Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Tips Fotografi Low Light Gunakan Samsung Galaxy A15 5G

Telko.id – Ambil foto ketika temaram atau kurang cahaya memang cukup menantang. Pasalnya, bukan hanya kemampuan kamera saja yang harus ok, tetapi juga perlu beberapa tips agar hasilnya juga tidak mengecewakan.

Demikian juga dengan Samsung Galaxy A15 5G, yang sudah memiliki kamera yang mumpuni, tapi kalau ditambah dengan menggunakan tips berikut, pasti hasilnya lebih ok.

Sebelum membahas tips fotografi low-light, ada 3 hal dasar yang mempengaruhi pencahayaan gambar (exposure) di ponsel kamu, yaitu shutter speed, ISO dan Aperture.

Pertama, shutter speed menentukan berapa lama cahaya masuk ke dalam sensor kamera. Semakin lama shutter kebuka, maka semakin terang gambar yang didapat. Tapi efek negatifnya adalah hasil foto bakal sedikit blur akibat gerakan yang diterima kamera.

Baca juga : Review: Samsung Galaxy A15 5G, Banyak Fitur Menarik

Sedangkan ISO menentukan seberapa sensitif sensor kamera tersebut nerima cahaya. Semakin besar ISO yang kamu pake, maka semakin terang gambar yang diterima sensor tanpa harus ngubah shutter speed. Sayangnya, semakin tinggi ISO juga berakibat gambar yang lebih noisy.

Untuk aperture (bukaan lensa), semakin besar aperturenya, maka cahaya yang masuk ke sensor juga bakal lebih banyak, hasilnya gambar akan lebih terang. Contohnya aperture f/1,7 jauh lebih besar dibanding f/2,2.

Sebagai informasi, Samsung Galaxy A15 5G memiliki tiga kamera. Kamera utama pada perangkat ini sudah 50MP dengan lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel dengan fitur phase-detection autofokus ditandemkan lensa aperture f/1.8 LED flash yang mampu menangkap gambar lebih jernih dan detail.

Sama seperti kebanyakan smartphone mainstream saat ini, kamera utama Samsung Galaxy A15 5G yang berkekuatan 50MP ini menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 tanpa kehadiran fitur OIS. 

Sensorr Samsung JN1 ini menggunakan teknologi Tetrapixel atau Quad bayer yang menggabungkan empat piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar, sehinggga secara default, ponsel Samsung Galaxy A15 5G menghasilkan foto dengan resolusi 12,5MP.

Kamera kedua Galaxy A15 5G ini mengusung resolusi 5 megapiksel sensor BSI CMOS 1/5 inci yang ditandemkan dengan lensa ultra-wide dengan aperture f/2.2 untuk mengambil foto super wide dengan field of view (FoV) 123 derajat.

Sedangkan kamera ketiga Samsung Galaxy A15 5G berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa aperture f/2.4 berfungsi sebagai dedicated macro.

Kamera depan Samsung Galaxy A15 5G ini berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/3.1 inci 1.12um piksel dengan lensa aperture f/2.2 fixed focus yang cukup mumpuni untuk foto selfie dan video call. Kamera depan maupun belakang Galaxy A15 5G ini dapat merekam video dengan resolusi hingga Full HD @30 fps.

Ok, sekarang kita mulai dengan beberapa tips memaksimalkan kamera Samsung Galaxy A15 5G untuk kondisi low light.

#1 Gunakan Native Aspect Ratio & Resolution

Banyak orang yang tidak sadar akan hal ini, tapi ternyata ini sangat berpengatuh terhadap kualitas foto yang kami ambil. Ada beberapa ponsel yang dibuat menggunakan aspect ratio 4:3 ada juga yang 16:9.

Misal kamera Galaxy A15 5G secara default menggunakan ratio 4:3 tapi ada juga pilihan 9:16, 1:1 dan Full. Misalnya memilih yang 9:16, sebenarnya yang terjadi adalah kamera akan tetap foto menggunakan aspect ratio 4:3, setelah itu foto tersebut langsung otomatis di-crop menjadi 16:9. Hasilnya? Resolusi yang diperoleh tidak maksimal dan kualitas foto pun bakal menurun.

#2 Gunakan Pro Mode (Mode Manual)

Banyak sebutan yang digunakan untuk mode manual, kalau di ponsel Samsung kamu bakal ketemu dengan istilah Pro Mode. Apa sih maksudnya? Ini adalah sebuah mode dimana kamu bisa lebih bebas menentukan bagaimana kamera kamu akan mengeksekusi situasi yang ada di depan kamera.

Mulai dari pengaturan filter, fokus, white balance, hingga shutter speed. Semua elemen tadi bisa kamu atur sesuai keinginan dan kebutuhan kamu, jadi kamu bisa lebih mengeksplorasi kreatifitas kamu!

#3 Mainkan Shutter Speed

Semakin besar ISO maka hasil foto kita bakal banyak noise, untuk itu kalau kamu lagi dalam kondisi low-light, usahakan kamu cuma pake ISO di angka 600-800 agar gambar yang diperoleh bisa tetap tajam.

Jika masih gelap, saatnya kamu mainkan shutter speed. Coba terus eksperimen untuk nemuin pengaturan yang pas untuk situasi pencahayaan yang kamu hadapi.

#4 Stabilkan Tangan Kamu

Karena Samsung Galaxy A15 5G ini belum memiliki OIS atau (Optical Image Stabilization) maka untuk mendapatkan hasil foto yang baik, usahakan tidak bergerak atau ada baiknya juga tahan nafas.

Bisa juga kamu cari dinding atau kaki kamu sebagai tempat untuk sandaran tangan kamu, sehingga hasilnya bisa lebih stabil. Kalau kamu masih punya kesulitan untuk ngendaliin tangan kamu, bisa cobain pake tripod supaya hasilnya lebih maksimal.

#5 Tentukan White Balance Yang Tepat

Mungkin kamu lebih suka gambar yang hangat, atau bisa jadi lebih suka yang lebih adem. Untuk itu kamu bisa bereksperimen, misalnya lagi di kafe dan pengen foto makanan, kamu bisa cobain pake White Balance yang lebih hangat, jadi makanan yang kamu foto jadi tampak lebih menarik dan sedap dipandang. (Icha)

Latest

Samsung Promosi Bespoke AI Laundry Combo lewat Film Inside Out 2

Telko.id – Samsung mempromosikan Bespoke AI Laundry Combo lewat...

Iduladha 1445 H, Telkomsel Berbagi Keberkahan Pada 43.000 Masyarakat

Telko.id - Memperingati Iduladha 1445 H, Telkomsel kembali melangsungkan...

PocoPad Hadir Berbekal Xiaomi HyperOS dan Memori Besar

Telko.id – Xiaomi menambahkan lini baru di sub brandnya...

Indosat dan Google Cloud, Siapkan Pengalaman Digital Berbasis AI di Seluruh Indonesia

Telko.id -  Indosat Ooredoo Hutchison (“Indosat” atau “IOH”) dan Google Cloud melanjutkan...

Rekomendasi

Samsung Promosi Bespoke AI Laundry Combo lewat Film Inside Out 2

Telko.id – Samsung mempromosikan Bespoke AI Laundry Combo lewat Film Inside Out 2, karena memang jika berurusan dengan cucian kotor bisa sangat melelahkan. Apalagi harus...

Samsung Galaxy Tab S9 FE, Pas Buat Mahasiswa Dengan Segudang Aktivitas

Telko.id – Samsung Galaxy Tab S9 FE series optimalkan pengerjaan tugas kuliah dengan lebih efisien, bikin kamu yang sibuk bisa saving time untuk mengejar...

Samsung Rancang Teknologi AI dengan Pendekatan Human-Centric dan Hybrid

Telko.id - Samsung melihat bahwa pendekatan hybrid pada teknologi AI merupakan solusi yang praktis. Apalagi, saat ini, kita sedang berada di awal yang paling...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini