Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

IDC Cerita Tentang Tren Smart City di Indonesia

Telko.id – Tren Smart City yang meningkat di negara-negara maju dan berkembang menjadi perhatian serius bagi semua stakeholder di wilayah tadi, tak terkecuali di Indonesia. Di Indonesia sendiri tren smart city memang sedang berkembang, terlihat dari beberapa kota besar yang mencoba menerapkan tren ini, namun sangat disayangkan penetrasi smart city tersebut tidak berlangsung di berbagai aspek yang sebetulnya menjadi sebuah kebutuhan bagi warga di kota tersebut.

Fenomena ini menjadi salah satu perhatian dari IDC, khususnya peningkatan minat terhadap smart city di Indonesia. Berdasarkan laporan terbaru IDC bertajuk ‘Building Smart Cities in Indonesia-Embracing Digital Transformation and Innovation across Cities’ menunjukan bahwa adanya peningkatan minat terhadap inisiatif smart ci ty di Indonesia dalam meningkatkan produktivtas dalam negeri, kualitas hidup serta mengatasi masalah ekonomi sosial yang semakin mendesak.

Ditemui pada media Update di kawasan SCBD, Jakarta, Sudev Bangah selaku Country Manager IDC Indonesia dan Filipina menyebutkan bahwa meskipun minat terhadap smart city di Indonesia ini meningkat, namun pergerakannya terlihat hanya di beberapa sektor saja dan tidak mencangkup semua permasalahan yang ada di kota tersebut. Ia juga menyebutkan bahwa, ” Indonesia harus samakan perspsi tentang smart city. Smart city merupakan sebuah kesatuan ekosistem berbasis IT dan IoT, yang jadi masalah addalah penetrasi smart city di Indonesia saat ini masih pada satu kasus saja,” ujarnya pada saat ditemui oleh tim Telko.id (11/4).

IDC juga menjelaskan, urgesi dari penerapan smart city di Indonesia. Mereka mengungkapkan bahwa, dengan banyaknya urbanisasi di kota-kota besar, menyebabkan angka kemacetan di kota tersebut menjadi semakin meningkat. Selain itu, tantangan terhadap power supplly, air bersih, healthcare, safety and security, infrastructure, education dan sanitasi menjadi sebuah alasan mengapa smart city ini perlu dibangun di Indonesia. IDC juga menyebutkan bahwa pemerintah Indonesia berencana untuk mengalokasikan dana sampai lebih dari USD 420 miliar pada proyek infrastruktur semisal telekomunikasi selama lima tahun kedepan.

Namun, IDC menyebutkan bahwa, perkembangan IT bukanlah menjadi sebuah solusi dalam megatas berbagai masalah di Indonesia, peran IT hanya sebagai enabler dari solusi smart city yang harus segera diimplementasikan di Indonesia secara benar.

Sudev menjelaskan, terdapat sebuah peluang untuk menjalin kerjasama antara pemerintah pusat dengan penyedia solusi yang berpengalaman terkait dengan smart city. Smart Buliding Solutio misalnya, adalah sebuah bentuk nyata dari perkembangan smart city. Inisiatif smart city juga dapat menekankan kemampuan para vendor sehingga dapat meningkatkan kapabilitas dan fungsionalitas smart building yang ada.

Ia menjelaskan, “kebanyakan proyek smart city di Indonesia dimulai oeh otoritas pemerintahan lokal maupun regional seperti Telkom, Departemen Transportasi dan BPJS Kesehatan. Namun, banyak dari proyek-proyek ini masih silo (kurangnya komunikasi dan tujuan bersama antar departemen dalam suatu organisasi) yang pada akhirnya sering kali menghadapi masalah ketahanan operasi jangka panjang,” jelassnya. Ia pun meyakini bahwa pemerintah perlu mengambil langkah dan melakukan investasi sehingga mendorong transformasi kota berbasis digital serta mengontrol perkembangan smart city untuk jangka panjang.

IMG_20160411_150825

Disinggung mengenai 5G, Sudev menyebut,”Pemerintah tidak perlu terburu-buru untuk mengimplementasikan 5G, karena keseluruhan masyarakat di Indonesia tidak memerlukan 5G untuk saat ini, mengapa saat ini di Thailand masih menggunakan 3G, karena mereka lebih memikirkan tentang infrastruktur,” sebutnya.

Ia menambahkan, bahwa ada hal yang lebih penting ketimbang 5G saat ini, seperti meningkatkan OTT lokal, smart city dan transportation. Ia juga menyebutkan, perunya edukasi untuk memanfaatkan kemajuan teknologi kepada para masyarakat Indonesia.

IDC mengugkapkan bahwa alsan kota-kota kecil di Indonesia belum mengimplementasikan smart city adalah karena tidak adanya anggaran untuk menciptakan smart city di wilayah mereka. Hal ini tentunya berbeda jauh dari kota-kota besar di Indonesia yang cenderung ‘jalan duluan’ dan menyebabkan terjadi kesenjangan antara kota kecil dan kota besar di Indonesia. Sekali lagi, IDC menghimbau kepada pemerinth pusat untuk segera mencanangkan program smart city berupa ekosistem di semua wilayah Indonesia, agar tidak terjadi kesenjangan sosial antara masyarakat di kota kecil dan kota besar di Indonesia.

Latest

Ini Tiga Kunci Transformasi Digital di Indonesia

Telko.id - Transformasi digital menjadi sangat penting saat ini...

Indosat SheHacks 2024, Kembali Hadir Dukung Pemberdayaan Perempuan

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui...

Pemerintah Sambut Baik Minat Jepang Kembangkan 5G Open RAN di Indonesia

Telko.id – Pemerintah, dalam hal ini Menteri Komunikasi dan...

Menkominfo: Pemerintah Kaji Regulasi Tata Kelola AI

Telko.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah menyiapkan pengaturan...

Rekomendasi

Ini Tiga Kunci Transformasi Digital di Indonesia

Telko.id - Transformasi digital menjadi sangat penting saat ini agar bisnis dibidang apapun tidak terlibas oleh jaman yang sudah masuk ke era teknologi digital....

Mudik Bersama Aspire Lite Special Edition 25th Acer Indonesia, Nyaman dan Asyik

Telko.id – Mudik untuk bersilaturahmi, biasa nya dilakukan satu tahun sekali, pas hari Raya Idul Fitri. Nah, kali ini Telko.id berkesempatan mudik berbekal Acer...

IMD Smart City Index 2024: Indonesia Perlu Perbaikan soal Kemacetan dan Korupsi

Telko.id – Berdasarkan hasil survei Institute Management and Development (IMD) terkait Smart City Indeks (SCI) 2024 menyebutkan bahwa Indonesia perlu perbaikan soal kemacetan dan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini