XL Axiata Gunakan Teknologi Packet Design Demi Kualitas Layanan Yang Prima

Telko.id – Sebagai salah satu operator besar di Indonesia, tentu layanan yang prima selalu menjadi target operasional perusahaan. Demi menjamin pelayanan yang terbaik, XL mengimplementasikan teknologi Packet Design untuk mengatur lalu lintas dalam jaringannya.

Teknologi Packet Design ini digunakan untuk memastikan penyampaian layanan optimal melalui jaringan seluler dan inti IP MPLS-nya. XL Axiata memilih Packet Design Explorer Suite, termasuk kemampuan menganalisisa dan otomasi Carrier SDN, untuk memperbaiki pemecahan masalah, rekayasa lalu lintas secara otomatis untuk menghindari kemacetan link, dan mengurangi risiko saat memperluas dan meluncurkan layanan baru.

“Packet Design’s Explorer SDN Platform adalah satu-satunya teknologi yang dapat melakukan perhitungan jalur real-time untuk routing lalu lintas secara dinamis tanpa memberikan dampak pada layanan, di seluruh Jaringan MPLS kami,” kata Taufiq Budiman, Expert – Transport IP XL Axiata, seperti dikutip dari Cellular News.

Taufiq menambahkan bahwa “Kemampuan lain dari teknologi ini adalah dapat secara otomatis mencari jalur yang terbaik dengan menggunakan aplikasi Explorer SDN Traffic Engineering. Dengan demikian, akan menghemat banyak waktu dan uang, dan ini membantu kami mengelola kinerja saat kami mengembangkan jaringan dan meluncurkan teknologi seperti 4G LTE.”

Explorer Suite secara unik menghubungkan perilaku routing dan jalur yang selalu ada saat ini dengan arus lalu lintas dan kinerja infrastruktur jaringan untuk mengungkapkan bagaimana kejadian dan kegagalan routing mempengaruhi penyampaian layanan. Dengan analisis real-time, historis, dan prediktif ini, XL Axiata dapat merencanakan, menerapkan, dan memastikan layanannya secara efektif.

Misalnya, saat penyedia layanan menyebarkan router baru dan meningkatkan kapasitas tautan, ia menggunakan produk Explorer untuk memprediksi dampak perubahan, mensimulasikan beban kerja baru, dan menguji skenario kegagalan untuk membangun jaringan yang lebih tangguh.

Untuk lebih memastikan ketahanan, XL Axiata menggunakan aplikasi Explorer SDN Traffic Engineering (SDN-TE), yang memanfaatkan sistem telemetri, analisis, dan jalur optimasi real-time Explorer SDN Platform. Misalnya, kegagalan link sering terjadi di wilayah ini karena kabel serat optik dipotong di dasar laut dan peralatan konstruksi yang merusak di darat. Untuk memastikan bahwa pengiriman layanan pelanggan tetap konstan saat terjadi kegagalan ini, aplikasi SDN-TE mengotomatiskan tugas teknik yang sulit dan memakan waktu untuk menyeimbang ulang beban jaringan.

Dengan menggunakan aplikasi Explorer SDN-TE, XL mampu melakukan perhitungan dan membuat jalur Resource Reservation Protocol (RSVP-TE) untuk mengalihkan lalu lintas dari tautan yang padat ke tautan yang jarang digunakan. Hal ini menghasilkan keseluruhan penggunaan sumber daya jaringan dan penyampaian layanan yang lebih baik secara keseluruhan.

“Packet Design menyediakan analisis yang diperlukan untuk mengoptimalkan kinerja dan kontrol jaringan IP fisik dan virtual, terutama yang besar dan kompleks seperti XL Axiata’s,” kata Scott Sherwood, CEO Packet Design.

Scott juga menambahkan bahwa “Produk Explorer akan disesuaikan dengan XL Axiata, membantu jaringan mereka lebih efisien, memberikan layanan baru lebih cepat dan lebih ekonomis, dan mempertahankan kepuasan pelanggan yang tinggi.” (Icha)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hey there!

or

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…