Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Pemerintah Cina Blokir Facebook dan WhatsApp

Telko.id – Layanan pesan WhatsApp Facebook Inc. telah diblokir sebagian di China, menyusul tindakan keras penyensoran oleh pemerintah.

Beberapa pengguna WhatsApp di China melaporkan sudah mengalami pemblokiran sejak Senin (17/07) malam waktu Beijing. Pada hari Selasa pagi, pengguna telah membawa jejaring sosial seperti Twitter untuk melaporkan bahwa foto dan klip audio – format yang disukai di negara ini – tidak ter deliver dengan baik.

WhatsApp menyatakan tidak bertanggung jawab atas pemblokiran ini, menurut seseorang yang akrab dengan masalah ini. Perusahaan menolak berkomentar, seperti yang dilansir dari Blommberg.

“Alasan pihak berwenang China melakukan pemblokiran adalah agar dapat memantau semua komunikasi di internet,” kata Charlie Smith, salah satu pendiri GreatFire.org, yang melacak pemblokiran. Smith menggunakan nama samaran karena takut ada tindakan oleh pihak berwenang China. “Dengan memblokir WhatsApp, mereka membatasi pilihan bahwa orang Tionghoa harus mengirim komunikasi pribadi dan terenkripsi dan memaksa lebih banyak pengguna untuk mengadopsi WeChat sebagai aplikasi perpesanan mereka.”

Sementara pesan WhatsApp dienkripsi, WeChat tidak terenkripsi dan sangat disensor, kata Smith. Di WeChat, aplikasi perpesanan yang sangat populer yang dijalankan oleh China Tencent Holdings Ltd., orang diminta untuk menggunakan nama asli mereka. “Ini adalah bagian dari rencana induk pemerintah Cina melakukan penyensoran,” kata Smith.

Otoritas China telah meningkatkan penyensoran media sosial dan message platform saat pemerintah mempersiapkan Kongres Partai Komunis ke 19 – sebuah acara sensitif politik yang kemungkinan akan mengkonsolidasikan wewenang Presiden Xi Jinping. Beberapa pengguna mulai mengandalkan jaringan pribadi virtual, sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengarahkan data mereka ke luar negeri, untuk mengatasi blok tersebut – walaupun pemerintah China telah mulai menindak alat ini akhir-akhir ini.

Di China, WhatsApp digunakan oleh jumlah orang yang relatif lebih kecil daripada Tencent Holdings Ltd.’s WeChat, namun lebih disukai oleh beberapa orang karena dianggap kurang dimonitor daripada pesaingnya di China.

Peraih Nobel Perdamaian Liu Xiaobo baru-baru ini mendapat kritik dari seluruh dunia dan diam di rumah karena istilah pencarian dan diskusi publik yang berkaitan dengan aktivis pro-demokrasi disensor secara luas.

Penelitian dari Laboratorium Warga Universitas Toronto menemukan bahwa bahkan foto yang berkaitan dengan Liu dihapus dari pesan yang dikirim melalui WeChat. Ini adalah pertama kalinya penyaringan gambar ditemukan dalam obrolan satu-ke-satu, kata Lab.

Kematian Liu adalah peristiwa sensitif bagi Partai Komunis China, karena keterlibatannya dalam demonstrasi di Lapangan Tiananmen 1989, menurut Ronald Deibert, direktur Citizen Lab. Pemberontakan itu tumbuh karena berkabung atas kematian orang lain yang menganjurkan transparansi dan reformasi pemerintah yang lebih besar di negara tersebut, Hu Yaobang, Deibert mengatakan.

“Prihatin tentang kematian Liu mungkin memacu tindakan kolektif yang serupa, dan juga khawatir menyelamatkan muka, reaksi spontan penguasa China adalah untuk membatalkan semua diskusi publik tentang Liu, yang di dunia sekarang diterjemahkan ke dalam penyensoran pada media sosial,” Deibert menulis dalam sebuah posting blog pada hari Senin. (Icha)

Latest

XL Axiata Manfaatkan Starlink Jangkau BTS di Pedalaman

Telko.id – XL Axiata siap mengajak perusahaan milik miliarder...

XL Axiata ‘Tagih” Insentif Implementasi Jaringan 5G di Indonesia

Telko.id - XL Axiata berharap rencana pemerintah memberikan insentif kepada operator...

Layanan Purnajual realme Kini Tersedia Melalui WhatsApp

Telko.id - realme resmi meluncurkan layanan WhatsApp realme Support,...

Nokia Tuntaskan Modernisasi Jaringan 5G XL Axiata di Indonesia

Telko.id - Nokia mengumumkan bahwa telah berhasil menyelesaikan proyek...

Rekomendasi

Ini Tiga Kunci Transformasi Digital di Indonesia

Telko.id - Transformasi digital menjadi sangat penting saat ini agar bisnis dibidang apapun tidak terlibas oleh jaman yang sudah masuk ke era teknologi digital....

Mudik Bersama Aspire Lite Special Edition 25th Acer Indonesia, Nyaman dan Asyik

Telko.id – Mudik untuk bersilaturahmi, biasa nya dilakukan satu tahun sekali, pas hari Raya Idul Fitri. Nah, kali ini Telko.id berkesempatan mudik berbekal Acer...

IMD Smart City Index 2024: Indonesia Perlu Perbaikan soal Kemacetan dan Korupsi

Telko.id – Berdasarkan hasil survei Institute Management and Development (IMD) terkait Smart City Indeks (SCI) 2024 menyebutkan bahwa Indonesia perlu perbaikan soal kemacetan dan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini