Latest Phone

Oppo Pad Air2

Tecno Spark Go 2024

Oppo Reno11 Pro (China)

Review: Samsung Galaxy A15 5G, Banyak Fitur Menarik

Telko.id – Beberapa waktu lalu, Samsung baru saja mengeluarkan Galaxy A15 5G, ini diperuntukan bagi segmen menengah bawah. Terlihat dari angka kecil nya. Ya, memang saat ini Samsung untuk menggarap pangsa pasar menengah bawa menggunakan seri Galaxy A. Yang sebenarnya, range nya itu sangat lebar. Pasalnya, untuk seri A dengan angka besar, misalnya A54, harganya bisa mencapai Rp.5 jutaan.

Samsung Galaxy A15 4G sendiri hadir dalam dua varian yang dibedakan dari kapasitas RAM yang dimiliki yaitu Rp2.8999.000 untuk versi 8/128GB dan Rp3.299.000 yang versi 8/256GB. Bagaimana pengalaman penggunaan Samsung Galaxy A15 versi Telko.id? Berikut ulasannya.

Desain dan Layar

Samsung Galaxy A15 ini ketika digenggam terasa sangat kokoh dengan balutan casing yang mengkilap atau gloosy tapi tidak akan meninggalkan bekas jemari ketika digenggam. Perangkat ini pun terlihat sangat mewah walaupun tergolong untuk segmen menengah.

Perangkat ini tersedia di pasar ada tiga pilihan warna yakni yellow, blue, dan blue black. Sedangkan varian Samsung Galaxy A15 yang kami uji adalah warna biru.

Tiga kamera belakangnya tampil tanpa bumper alias menonjol langsung dari permukaannya, mirip seperti desain Samsung Galaxy S Series.
  
Perangkat ini punya bobot yang cukup ringan untuk layar 6,5 inci. Bagian tepi bodi atau frame mengusung warna biru keabu-abu yang jelas terlihat menggunakan material plastik. Di sini diusung desain flat atau rata untuk bagian tepinya sehingga grip atau genggaman lebih nyaman.
 
Hal yang menarik adalah desain tepi bodi dekat tombol Power dibuat lebih rendah jadi posisi jempol saat menggenggam lebih nyaman dan posisi tidak akan selalu berada di atas Tombol Power yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari.


  
Jadi desain ini bisa mencegah kunci layar tidak sengaja terbuka karena jempol berada di atas tombol Power saat digenggam. Samsung Galaxy A15 juga masih menyediakan lubang audio jack untuk earphone di sisi bagian bawah dan sudah mengadopsi USB-C.


 
Soal layarnya tadi sudah disebutkan ukuran yang diusung. Samsung Galaxy A15 menawarkan layar Super AMOLED resolusi FHD+. Makanya visual yang diterima di mata terasa jernih, berbeda dari perangkat di harga yang sama tapi mengandalkan layar LCD IPS. 

Baca juga : Cara Nikmati Konten Seru dengan Galaxy A15 Series

Namun tetap saja, Demi membuatnya berbeda dari yang lain, Samsung menyediakan fitur Vision Booster yang akan membuat tampilan layar lebih jelas saat berada di kondisi di bawah sinar matahari, mirip Adaptive Brightness.

Antarmuka dan Fitur

Samsung Galaxy A15 5G sudah hadir langsung dengan sistem operasi Android terbaru yaitu Android 14 sehingga penggunanya bisa langsung menikmati ragam kustomisasi dari fitur Android. 
 
Selain itu perangkat ini juga sudah mengadopsi One UI 6 dari Samsung yang menambah banyak kustomisasi tampilan widget dan lainnya. Makanya pengguna Samsung Galaxy A15 akan mendapatkan pengalaman yang benar-benar baru dibandingkan hape Samsung generasi sebelumnya. 

Selain sensor sidik jari dan pemindai wajah untuk keamaman, Samsung Galaxy A15 juga memiliki sistem keamanan standar bisnis dari Samsung Knox. Sistem ini diklaim aman dan sebelumnya hanya ada di seri Galaxy S saja.
 
Samsung Galaxy A15 5G juga sudah dilengkapi oleh NFC namun fitur yang menarik adalah Protect Battery pada pengaturan Baterai. Jadi pengisian maksimal baterai bisa dibatasi hingga 85 persen saja untuk memperpanjang usia baterai.
 
Makin komplit, saat Power Saving diaktifkan maka akan tersedia menu untuk mengurangi kecepatan kinerja CPU atau chipset hingga 70 persen saja serta mengurangi kecerahan layar 10 persen. Tidak hanya itu fitur fast charge juga bisa dinonaktifkan secara manual jika perlu.
 
Makin canggih pada fitur Game Booster ternyata Samsung Galaxy A15 5G mendukung fitur bypass. Jadi saat hape digunakan bermain dalam kondisi tersambung charger, listrik daeri charger tidak akan mengisi baterai dan akan langsung tersedot ke perangkat saat bermain.
  
Efeknya, usia baterai akan lebih awet dan efek panas dari bermain sambil dicas akan berkurang. Fitur semacam ini hanya akan dijumpai pada hape gaming premium. Syaratnya harus menggunakan charger berdaya 25W atau lebih dan sayangnya Samsung tidak menyediakan charger di dalam kotaknya.

Kamera dan Video

Samsung Galaxy A15 5G memiliki tiga kamera belakang kemampuan 50MP lensa wide, kamera 5MP ultrawide dan kamera macro 2MP. Kamera depannya di kemampuan 13MP. Ya, di harga yang ditawarkan kini pengguna bisa merasakan kualitas foto dari kamera 50MP.

  
Tentu saja kami tidak menaruh harapan kualitas foto dari kamera Samsung Galaxy A15 bisa sekelas Samsung Galaxy S23 tapi ternyata foto yang dihasilkan cukup memuaskan untuk harganya.

Kami mencoba mengambil foto dengan mode Auto dari kameranya dan beberapa mode yang sudah ada. Hasilnya foto kamera Samsung Galaxy A15 5G ini tergolong bagus dan memiliki auto fokus yang cukup cepat.
 
Soal kemampuan perekaman video, kamera belakang Samsung Galaxy A15 bisa merekam resolusi FHD 1080p di 30fps demikian juga kamera depannya.

Performa dan Baterai

Samsung Galaxy A15 5G menggunakan chipset MediaTek Dimensity 6100+, berbeda dari versi 4G yang mengandalkan MediaTek Helio G99. Menurut pengalaman saat menggunakan, kami tidak menemukan rasa nge-lag atau lelet di Samsung Galaxy A15 5G ini.

Untuk skor benchmark yang sudah didapat dari pengujian menggunakan aplikasi 3DMar. Skornya cukup bagus untuk hape dengan chipset MediaTek Dimensity 6100+.  

Fitur lain di dapur pacunya adalah RAM Plus untuk menyediakan tambahan RAM hingga maksimal 8GB. Samsung juga menyediakan slot MicroSD untuk dipasangkan kartu memori hingga 1TB.

Samsung Galaxy A15 bisa bermain PUBG Mobile di kualitas grafis HD dan frame rate High. Bagaimana dengan baterainya? Baterainya memiliki kapasitas 5.000 mAh yang punya fitur pengisian cepat 25W.

Samsung mengklaim baterainya bisa terisi hingga 50 persen dalam 30 menit jika dipasangkan charger 25W. Sekali lagi, Samsung tidak menjual charger dalam satu paket melainkan bonus untuk pembelian pada periode penjualan perdana.
 
Kesimpulan
Samsung Galaxy A15 4G menawarkan spesifikasi yang menarik dengan tampilan tidak membosankan untuk hape di kelas harganya. Chipset MediaTek Dimensity 6100+ yang ditanamkan masih dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat Samsung Galaxy A15 bisa memberikan pengalaman penggunaan yang memuaskan.

Spesifikasi Samsung Galaxy A15 5G

Dimensi                   : 160.1 x 76.8 x 8.4mm; 200 gr

Prosesor                 : MediaTek Dimensity 6100+

CPU                         : ARM Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)

GPU                         : Mali-G57 MC2

OS                           : Android 14/One UI 6

RAM                         : 8GB

Memori Internal : 256GB

Kamera utama    : 50 MP, f/1.8 + 5 MP, f/2.2 + 2 MP, f/2.4

Kamera depan    : 13 MP, f/2.0

Baterai                     : 5000 mAh, fast charge 25W

Layar                        : 6,5 inc, Super AMOLED FHD 90Hz

Harga                       : Rp3.599.000

Plus

Tampilan/desain menarik terasa premium

Layar Super AMOLED

Kapasitas RAM/memori besar

Fitur Game Booster ada bypass charge

Fitur baterai awet

Minus

Tidak tersedia charger bawaan

Chipset tergolong lawas atau jadul

(Icha)

Latest

Galaxy S24 Ultra Titanium, Kuat dan Tahan Lama Tapi Tetap Mewah dan Elegan

Telko.id - Samsung kembali membuat gebrakan di industri smartphone dengan meluncurkan...

Bose Open Earbuds, Tak Perlu Putus Dari Dunia Luar!

Telko.id – Bose Open Erabuds dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan...

Lenovo, Pamer Laptop Layar Transparan di MWC

Telko.id – Lenovo meluncurkan konsep laptop yang futuristik -...

Acer Nitro V15 Special Edition, Laptop Gaming Berbekal Intel Core i9 Processor

Telko.id - Menyambut 25 Tahun di Indonesia, Acer Meluncurkan...

Rekomendasi

Galaxy S24 Ultra Titanium, Kuat dan Tahan Lama Tapi Tetap Mewah dan Elegan

Telko.id - Samsung kembali membuat gebrakan di industri smartphone dengan meluncurkan Galaxy S24 Ultra di awal tahun 2024. Smartphone ini tangguh karena menggunakan bingkai titanium, tetapi tetap...

Samsung Galaxy Fit3, Smartband Canggih Di Bawah Rp1 juta!

Telko.id -Samsung Electronics meluncurkan Galaxy Fit3, smartband canggih yang pas sebagai teman setia saat kamu berolahraga karena dilengkapi fitur unggulan, seperti Auto Workout Detection,...

Samsung Gelar Galaxy Campus Pamer Kecanggihan AI

Telko.id - Pesatnya perkembangan teknologi, khususnya di kalangan mahasiswa telah mendorong era society 5.0 saat ini. Kini proses belajar, produktif, hingga pengembangan hobi sangat...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini