Latest Phone

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Ngeri! Scam calls Bakal Merajalela di 2019

Telko.id – Anda pernah menerima panggilan tentang penipuan atau scam calls? Mungkin sebagian masyarakat Indonesia pernah menerima panggilan seperti itu. Ternyata fenomena itu bukan hanya di Indonesia saja, di negara lain pun terjadi. Termasuk juga di Amerika.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh First Orion, di Amerika tahun 2019 scam calls ini akan meningkat. Dan, data nya cukup ‘mengerikan’ karena 45% panggilan yang terjadi pada tahun depan itu merupakan penipuan.

First Orion, sebagai perusahaan teknologi yang menawarkan solusi dalam mengidentifikasi dan memblokir panggilan spam sudah bekerjasama dengan operator di Amerika, termasuk T-Mobile AS melaporkan penelitian pertamanya tentang trend dan proyeksi scam calls. Hasil yang diperoleh berasal dari 50 miliar paggilan ke seluler selama 18 bulan terakhir.

“Dengan menggabungkan pola panggilan khusus dan perilaku dengan atribut nomor telepon lainnya, First Orion sekarang memprediksi bahwa hampir setengah dari semua panggilan ke ponsel akan curang pada 2019 kecuali industri mengadopsi dan menerapkan solusi perlindungan panggilan yang lebih efektif,” kata perusahaan itu.

Bahkan selama setahun terakhir, data First Orion mencerminkan “peningkatan drastis dalam panggilan scam seluler,” dengan tingkat melonjak dari 3,7% dari total panggilan di 2017 menjadi 29,2% pada 2018. Perusahaan memproyeksikan jumlah itu akan mencapai 44,6% pada awal 2019.

First Orion mengatakan bahwa akan gencar menyebarkan” teknologi CallPrinting untuk dipasang dalam jaringan operator Tier 1 pada musim gugur ini. Harapannya, tentu dengan solusi yang ditawarkan ini mampu mengurangi secara signifikan volume lalu lintas penipuan yang diperkirakan akan mulai terasa pada kuartal ke-4 tahun 2018.

Saat ini, operator dan vendor yang sudah menggunakan solusinya adalah T-Mobile, MetroPCS, Boost Mobile, Sky, Virgin Mobile, dan Sprint Prepaid serta merek TracFone, NET10 Wireless, Total Wireless, Straight Talk, dan Simple Mobile, dan aplikasi PrivacyStar untuk perangkat mobile.

Saat ini, di Amerika, industri dan Komisi Komunikasi Federal sudah memprioritaskan untuk menemukan cara-cara memerangi scam calls ini.

“Namun, kami masih melihat peningkatan yang merajalela. Setelah bekerja sama dengan beberapa operator, kami menemukan bahwa solusi dalam jaringan yang memanfaatkan analisis data canggih dan pembelajaran mesin sejauh ini merupakan cara paling akurat untuk menentukan asal panggilan dan mengidentifikasinya sebelum mencapai ponsel Anda,” ujar Charles D. Morgan, CEO dan kepala ilmuwan data First Orion memaparkan, seperti dikutip dari RCR Wireless.

Dalam kesaksian di hadapan subkomite House tentang perdagangan digital dan perlindungan konsumen awal tahun ini, Scott Hambuchen, EVP First Orion untuk solusi dan pengembangan teknologi, mengatakan bahwa perusahaan menyediakan layanan ID Scam-nya ke lebih dari 58 juta pelanggan T-Mobile AS. Bahkan, pada tahun lalu, Hambuchen mengatakan, First Orion mengidentifikasi lebih dari 3,5 miliar panggilan sebagai penipuan: sekitar 12% dari 34 miliar panggilan dianalisis.

“Konsumen ditipu ratusan juta dolar setiap tahun. Namun, untuk tetap tidak menjawab panggilan yang tidak dikenal kini semakin sulit,” Ujar Hambuchen dihadapan subkomite beberapa waktu lalu.

Menurut Hambuchen, pihak nya telah menyediakan data panggilan-keluhan penipuan ke Federal Trade Commission selama lebih dari tujuh tahun, dan pelanggan yang menggunakan layanan First Orion telah menyediakan sebanyak 30% dari keluhan terkait penipuan ke FTC.

Namun, Hambuchen melanjutkan dengan mengatakan bahwa jawaban atas volume besar dari robocalls tidak hanya memblokir semuanya. Robocalls umumnya jatuh ke dalam tiga kategori: panggilan ilegal, termasuk penipuan; panggilan resmi tetapi tidak diinginkan; dan panggilan yang diinginkan, seperti panggilan otomatis dari apotek atau distrik sekolah.

Sebagian besar operator terbesar telah menempatkan beberapa bentuk perlindungan penipuan di tempat dalam setahun terakhir, meskipun bentuk yang tepat bervariasi dari operator ke operator, kata Hambuchen.

Dia juga menunjukkan bahwa ada ratusan aplikasi untuk identifikasi dan pemblokiran panggilan, dibandingkan dengan hanya 85 aplikasi tersebut pada tahun 2016. Industri ini juga mengadopsi strategi yang disebut STIR / SHAKEN, yang bergantung pada token sertifikat, untuk membantu mengidentifikasi panggilan ilegal palsu – tetapi pendekatan itu masih belum efektif. Apalagi, implementasinya masih dalam tahap awal.

Mudah-mudahan, di Indonesia tidak separah di Amerika. (Icha)

Latest

Sisternet Ajarkan Pentingnya Legalitas Usaha Bagi UMKM Indonesia

Telko.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui...

Transaksi Keuangan Digital Wajib TTD Elektronik Tersertifikasi!

Telko.id - Presiden Joko Widodo telah resmi mengesahkan UU...

Tips Bikin Vlog Ramadan Pasti Mudah dengan Galaxy A15 5G

Telko.id - Mengabadikan momen keseharian memang sudah lekat dengan...

Safari Ramadan 1445 H, TelkomGroup Pastikan Kesiapan Infrastrukturnya

Telko.id - Bersamaan dengan momentum Ramadan dan Idul Fitri...

Rekomendasi

Meriahkan Ramadhan, EZVIZ Luncurkan Tiga Produk Terbarunya

Telko.id - Bulan Ramadhan 1445 Hijriah (2024) adalah momen yang penuh berkah dan kebersamaan. Untuk merayakan semangat Ramadhan yang penuh cinta dan keharmonisan, EZVIZ...

Dukung Indonesia Emas 2045, BCA Hadirkan SYNRGY Academy Batch 7

Telko.id - Bank Central Asia bekerja sama dengan platform edutech BINAR menggelar SYNRGY Academy batch ke-7, sebuah program corporate social responsibility (CSR) berupa beasiswa...

Mulai April 2024 , Lenovo Indonesia Hadirkan Laptop Generasi Terbaru

Telko.id - Lenovo Indonesia akan mengumumkan jajaran produk terbarunya, mulai dari laptop konsumen hingga laptop enterprise. Ini juga termasuk kehadiran ThinkStation P8, Thinkbook 14...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini