Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Ups, Uber Bayar Hacker si Pencuri 57 Juta Data sebesar USD 100 Ribu Untuk Jaga Rahasia

Telko.id – Ternyata, tahun lalu, Uber, perusahaan transportasi berbasis aplikasi ini pernah diserang oleh hacker secara massive. Setidaknya 57 juta akun pelanggan dan pengemudinya yang ‘dicuri’. Untuk itu, perusahaan ini rela membayar hacker hingga USD 100 ribu agar hacker tetap menjaga kerahasiaan data tersebut.

Dara Khosrowshahi, yang baru saja menjabat sebagai CEO Uber pada bulan Agustus lalu menggantikan pendirinya Travis Kalanick mengetahui peristiwa tersebut pada bulan November, satu bulan setelah kejadian. Hal ini terungkap di media karena adanya berita dari Bloomber yang pertama kali melaporkan pelanggaran data pada hari Selasa (21/11).

Uber menyatakan bahwa dua hacker yang membobol itu memperoleh akses terhadap informasi kepemilikan yang digunakan oleh Uber dan disimpan di GitHub, sebuah layanan yang memungkinkan para insinyur berkolaborasi dalam kode perangkat lunak.

“Dua orang mendownload data tersebut, termasuk nama, alamat email dan nomor ponsel pengguna Uber di seluruh dunia dan nama-nama dan nomor lisensi pengemudi dari 600.000 pengemudi A.S,” kata Khosrowshahi.

“Saya tidak dapat menghapus masa lalu. Yang dapat dilakukan adalah belajar dari kesalahan kami yang lalu. Kami juga akan mengubah cara menjalankan bisnis, menerapkan integritas pada inti setiap keputusan yang kami buat dan bekerja keras untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan kami,” ujar Khosrowshahi.

Dengan adanya kejadian tersebut, Uber memecat petugas keamanan utamanya, Joe Sullivan, dan seorang wakilnya, Craig Clark, karena peran nya dalam menangani insiden tersebut. Kemudian digantikan oleh Matt Olsen, mantan penasihat umum Badan Keamanan Nasional A.S., Tugas utamanya adalah untuk merestrukturisasi tim keamanan dan menjaga semua proses yang ada di perusahaan. Selain itu juga menyewa Mandiant, perusahaan keamanan maya milik FireEye Inc, untuk menyelidiki pelanggaran tersebut.

Sebelumnya, data pengemudi dan penumpang Uber pun dicuri tahun 2014 silam. Di mana, karyawannya telah menggunakan perangkat lunak yang disebut “God View” untuk melacak penumpang. (Icha)

Latest

XL Axiata Manfaatkan Starlink Jangkau BTS di Pedalaman

Telko.id – XL Axiata siap mengajak perusahaan milik miliarder...

XL Axiata ‘Tagih” Insentif Implementasi Jaringan 5G di Indonesia

Telko.id - XL Axiata berharap rencana pemerintah memberikan insentif kepada operator...

Layanan Purnajual realme Kini Tersedia Melalui WhatsApp

Telko.id - realme resmi meluncurkan layanan WhatsApp realme Support,...

Nokia Tuntaskan Modernisasi Jaringan 5G XL Axiata di Indonesia

Telko.id - Nokia mengumumkan bahwa telah berhasil menyelesaikan proyek...

Rekomendasi

XL Axiata Manfaatkan Starlink Jangkau BTS di Pedalaman

Telko.id – XL Axiata siap mengajak perusahaan milik miliarder Elon Musk yang memberikan layanan internet berbasis satelit, Starlink untuk bekerja sama. Hal itu disampaikan oleh...

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis laptop seri Swift generasi terbaru Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI...

Review : Acer Aspire 5 Spin 14 Varian Intel Core i5-1335U

Laptop Multifungsi dengan Segudang Inovasi Telko.id - Acer Aspire 5 Spin 14 (A5SP14-51MTN) mengusung konsep laptop convertible yang mendukung beragam aktivitas sehari-hari dengan fleksibilitas tinggi....

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini