Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

90 Persen Karyawan Nokia Indonesia Berasal Dari Tenaga Lokal

Telko.id – Nokia Solution Network (NSN) yang baru saja mengakuisisi Alcatel-Lucent mengkonfirmasi persentasi jumlah karyawan mereka dengan karyawan asingnya di unit bisnis Indonesia.

Hal ini diucapkan oleh Niko Steffanus Sutikno selaku Head of Marketing & Communication Nokia Solutions and Networks Indonesia kepada Tim Telko.id pada saat jumpa media di Jakarta (2/3).

Niko menyebutkan, sekitar 90% karyawan NSN Indonesia berasal dari tenaga lokal alias masyarakat Indonesia sendiri, sementara sisanya berasal dari luar negeri yang juga tidak menetap lama di Indonesia.

“Kami memiliki karyawan sekitar 90 persen orang Indonesia dan sisanya dari luar negeri dan hanya bersifat memberikan training, setelah itu kembali ke negaranya masing-masing,” ucap Niko pada acara Nokia Media Briefing dan Perkenalan lebih lanjut dengan Robert Cattanach selaku Presiden direktur mereka.

Meski tidak menyebutkan berapa angka pastinya, namun angka perbandingan sebesar 90% berbanding 10% ini cukup menggembirakan. Pasalnya, Nokia terkesan sangat memperhatikan tenaga kerja lokal. Hal ini juga sejatinya menjadi angin segar bagi pekerja telko di Indonesia dan bukan tidak mungkin, angka tersebut bisa bertambah seiring dengan proses akuisisi Alcatel-Lucent baru-baru ini.

Disinggung mengenai akuisisi tersebut, Niko menjawab persentasi karyawan lokal dan asing tidak banyak berubah, dengan angka dominan masih dipegang oleh tenaga lokal.

Sekedar informasi, Peraturan Menteri Ketenagakerjaan perihal Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing menyebutkan, Pemberi kerja TKA (Tenaga Kerja Asing) yang memperkerjakan 1 (satu) orang TKA harus menyerap TKI sekurang-kurang nya 10 (sepuluh) orang pada perusahaan pemberi kerja TKA. Dengan persentasi seperti ini, tentunya Nokia masih mematuhi dan memegang teguh peraturan tersebut.

Disamping itu, tingkat kepercayaan Nokia terhadap tenaga kerja Indonesia juga tercermin pada Global Dedicated Center (GDC) mereka di Asia Pasific, dengan tenaga lokal Indonesia yang menjadi mayoritas di sana.

“Ada sekitar 1000 orang dan 500 nya adalah orang Indonesia sebagai network technic yang akan bekerja di seluruh layanan Nokia di Asia Pasific,” ujar Niko.

Sekedar informasi,GDC ini juga berpusat di Indonesia, tepatnya di Menara Mulia, Jakarta. Alasan pemilihan Indonesia adalah karena letak negara kita yang strategis sehingga mudah menjangkau peta bisnis Nokia di Asia Pasific.

Niko juga menyinggung perihal kualitas dan kompetensi para pekerja telko di Indonesia. Menurutnya, SDM di Indonesia tidak kalah dengan SDM asing dalam hal kompetensi.

Latest

Samsung Promosi Bespoke AI Laundry Combo lewat Film Inside Out 2

Telko.id – Samsung mempromosikan Bespoke AI Laundry Combo lewat...

Iduladha 1445 H, Telkomsel Berbagi Keberkahan Pada 43.000 Masyarakat

Telko.id - Memperingati Iduladha 1445 H, Telkomsel kembali melangsungkan...

PocoPad Hadir Berbekal Xiaomi HyperOS dan Memori Besar

Telko.id – Xiaomi menambahkan lini baru di sub brandnya...

Indosat dan Google Cloud, Siapkan Pengalaman Digital Berbasis AI di Seluruh Indonesia

Telko.id -  Indosat Ooredoo Hutchison (“Indosat” atau “IOH”) dan Google Cloud melanjutkan...

Rekomendasi

Acer Swift Series Terbaru Hadir Bertenaga AMD Ryzen AI 300 Series

Telko.id - Acer mengumumkan bahwa seri laptop tipis dan ringan, Swift generasi terbaru akan hadir dengan varian model yang ditenagai prosesor khusus laptop, AMD...

Lenovo LOQ 15IAX9I, Pas buat Gamer Pemula Menuju Arena Pro

Telko.id - Lenovo LOQ 15IAX9I hadirkan laptop yang menyasar gamer pemula menuju arena pro, melengkapi rangkaian solusi dan inovasi gaming yang sudah dimilikinya. Di Indonesia,...

Acer Kenalkan 4 Smart Monitor Terbaru, Pas Buat Segala Kebutuhan

Telko.id - Acer resmi meluncurkan jajaran monitor pintar serbaguna terbaru, yang dirancang untuk menghadirkan pengalaman sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup konsumen yang beragam. Monitor...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini