Latest Phone

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Tecno Spark 20

ITU: Separuh Penduduk Dunia Sudah Menggunakan Internet

Telko.id – ITU, badan khusus PBB untuk teknologi informasi dan komunikasi (TIK), memperkirakan bahwa pada akhir 2018, 51,2 persen dari populasi global, atau 3,9 miliar orang, akan menggunakan Internet.

“ITU memperkirakan, secara global dan regional di tahun 2018 ini menunjukan langkah besar yang sedang dibuat dunia untuk membangun masyarakat informasi global yang lebih inklusif,” kata Houlin Zhao, Sekretaris Jenderal ITU.

Zhao menambahkan bahwa “Pada akhir 2018, kami akan melampaui 50 / 50 tonggak untuk penggunaan Internet Ini mewakili langkah penting menuju masyarakat informasi global yang lebih inklusif, namun terlalu banyak orang di seluruh dunia yang masih menunggu untuk menuai manfaat ekonomi digital, Kita harus mendorong lebih banyak investasi dari publik dan swasta. sektor dan menciptakan lingkungan yang baik untuk menarik investasi, dan mendukung teknologi dan inovasi bisnis sehingga revolusi digital tidak meninggalkan satu pun secara offline.”

“Perkiraan baru tahun 2018 mengungkapkan bahwa terus ada kecenderungan umum dalam akses dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi,” kata Brahima Sanou, Direktur Biro Pengembangan Telekomunikasi ITU.

Menurut Brahima, akses ke jaringan telekomunikasi terus meningkat, di khususnya dalam koneksi seluler. Namun, keterjangkauan akan terus berada urutan pertama prioritas ITU, terutama agar ekonomi digital menjadi kenyataan bagi semua orang.

Pengguna Internet Dunia

Menurut ITU, di negara-negara maju, pertumbuhan yang lambat dan stabil meningkatkan persentase penduduk yang menggunakan Internet, dari 51,3 persen pada tahun 2005 menjadi 80,9 persen pada tahun 2018.

Di negara-negara berkembang, pertumbuhan telah jauh lebih tinggi peningkatannya, dari 7,7 persen di 2005 menjadi 45,3 persen pada akhir 2018. Dari semua wilayah ITU, pertumbuhan terkuat dilaporkan di Afrika, di mana persentase orang yang menggunakan Internet meningkat dari 2,1 persen pada 2005 menjadi 24,4 persen pada 2018.

Menurut perkiraan, wilayah dengan tingkat pertumbuhan terendah adalah Eropa, dengan 79,6 persen, dan Amerika, dengan 69,6 persen penduduk menggunakan Internet. Sedangkan di wilayah Commonwealth of Independent States (CIS), 71,3 persen akan menggunakan Internet; 54,7 persen di Negara-negara Arab dan 47 persen di kawasan Asia-Pasifik.

Akses Seluler Dunia

Akses seluler kini semakin dominan dibandingkan dengan layanan telekomunikasi dasar. Sementara langganan telepon tetap terus menurun dengan tingkat penetrasi 12,4 persen pada tahun 2018. Sedangkan jumlah langganan telepon seluler terus meningkat bahkan lebih besar dibandingkan dengan populasi global.

Pertumbuhan dalam langganan seluler dalam lima tahun terakhir didorong oleh negara-negara di kawasan Asia-Pasifik dan Afrika. Pertumbuhan kecil di Amerika dan wilayah CIS sementara penurunan diamati di Eropa dan Negara-negara Arab.

Pelanggan Fixed dan Mobile Broadband

Akses broadband terus menunjukkan pertumbuhan yang berkelanjutan. Langganan fixed-broadband terus meningkat. Melanjutkan tren yang dilaporkan pada tahun 2017, ada lebih banyak koneksi fixed-broadband, 1,1 miliar pada tahun 2018 dibandingkan sambungan telepon tetap (942 juta).

Pertumbuhan dalam langganan mobile-broadband aktif telah jauh lebih kuat, dengan tingkat penetrasi meningkat dari 4,0 langganan per 100 penduduk pada tahun 2007 menjadi 69,3 pada tahun 2018.

Jumlah langganan seluler-broadband yang aktif pun terus meningkat.  Dari 268 juta pada tahun 2007 menjadi 5,3 miliar pada tahun 2018. Negara berkembang mencatat pertumbuhan yang jauh lebih cepat dalam langganan broadband seluler dibandingkan dengan negara-negara maju.

Di negara berkembang, tingkat penetrasi telah mencapai 61 per 100 penduduk pada tahun 2018, dengan lebih banyak ruang untuk pertumbuhan lebih lanjut di tahun-tahun mendatang. Di LDC, tingkat penetrasi naik dari nol pada tahun 2007 menjadi 28,4 langganan per 100 pada tahun 2018. Pertumbuhan terkuat dalam langganan broadband seluler telah diamati di Asia-Pasifik, Negara-negara Arab dan Afrika.

Coverage Jaringan Seluler

Hampir seluruh penduduk dunia, atau 96 persen, sekarang tinggal dalam jangkauan jaringan seluler. Selain itu, 90 persen populasi global dapat mengakses Internet melalui jaringan berkecepatan 3G atau lebih tinggi.

Komputer Dalam Rumah Tangga

ITU memperkirakan bahwa, secara global pada tahun 2018, hampir separuh dari semua rumah tangga memiliki setidaknya satu komputer, naik dari hanya di atas seperempat pada tahun 2005. Di negara-negara maju, 83,2 persen rumah tangga memiliki komputer pada tahun 2018, dibandingkan dengan 36,3 persen pada negara berkembang.

LDC menunjukkan pertumbuhan terkuat selama periode 2005-2018. Pada 2018, kurang dari 10 persen rumah tangga di LDC memiliki komputer. Tingkat pertumbuhan terkuat diamati di Negara-negara Arab dan wilayah CIS. Di Afrika, proporsi rumah tangga dengan akses ke komputer meningkat dari 3,6 persen pada tahun 2005 menjadi 9,2 persen pada 2018.

Akses Internet Dalam Rumah Tangga

Akses internet di rumah mendapatkan daya tarik. ITU memperkirakan bahwa hampir 60 persen rumah tangga memiliki akses internet di rumah pada tahun 2018, naik dari kurang dari 20 persen pada tahun 2005. Di negara berkembang, hampir separuh dari semua rumah tangga memiliki akses Internet di rumah, peningkatan yang cukup besar dibandingkan dengan 8,4 persen pada tahun 2005. Perkembangan daerah secara luas mengikuti tren yang diamati untuk rumah tangga dengan komputer. (Icha)

Latest

Sisternet Ajarkan Pentingnya Legalitas Usaha Bagi UMKM Indonesia

Telko.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui...

Transaksi Keuangan Digital Wajib TTD Elektronik Tersertifikasi!

Telko.id - Presiden Joko Widodo telah resmi mengesahkan UU...

Tips Bikin Vlog Ramadan Pasti Mudah dengan Galaxy A15 5G

Telko.id - Mengabadikan momen keseharian memang sudah lekat dengan...

Safari Ramadan 1445 H, TelkomGroup Pastikan Kesiapan Infrastrukturnya

Telko.id - Bersamaan dengan momentum Ramadan dan Idul Fitri...

Rekomendasi

Meriahkan Ramadhan, EZVIZ Luncurkan Tiga Produk Terbarunya

Telko.id - Bulan Ramadhan 1445 Hijriah (2024) adalah momen yang penuh berkah dan kebersamaan. Untuk merayakan semangat Ramadhan yang penuh cinta dan keharmonisan, EZVIZ...

Dukung Indonesia Emas 2045, BCA Hadirkan SYNRGY Academy Batch 7

Telko.id - Bank Central Asia bekerja sama dengan platform edutech BINAR menggelar SYNRGY Academy batch ke-7, sebuah program corporate social responsibility (CSR) berupa beasiswa...

Mulai April 2024 , Lenovo Indonesia Hadirkan Laptop Generasi Terbaru

Telko.id - Lenovo Indonesia akan mengumumkan jajaran produk terbarunya, mulai dari laptop konsumen hingga laptop enterprise. Ini juga termasuk kehadiran ThinkStation P8, Thinkbook 14...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini