Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Rudiantara: Palapa Ring Paket Barat Akan diumumkan Minggu Ini

 

Telko.id – Jaringan pita lebar menjadi program pemerintah. Itu sebabnya, pemerintah mencanangkan program Palapa Ring dan pada 2018 sudah selesai pembangunannya sehingga pada 2019 sudah dapat melayani seluruh masyarakat Indonesia.

“Minggu ini, pemenang Palapa Ring akan diumumkan. Paling tidak untuk yang paket Barat terlebih dahulu. Karena paket Barat ini untuk masalah perijinan lebih mudah karena lebih banyak pembangunan di perairan atau laut. Sedangkan paket lain, cukup rumit karena pembangunannya banyak di darat,” ujar Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menjelaskan.

Pada tender Palapa Ring yang dibuka oleh pemerintah memang dibagi dalam tiga paket yakni Paket Barat, Paket Tengah dan Paket Timur. Diharapkan ketiga paket ini dapat tuntas diselesaikan pada 2018 sehingga pada 2019 sudah dapat melayani masyarakat Indonesia.

Untuk mencapai target tersebut, menurut Rudiantara yang sering dipanggil Chief RA pun menyatakan bahwa tidak perlu diumumkan secara bersamaan atau serentak. “Yang penting pada tahun 2018, semua ibu kota kabupaten dan kotamadya sudah terhubung,” demikian Rudiantara menyebutkan.

Pada Paket Barat yang akan diumumkan pemenangnya tersebut akan mencakup lima kabupaten dan kota di Indonesia Barat. Dihubungkan dengan membentang serat optic di laut sepanjang 1.122 Kilometer (KM). Paket Barat ini diperkirakan akan menghabiskan biaya US$40,39 juta.

Yang mengikuti tendet paket Barat ini ada 6 perusahaan yakni PT iForte Solusi Infotek, PT Indosat Tbk, Konsorsium Mora Telematika Indonesia—Ketrosden Triasmitra, Konsorsium Super Sistem Ultima—Huawei, Telkom, dan XL.

Sedangkan Paket Tengah akan meliputi 17 kabupaten atau kota di Indonesia bagian Barat yang akan terhubung dengan serat otik di darat dan laut sepanjang 1.676 KM. Estimasi biaya untuk pembangunan Paket Tengah ini akan mencapai US$47,08 juta. Peserta tender yang ikut memperebutkan Paket Tengah ini ada 6 perusahaan yakni PT iForte Solusi Infotek, PT Indosat Tbk, Konsorsium Pandawa Lima, Konsorsium Super Sistem Ultima—Huawei, Telkom dan XL.

Terakhir, Paket Timur akan meliputi 35 kabupaten atau kota di wilayah timur sepanjang 5.681 KM di laut dan darat. Estimasi biaya untuk Paket Timur ini sebesar US$143,18 juta. Peserta tender untuk Paket Timur ini adalah PT iForte Solusi Infotek, PT Indosat Tbk, Konsorsium PT Matra Mandiri Prima—PT Hitachi High Technologies Indonesia—PT Partibandar Utama, Konsorsium Super Sistem Ultima—Huawei, Telkom dan Huawei.

Secara nasional, pemerintan berharap program Palapa Ring ini mampu menyediakan kecepatan akses internet minimal 20 Mbps di perkotaan dan 10 Mbps di pedesaan. (Icha)

 

Latest

XL Axiata Manfaatkan Starlink Jangkau BTS di Pedalaman

Telko.id – XL Axiata siap mengajak perusahaan milik miliarder...

XL Axiata ‘Tagih” Insentif Implementasi Jaringan 5G di Indonesia

Telko.id - XL Axiata berharap rencana pemerintah memberikan insentif kepada operator...

Layanan Purnajual realme Kini Tersedia Melalui WhatsApp

Telko.id - realme resmi meluncurkan layanan WhatsApp realme Support,...

Nokia Tuntaskan Modernisasi Jaringan 5G XL Axiata di Indonesia

Telko.id - Nokia mengumumkan bahwa telah berhasil menyelesaikan proyek...

Rekomendasi

XL Axiata Manfaatkan Starlink Jangkau BTS di Pedalaman

Telko.id – XL Axiata siap mengajak perusahaan milik miliarder Elon Musk yang memberikan layanan internet berbasis satelit, Starlink untuk bekerja sama. Hal itu disampaikan oleh...

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis laptop seri Swift generasi terbaru Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI...

Review : Acer Aspire 5 Spin 14 Varian Intel Core i5-1335U

Laptop Multifungsi dengan Segudang Inovasi Telko.id - Acer Aspire 5 Spin 14 (A5SP14-51MTN) mengusung konsep laptop convertible yang mendukung beragam aktivitas sehari-hari dengan fleksibilitas tinggi....

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini