Latest Phone

Oppo Pad Air2

Tecno Spark Go 2024

Oppo Reno11 Pro (China)

Oppo Bakal Tutup Divisi Chipset nya, Kenapa?

Telko.id – Pembuat smartphone terkemuka China Oppo mengatakan akan menutup divisi chipset nya dan menghentikan pengembangan chipnya sendiri, dengan alasan pasar smartphone yang suram dan ketidakpastian dalam ekonomi global.

Oppo, pembuat handset nomor 4 dunia berdasarkan pengiriman, mengonfirmasi pada hari Jumat akan “menghentikan operasi” ZEKU, unit pengembangan chipset andalan perusahaan dan membatalkan pengembangan chipnya sendiri. Penutupan itu pertama kali dilaporkan oleh media lokal China.

Penutupan ini akan berdampak pada beberapa chipset dalam seri Marisilicon yang khas, termasuk prosesor sinyal gambar berkemampuan AI (ISP) dan chipset Bluetooth-nya, serta prosesor smartphone yang akan datang yang memanfaatkan teknologi produksi chip mutakhir yang sama Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. digunakan untuk memproduksi chip untuk iPhone Apple.

“Karena ketidakpastian dalam ekonomi global dan industri smartphone, kami harus melakukan penyesuaian yang sulit untuk pengembangan jangka panjang,” kata Oppo kepada Nikkei Asia dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.

Baca juga : Oppo Find N2 Flip, Hadir Seharga Rp15 Jutaan, Ini Kelebihannya!

Langkah kejutan Oppo menyoroti hambatan masuk yang tinggi bagi pembuat elektronik yang ingin terlibat dalam pengembangan chip. Mengembangkan chip untuk elektronik konsumen canggih dan telepon pintar membutuhkan investasi ratusan juta dolar dan komitmen untuk jangka panjang. Menjadi hemat biaya membutuhkan pengiriman jutaan unit setiap tahun, kata para eksekutif industri chip kepada Nikkei Asia.

Saat ini, hanya pemain berkantung tebal Apple dan Samsung yang mengembangkan chip seluler mereka sendiri dan chip lain untuk produk mereka sendiri. Memiliki chip yang disesuaikan membuatnya lebih mudah untuk menyematkan fitur atau algoritme unik ke dalam produk, yang pada gilirannya membantu mereka menonjol dari pesaing.

Juara teknologi China Huawei Technologies memiliki unit chip yang kompetitif, HiSilicon, dan merancang semua chip intinya untuk peralatan telepon pintar dan telekomunikasi sebelum tindakan keras oleh pemerintah A.S. membatasi aksesnya ke teknologi produksi chip mutakhir.

Oppo menjadi berdedikasi untuk mengembangkan chipnya sendiri setelah melihat dampak dari tindakan keras AS terhadap Huawei, Nikkei Asia melaporkan sebelumnya. Namun, merancang chipnya sendiri membutuhkan upaya jangka panjang.

Pasar smartphone telah mengalami penurunan yang parah, turun 11,3% pada tahun 2022 dari tahun sebelumnya, menurut IDC. Untuk tahun 2023, IDC memperkirakan pasar dapat terus menurun.

Presiden Penjualan dan Layanan Luar Negeri Oppo Billy Zhang mengatakan kepada Nikkei Asia dalam sebuah wawancara pada bulan Februari bahwa perusahaan melihat ketidakpastian di masa depan dan mengharapkan koreksi pasar dapat bertahan hingga periode Juli-September tahun ini meskipun keberhasilan peluncuran smartphone lipatnya.

Sebagi informasi, Zeku didirikan pada tahun 2019, dimaksudkan untuk bekerja di jalur yang mirip dengan divisi Silicon internal Apple Inc., yang mengembangkan prosesor utama di iPhone, iPad, dan komputer Mac.

Grup Oppo ditugaskan merancang prosesor aplikasi, modem, dan solusi konektivitas lainnya seperti suku cadang Wi-Fi dan Bluetooth. Itu memiliki lokasi di Shanghai, Xi’an, Beijing dan Chengdu, menurut situs webnya. Unit Shanghai-nya memiliki hampir 200 paten, banyak di antaranya terkait semikonduktor, menurut Tianyancha, platform data pendaftaran perusahaan.

Zeku mengembangkan chip pemrosesan gambar MariSilicon X yang diluncurkan pada akhir 2021, yang sejak saat itu telah menjadi perlengkapan di perangkat unggulan Oppo. (Icha)

Latest

Smartfren Home, Tawarkan Wireles Router Buat WiFi di Rumah

Telko.id - Smartfren meluncurkan Smartfren Home yakni layanan WiFi...

Telkomsel Bersama Telkom Gelar Solution Day 2024, Ini Targetnya!

Telko.id – Telkomsel bersama Telkom menggelar Solution Day 2024,...

Tronsmart Hadirkan Sederet Speaker Bluetooth Portabel

Telko.id - Tronsmart audio secara resmi hadir di Indonesia...

Ini Manfaat, 4 Operator Indonesia Hadirkan Layanan API GSMA Open Gateway

Telko.id – Empat operator Indonesia yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo...

Rekomendasi

Oppo Siapkan Beragam Perangkat IoT di 2024

Telko.id - Oppo kembali bakal memperkenalkan sederetan perangkat IoT terbaru nya. Langkah ini merupakan bentuk komitmennya mendukung kesehatan masyarakat Indonesia yang dihadirkan dalam inovasi...

Oppo Reno11 F 5G Resmi Hadir, Ini Spesifikasi dan Harganya!

Telko.id - Hari ini, Oppo resmi melengkapi lini Reno11 Series 5G dengan kehadiran Reno11 F 5G yang membawa tampilan dinamis, 64MP Ultra-Clear Triple Camera,...

Oppo A79 5G Kini Bisa Dibeli Offline

Telko.id – Oppo Indonesia untuk membuka pembelian perangkat Oppo A79 5G secara luring di Indonesia mulai tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Hal ini dilakukan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini