Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Huawei dan Telkomsel Siap Kembangkan Kota Berbasis 5G

Telko.id – Huawei dan Telkomsel siap kembangkan kota berbasis 5G. Hal ini diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU).

MoU ditandatangani oleh Nugroho, Chief Technology Officer (CTO) Telkomsel, dan Wang Xu, Account Director Huawei untuk Telkomsel.

Sementara, acara penandatanganan disaksikan oleh Hendri Mulya Syam, Presiden Direktur Telkomsel; Bharat Alva, Director of Information Technology Telkomsel; Wang Soon Nam, Director of Planning & Transformation Telkomsel; Wang Tao, Executive Director, Chairman of ICT Infrastructure Managing Board, Huawei; Lin Baifeng, President of Huawei Asia Pacific Region; Jacky Chen, CEO Huawei Indonesia; dan Wang Benzhi, CEO of Huawei Indonesia Carrier & Network Business Group.

Keduanya akan menyelenggarakan riset, verifikasi, dan peluncuran teknologi serta aplikasi 5G terbaik di kelasnya, meningkatkan efisiensi energi, serta menciptakan pengalaman 5G terbaik dan mengeksplorasi berbagai nilai tambah yang dapat ditawarkan teknologi 5G bagi bisnis.

“Telkomsel merupakan mitra strategis Huawei dalam jangka panjang. Telkomsel memainkan peran penting dalam menyediakan akses terhadap 5G, sekaligus mewujudkan transformasi digital Indonesia. Sebagai mitra, Huawei akan mendukung Telkomsel untuk menjadi penyedia solusi dan layanan penunjang gaya hidup baru pada era digital yang tepercaya dan bertaraf global,” kata Simon Lin, President of Huawei Asia Pacific Region mengatakan dalam pidato sambutannya.

Bagi Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler secara konsisten terus memastikan menjadi yang terdepan dalam pemanfaatan dan pengembangan teknologi jaringan terdepan untuk memastikan ketersediaan dan kenyamanan konektivitas digital bagi masyarakat Indonesia.

Sukses menjadi operator pertama di Indonesia yang menggelar jaringan dan layanan 5G secara komersial di Indonesia, kini Telkomsel bersama seluruh pemangku kepentingan, termasuk Huawei sebagai salah satu mitra strategis, akan mendorong penguatan ekosistem layanan berbasis teknologi 5G untuk di berbagai sektor, baik itu segmen korporasi, industri, consumer, hingga institusi pemerintahan, termasuk pengembangan smart city.

“Kami percaya, kolaborasi serta sinergi dengan para mitra, yang kali ini semakin diperkuat bersama Huawei, dapat mengaselerasikan adopsi dan adaptasi pemanfaatan teknologi 5G yang lebih inklusif dan berkelanjutan,” kata Nugroho, Chief Technology Officer (CTO) Telkomsel.

Pada bulan Mei 2021, Telkomsel menjadi operator pertama yang meluncurkan layanan 5G secara komersial. Dengan cakupan tahap awal di 9 kota, termasuk Jakarta, dan kini terus berkembang secara bertahap dan terukur, agar masyarakat luas lebih bisa menikmati layanan 5G.

Sebagai salah satu mid-band yang ideal, frekuensi 2,3 GHz menggabungkan tingkat rasio offload 4G yang tinggi dengan kecepatan tinggi yang dihadirkan 5G. Saat ini, frekuensi 2,3 GHz telah diluncurkan dan diterapkan oleh 73 operator di 49 negara dan kawasan di seluruh dunia.

Atas kesuksesan dan seruannya yang konsisten terhadap implementasi frekuensi jaringan tersebut, Telkomsel mendapatkan penghargaan “2.3 GHz Market Development Award” dari GTI pada Mobile World Congress 2023.

Nugroho lebih lanjut menjelaskan, pada fase kontruksi 5G secara strategis, Telkomsel meyakini bahwa inovasi bersama yang dijalin Huawei akan mendorong verifikasi dan implementasi solusi teknologi nirkabel (wireless) di Indonesia secepat mungkin, serta mengakselerasi transisi dari 4G menuju 5G dan menghadirkan pengalaman 5G yang prima dan menguntungkan lebih banyak konsumen.

Wang Xu, Account Director Telkomsel untuk Huawei, mengatakan bahwa Huawei akan terus mendukung Telkomsel dengan cara memanfaatkan pengalaman bisnisnya yang mendalam dan juga solusi 5G terbaik di kelasnya, seperti Massive MIMO. Sehingga, diharapkan Telkomsel dapat membangun infrastruktur 5G yang optimal, menyediakan konektivitas dan layanan berkualitas tinggi bagi konsumen pribadi maupun perusahaan, dan konsisten menjadi pemimpin di ranah 5G.

Kata-kata “I Do” merupakan komitmen yang terus dijunjung tinggi oleh Huawei Indonesia selama lebih dari 22 tahun. Dipandu oleh komitmen tersebut, Huawei telah berkontribusi terhadap peningkatan ekosistem digital di Indonesia melalui pembangunan infrastruktur dan persiapan talenta digital di Tanah Air, yang menggandeng mitra strategisnya di lingkup pemerintah, industri, akademisi, dan komunitas. (Icha)

Latest

Redmi Pad Pro, Layar Luas Pas Menunjang Kreativitas dan Hiburan

Telko.id - Xiaomi Indonesia hari ini (23/7) resmi meluncurkan...

Jelang HUT RI ke-79 di IKN, Telkom Pastikan Kesiapan Infrastrukturnya

Telko.id - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah...

Review Proyektor Acer BS-321: Dengan 4.800 Lumens, Pas untuk Segala Kebutuhan

Telko.id - Acer memiliki rangkaian produk yang lengkap dari...

Erajaya Hadirkan 3 Seri Speaker Marshall Homeline III

Telko.id - Erajaya Active Lifestyle meluncurkan jajaran speaker terbaru...

Rekomendasi

Telkomsel Komunitas Sehat, Targetkan Kualitas Masyarakat Yang Lebih Baik!

Telko.id - Telkomsel meluncurkan solusi kesehatan satu pintu terbarunya, yakni Komunitas Sehat. Yang jadi target tentu adalah kualitas masyarakat yang lebih baik. Dalam Komuntas Sehat...

Ingin Ganti TWS, Cek Dulu 4 Keunggulan Huawei FreeBuds 6i Ini!

Telko.id - Ingin ganti TWS tapi masih bingung? Coba cek keunggulan dari Huawei FreeBuds 6i yang bakal meluncur ke pasar 25 Juli mendatang pukul...

Telkomsel Gelar Baktiku Negeriku 2024, Fokus Tingkatkan Ekonomi Desa

Telko.id -  Telkomsel meluncurkan kembali program Corporate Social Responsibility (CSR) "Baktiku Negeriku", yang mengedepankan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG). Program ini dirancang untuk meningkatkan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini