Telko.id – Sebagai merek lokal Advan, boleh dibilang sebagai salah satu brand yang mampu bertahan hingga saat ini. Bahkan, posisi merek lokal ini di industri pun tidak mengecewakannya. Mampu bersanding dengan brand global di posisi 4 dibawah setelah Samsung, Oppo dan Asus.
“Untuk tablet, kita boleh bangga karena mampu menempatkan diri pada posisi pertama di Asia Pasific. Untuk smartphone memang masih di posisi 4,” ujar Andi Gusena, Brand Director Advan menjelaskan dalam pertumbuhan akhir tahun dengan media.
Andi menambahkan bahwa “Jika quantity tablet dan smartphone digabungkan kita sebenarnya sudah dalam posisi 2. Pasalnya, yang lain tidak dibedakan antara smartphone dan tablet nya”.
Pada 2016 lalu, industri smartphone memang cukup berat. Namun tetap saja ada pertumbuhan. “Untuk Advan di 2016 terjadi growth sekitar 8%. Itu sebabnya, kami juga optimis bahwa 2017 juga akan tumbuh,” ujar Tjandra Lianto, Marketing Director Advan menjelaskan.
Terlebih, kini sudah hadir Advan G1 yang akan menjadi ‘flagship’ di tahun 2017. “Advan G1 membuat kami lebih percaya diri untuk bertarung di 2017, dengan Samsung sekalipun. Karena kami yakin, produk kami berkualitas dan berdaya saing. Disamping itu, masyarakat Indonesia semakin percaya kepada Advan bahwa Advan adalah brand nasional, karya anak bangsa dan satu-satunya yang mampu menandingi gempuran brand global,” ujar Tjandra.
Tjandra sendiri melihat bahwa 2017 akan terjadi pertarungan brand yang sangat ketat. Terlebih banyak brand baru juga yang mulai masuk ke Indonesia.
“Smartphone Advan G1 ini dihasilkan dari survei yang dilakukan sejak pertengahan tahun 2016 dan menghasilkan spesifikasi smartphone yang benar-benar sesuai dengan keinginan masyarakat Indonesia. Jadi kami yakin, produk ini tidak kalah dengan merek global. Apalagi harga lebih terjangkau,” ujar Hasnul Suhaimi, sebagai Project Director Advan G1 menjelaskan. (Icha)