Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

XL Lebih Pilih RCS Ketimbang Volte

Telko.id – PT XL Axiata selaku operator seluler 4G LTE mengaku lebih memilih RCS ketimbang volte untuk layanan voice di 4G mereka.

Seperti diketahui, teknologi 4G yang semakin merata di semua wilayah Indonesia membuat para penyedia layanan ini bersiap menyongsong sebuah ekosistem  baru untuk memanfaatkan jaringan internet super cepat ini. Teknologi tersebut adalah sebuah fitur panggilan baru yang menyerupai OTT pada umumnya dan tentunya juga akan mengkonsumsi kuota data pengguna bukan pulsa.

RCS (Rich Communication Suite) adalah sebuah OTT yang menyerupai Whatsapp dan Line, nantinya akan digunakan oleh beberapa operator penyedia 4G untuk melakukan panggilan melalui jalur data.

Sementara itu, di Indonesia juga mengenal sebuah teknologi yang nyaris sama yaitu volte. Volte sendiri rencananya akan diaplikasikan oleh Operator Smartfren pada kuartal pertama di awal tahun 2016 mendatang.

Sama halnya dengan Smartfren, Telkomsel juga telah melakukan trial untuk volte pada beberapa waktu yang lalu.

Bagaimana dengan XL? Seperti dibahas diawal, Operator seluler 4G ini cenderung lebih memilih menggunakan RCS ketimbang volte.

Tri Wahyuningsih, selaku GM Corporate Communication XL menyebutkan, “Kalau kita menggunakan volte maka harus ada device yang mendukung juga dan saat ini ketersediaannya sangat terbatas makanya kita lebih pilih RCS karena sudah support dengan semua device,” sebutnya kepada tim Telko.id

Wanita yang akrab disapa Ayu ini menambahkan bahwa pihak XL belum terlalu berkonsentrasi kearah sana, namun mereka sudah melakukan ujicoba pada saat Juli lalu.

Yang membedakan antara RCS dan dan OTT lain seperti Whatsapp adalah RCS bisa melakukan panggilan ke nomor lain yang tidak menggunakan RCS. Sebagai contoh, seseorang yang menggunakan RCS bisa melakukan panggilan ke telepon rumah dengan membebankan pada tarif data.

Pihak XL juga belum memutuskan bagaimana skema tarif yang hendak mereka gunakan untuk ‘billing’ RCS ini.

“Karena saat ini belum ada regulasi yang mengatur mengenai tarif RCS, jadi kami belum bisa memutuskan menggunakan formula apa dalam perhitungan tarif dari RCS ini,” tutupnya.

Latest

XL Axiata Manfaatkan Starlink Jangkau BTS di Pedalaman

Telko.id – XL Axiata siap mengajak perusahaan milik miliarder...

XL Axiata ‘Tagih” Insentif Implementasi Jaringan 5G di Indonesia

Telko.id - XL Axiata berharap rencana pemerintah memberikan insentif kepada operator...

Layanan Purnajual realme Kini Tersedia Melalui WhatsApp

Telko.id - realme resmi meluncurkan layanan WhatsApp realme Support,...

Nokia Tuntaskan Modernisasi Jaringan 5G XL Axiata di Indonesia

Telko.id - Nokia mengumumkan bahwa telah berhasil menyelesaikan proyek...

Rekomendasi

Libur Ramadan dan Lebaran, Trafik Data XL Axiata Meningkat 16%

Telko.id - XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Ramadan dan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 H, antara...

Sambut Lebaran, XL Axiata Perkuat Jaringan di Tiga Jalur Utama Penyeberangan Laut

Telko.id - PT XL Axiata Tbk telah memastikan kesiapan jaringannya guna melayani dan memudahkan arus mudik Lebaran tahun ini di semua lokasi yang akan...

Polda Sumut Gulung Sindikat Pelaku Penipuan dan Pencurian STB XL Home

Telko.id - XL Axiata sangat serius dan tegas dalam menangani kasus pencurian perangkat STB XL Home. Ketegasan sikap XL Axiata ini sudah ditunjukkan dalam...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini