak hanya itu, perangkat juga mendukung fitur peluasan RAM hingga 5 GB. Xiaomi Redmi A1 ditopang baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan pengisian daya cepat (fast charging) 10 watt.

Pengisian daya dapat dilakukan melalui port micro-USB. Fitur pendukung lainnya perangkat mendukung jaringan 4G, Wi-Fi, Bluetooth 5.9, FM Radio, dual-SIM, dan jack audio 3,5 mm. Di India, Xiaomi Redmi A1 dijual dengan harga 6.499 rupee atau sekitar Rp 1,2 juta. Belum ada informasi mengenai harga resmi di Indonesia. Kita tunggu saja. (Icha)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

TELKO TV

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0