Telko.id – Salah satu merek nasional yang masih bertahan dan diperhitunkan dalam pasar smartphone adalah Advan. Kemampuannya untuk mencari celah pasar dan menahan pengeluaran untuk marketing adalah satu strategi yang diterapkan merek ini. Seperti yang dilakukan untuk produk Advan G1 Pro.
Advan G1 Pro sebagai kelanjutan dari Advan G1 yang diluncurkan pada awal tahun ini memberikan keunggulan baru tetapi dengan harga yang lebih murah dari pada ‘kakak kandungnya’. Hanya Rp.1.899.000. Targetnya adalah mensasar generasi milenial. Ceruk pasar yang dianggap sangat potensial. Hanya saja, Advan tidak mau gegabah untuk langsung menerapkan secara nasional. ‘Proyek’ peluncuran produk barunya ini untuk tahap pertama akan dilakukan hanya di Jawa Timur dan melalui market place Lazada.
Jawa timur ini sengaja dipilih oleh Advan untuk penjualan produk barunya. “Jawa Timur ini dipilih karena dari sisi SDM, Channel Distribution dan lain sebagainya sudah lebih siap dibandingkan dengan wilayah lain,” kata Tjandra Lianto, Direktur Marketing Advan menjelaskan. Disisi lain, jika dilihat dari market share Jawa Timur untuk produk Advan cukup baik. Sekitar 11 -12%.
Tjandar juga menambahkan “Kami jika harus berhadapan head to head dengan merek lain yang cukup besar dana promosi dan marketingnya pasti kalah. Jadi kami harus mencari jalan lain untuk tetap diterima pasar. Dan kami melihat bahwa generasi milenial ini cukup besar”.
Dengan langkah ini, Tjandra mengaku bahwa budget marketing yang dikeluarkan bisa sangat efisien. Setidaknya, sekitar 70 – 80% biaya bisa dipangkas. Namun, tetap Advan akan menggunakan produk ambassador. Pilihannya juga bukan artis yang sudah terkenal melalui TV atau media tradisional tapi artis yang dikenal di media social. Ya, yang dipilih ada GAC. Group penyanyi muda yang terdiri dari Gamaliel, Audrey dan Cantika. Group vocal ini dikenal melalui youtube.
“Sengaja kami mengambil GAC sebagai produk ambassador karena sesuai dengan target market yang disasar oleh Advan untuk produk G1 Pro ini,” kata Adi Gusena, Brand Director Advan menjelaskan. Terlebih, G1 Pro ini diawal peluncurannya hanya mensasar ceruk pasar yang sangat kecil. Namun, jika sukses ‘proyek’ di Jawa Timur ini, akan menjadi pilot project untuk di daerah lain. Uji pasar ini akan dilakukan hingga bulan Agustus mendatang.
Advan G1 Pro akan dipersiapkan sebanyak 20 ribu unit setiap bulannya. Artinya, jika sampai akhir tahun saja bisa mencapai 120 unit. Angka yang cukup optimis untuk sebuah produk yang mensasar ceruk pasar yang unik.
Kenapa Advan sangat optimis dengan produk barunya? Salah satu yang diunggulkan adalah fitur keamanan canggih yang dibenamkan dalam produk ini. Seperti Advan Security, X-Locker, Privacy System, fingerprint, enkripsi yang mendukung data privasi pengguna. Harga terjangkau dengan teknologi kamera mumpuni serta audio yang berkualitas tinggi.
Terlebih, belakangan ini banyak sekali masalah keamanan yang menyangkut penggunaan smartphone seperti serangan malware, virus, peretasan data, dan sebagainya. Bahkan melibat tokoh terkenal seperti selebritis. “Hal ini menjadi concern kami untuk mengembangkan smartphone dengan tingkat keamanan data yang lebih baik dengan merilis Advan G1 Pro,” kata Tjandra.
Selain itu, karena Advan G1 Pro ini diperuntukan bagi para melenial Kamera yang dibenamkan juga sudah lebih kaya akan fitur yang membuat pengguna lebih kreatif dalam berfoto. Advan G1 Pro bahkan menjadi produk pertama yang memiliki kamera 13 MP smart chip dan 8 MP Largan lens, dilapisi AF coating. Teknologi Largan telah dipercaya berbagai brand smartphone ternama di dunia.
Dengan teknologi struktur internal dari chip sensor, mampu menghasilkan kecepatan dan fokus area lebih baik sehingga dapat menangkap obyek lebih cepat, tepat, hasil foto lebih tajam dan jernih. Kelebihan kamera utama Advan G1 Pro dengan resolusi 13 MP ini sama dengan Samsung 3L8 smart chip.
Sedangkan kamera depan G1 Pro dengan resolusi 8 MP memiliki kelebihan sama dengan Samsung 4 H8 smart chip yang membuat hasil gambar menjadi lebih jernih dan natural. Kamera depan juga dapat mendeteksi umur dan jenis kelamin penggunanya, ditambah adanya aplikasi built in Beauty Selfie untuk para wanita agar terlihat lebih cantik.
Kamera Advan G1 Pro juga lebih kaya akan fitur, seperti Fun Selfie yang membuat pengguna lebih kreatif dalam berfoto. Fitur lainnya adalah Fun Cam. Dengan fitur ini pengguna akan merasakan sensasi dan keunikan ketika merekam video dengan aksesoris lucu dan imut, seperti kucing, anjing, dll.
Pengguna juga bisa memaksimalkan hasil foto-video karena terdapat fitur Beauty Selfie dan Beauty Video. Fitur ini befungsi untuk mengedit foto atau video agar hasilnya lebih cantik dan lebih keren. Ada beberapa tingkatan level yang bisa difungsikan; level halus, level putih, level kurus, dll. Kosmetik digital ini membuat Anda lebih percaya diri ketika meng-upload hasil foto ke social media. Advan G1 Pro juga bisa mengambil obyek foto dengan efek bokeh (blur) layaknya kamera SLR.
Tak hanya itu, Advan G1 Pro juga dilengkapi fitur unik ‘Shake to shoot’ untuk mengakses kamera dengan cepat tanpa mengubah posisi tangan. Serta ‘Shake to play’ untuk mendengarkan musik menjadi jauh lebih menyenangkan, dengan cukup menggoyangkan perangkat untuk berpindah lagu.
Para Milenial juga disuguhkan speaker ‘gahar’ dengan Titanium Amplifier dan smart amplifier. Teknologi loudspeaker canggih yang disematkan pada G1 Pro ini juga dilengkapi dengan generasi baru menggunakan Chip Smart PA generasi ke-3. Dengan cerdas memaksimalkan kinerja speaker yang menghasilkan suara ngebass dan jernih setingkat Hi-Fi.
Speaker premium didalam ruang akustik titanium memberikan resonansi audio yang lebih sempurna, menghasilkan suara bass yang solid dan spektrum audio yang lebar, demi memanjakan telinga para penggunanya. Pengguna juga dimanjakan dengan earphone premium yang didesain khusus untuk memberikan output suara berkarakter bass yang solid.
Tidak ketinggalan, Advan G1 Pro sudah didukung oleh IDOS (Indonesia Operating System). Sampai saat ini, IDOS telah mencapai versi IDOS 6.1.2 yang memakai basis Android Marshmallow 6.0. Sistem operasi IDOS ini meningkatkan kesempurnaan disaat menjalankan beragam aktivitas dengan ponsel.
Sesuai dengan namanya, IDOS adalah kebanggaan masyarakat Indonesia sebagai operating sistem pertama dan satu-satunya yang dikembangkan oleh brand nasional, yakni Advan.
IDOS memiliki user interface khusus yamg dirancang berdasarkan kebutuhan dan kebiasaan orang Indonesia. Keberadaan IDOS menjadikan tampilan antar muka Advan G1 Pro semakin fresh dan user friendly.
IDOS versi 6 ini memiliki empat update utama, yaitu Security, Smart Management, Power Saving, dan Unique Feature. Dalam Unigue Feature didalamnya terdapat 13 fitur Panduan Muslim, di antaranya, Panduan Membaca Al-Quran, Petunjuk Arah Kiblat, Pengingat Waktu Sholat, Lokasi Terdekat (lokasi masjid, restoran halal & toko terdekat dimanapun Anda berada), Kalender Islam dan Asmaul Husna/Nama Allah, Doa-Doa, Pesan Bergambar, Cerita Nabi, Tasbih Digital, Panduan & Do’a Wudhu, Huruf Hijaiyah, dan Komunitas. (Icha)