Latest Phone

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Tecno Spark 20

Axioo Klaim Jadi Vendor Paling Siap Penuhi TKDN

Telko.id – Bicara tentang handset 4G tentu tidak lepas dari TKDN, atau lebih dikenal sebagai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Bahasan terkait ini begitu populer belakangan ini dikarenakan peraturan pemerintah itu mewajibkan para vendor 4G untuk memasukkan setidaknya 30% kandungan lokal di setiap produknya. Nah, sudah siapkah mereka?

Salah satu vendor lokal, Axioo, yang baru saja merilis dua smartphone 4G teranyarnya, Axioo Venge dan Axioo Venge X mengaku sangat siap dengan ketentuan yang dibuat Pemerintah tersebut, yang rencananya akan mulai diaplikasikan pada 1 Januari 2016 mendatang.

Ditemui dalam acara peluncuran produk terbarunya kemarin, Kamis (26/11), Samuel Lawrence, CEO Axioo menyebut bahwa perusahaan yang dipimpinnya hanya perlu menambah beberapa persen saja dari batas minimum TKDN yang diharuskan. Bahkan di tahun 2016 nanti, perusahaan akan lebih berkonsentrasi pada pengembangan software lokal.

“Untuk software sendiri sudah menyumbang 20% dari TKDN, sementara aplikasi tambahan lainnya belum dihitung dan kami yakin untuk target TKDN tidak akan ada masalah,” ungkap Samuel.

Sebagai informasi, Axioo saat ini diketahui mengembangkan software sendiri untuk handset 4G besutannya. Selain itu, mereka juga sudah memiliki pabrik perakitan di kawasan Pulogadung yang mampu memproduksi sekitar 300 ribu smartphone setiap bulannya.

Samuel juga mengklaim bahwa smartphone 4G Axioo telah memenuhi sekitar 20% TKDN apapun metode perhitungan Pemerintah nantinya. Ia bahkan menyebut bahwa di Departemen Perindustrian, Axioo menjadi salah satu vendor yang berada di urutan teratas untuk persiapan pemenuhan TKDN.

Samuel menambahkan bahwa baterai dan charger pada smartphone buatannya juga berasal dari Indonesia. [ak/if]

 

Latest

Presiden Groundbreaking Telkom Smart Office di IKN

Telko.id - Sebagai upaya untuk mendukung percepatan pembangunan Ibu...

Oppo Watch X Unik, Ada Fitur Dukung Olahraga Badminton

Telko.id - Oppo resmi meluncurkan jam pintar flagship terbaru...

4 Alasan, Huawei FreeBuds Pro 3 Pas Buat Teman Keseharianmu

Telko.id - Hari ini, Huawei resmi meluncurkan Huawei FreeBuds...

Indosat dan Nokia Kolaborasi Tingkatkan Talenta Digital Indonesia Adopsi AI

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mengumumkan...

Rekomendasi

Tecno Spark 20 Pro Series, Seharga Rp.2 jutaan Pas Buat Gen Z

Telko.id - Tecno Spark 20 Pro Series resmi hadir yang merupakan seri lanjutan dari Tecno Spark 20 Series yang telah diluncurkan Januari lalu. Tecno...

Chipset Exynos 2400 di Samsung Buat Galaxy S24 dan S24+ Ngacir!

Telko.id - Samsung Galaxy S24 Series sukses mendapat animo luar biasa dari konsumen di Indonesia berkat pengalaman terbarukan dari Galaxy AI yang tak bisa ditemukan...

Acer Manufacturing Indonesia Terus Lanjutkan Berkarya di Indonesia

Telko.id - Acer Manufacturing Indonesia (AMI), fasilitas produksi Acer di Indonesia, memperingati 12 tahun berkarya untuk bangsa. Hadir di Indonesia sejak Januari 2012 sebagai wujud...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini