Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Penggunaan OTT Pelanggan Indosat Naik 85,3% Saat Liburan Lebaran

Telko.id – Indosat Ooredoo berhasil mengantisipasi prediksi kenaikan traffic baik itu telepon, SMS, maupun Data pada saat tingginya kebutuhan berkomunikasi pelanggan selama masa libur Lebaran 2018. Sejak H-7 sampai dengan H+7, Indosat Ooredoo mencatatkan kenikan traffic Data sebesar 45% dibanding traffic hari biasa, atau 71% dibandingkan tahun lalu. Tingginya traffic Data didominasi oleh penggunaan aplikasi perpesanan, social media, dan web browsing.

Sebaliknya, traffic layanan suara selama Lebaran 2018 mengalami penurunan sebesar 9% dibanding dengan traffic hari biasa, atau tercatat 169 juta menit. Sementara traffic layanan SMS tercatat 165 juta SMS atau meningkat 2% dibanding traffic hari biasa. Perubahan gaya komunikasi pelanggan yang cenderung menggunakan OTT (over the top) atau layanan aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, dan aplikasi sejenis lainnya, berakibat pada naiknya volume penggunaan sebesar 85,3% dibanding hari biasa.

Sebelumnya, Indosat Ooredoo telah menyiapkan kapasitas jaringan baik untuk telepon, SMS maupun Data untuk memastikan pelanggan tetap lancar dan nyaman berkomunikasi selama masa mudik, perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439H, serta libur Lebaran 2018. Kapasitas suara ditingkatkan menjadi 37,49 juta Erlang/hari, kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,01 milyar SMS/hari, dan kapasitas Data ditingkatkan menjadi 11.394 TeraByte/hari.

Selain menaikkan kapasitas jaringan, Indosat Ooredoo juga telah memperluas cakupan jaringan, serta melakukan perbaikan jaringan lewat optimisasi dan pemusatan jaringannya ke lokasi-lokasi strategis seperti jalur mudik dan tempat tujuan wisata. Command Center melalui Indosat Ooredoo Network Operations Center (INOC) juga turut memantau pergerakan penggunaan traffic Data pelanggan dari satu kota ke kota berikutnya serta melihat traffic Data dari penggunaan beberapa aplikasi yang digunakan pelanggan di tempat wisata.

“Sudah menjadi prioritas kami untuk menjaga kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi, apalagi di masa-masa libur panjang Lebaran ini. Berkat kerja keras dan kolaborasi seluruh tim, kami bersyukur pelanggan dapat menggunakan layanan kami dengan lancar dan nyaman,” ujar Dejan Kastelic, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo.

Pada hari-H Lebaran 2018, peningkatan traffic untuk suara yang paling tinggi terjadi di Pulau Madura yang mencatatkan kenaikan 21,5%. Sementara untuk traffic Data peningkatan tertinggi terjadi di Provinsi Bengkulu dengan kenaikan sebesar 88,26%. Kota Cianjur tercatat yang paling tinggi penggunaan layanan teleponnya saat Lebaran sebesar 109 ribu Erlang, dan Kota Magelang yang tercatat paling banyak menggunakan layanan Data sebesar 185 ribu GigaByte. Solo dan Yogyakarta menjadi tujuan utama pelanggan dari daerah lain, terlebih dari Jabotabek, dimana tercatat tingkat kedatangannya sekitar 9% dibanding hari biasanya. (Icha)

Latest

Ini Tiga Kunci Transformasi Digital di Indonesia

Telko.id - Transformasi digital menjadi sangat penting saat ini...

Indosat SheHacks 2024, Kembali Hadir Dukung Pemberdayaan Perempuan

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui...

Pemerintah Sambut Baik Minat Jepang Kembangkan 5G Open RAN di Indonesia

Telko.id – Pemerintah, dalam hal ini Menteri Komunikasi dan...

Menkominfo: Pemerintah Kaji Regulasi Tata Kelola AI

Telko.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah menyiapkan pengaturan...

Rekomendasi

Indosat SheHacks 2024, Kembali Hadir Dukung Pemberdayaan Perempuan

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) pilar Pemberdayaan Masyarakat kembali menggelar SheHacks 2024. Tujuannya untuk menginspirasi perempuan Indonesia dalam...

Lebaran, Indosat Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17%

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 17% sepanjang periode Hari Raya Idulfitri 1445 H. Pada saat yang sama...

Paska Merger, Indosat Bersaing Ketat Dengan Telkomsel di Pedesaan dan Luar Pulau Jawa

Telko.id - Berdasarkan hasil analisis dari Open Signal, penggabungan Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 telah mengubah dinamika pasar seluler Indonesia dan menjadikannya sebagai operator...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini