spot_img
Latest Phone

Huawei Watch D2, Bisa Pantau Tekanan Darah 24 Jam

Telko.id - Huawei resmi menghadirkan Huawei Watch D2 di...

Yuk Bikin Galaxy Z Flip6 Jadi Stand Out dengan Flipsuit Case

Telko.id - Huawei resmi memperkenalkan Huawei MatePad Pro 12.2-inch,...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 (China)

Tecno Spark 20

ARTIKEL TERKAIT

Ternyata Bulan Ramadhan Pengguna Medsos Meningkat

Telko.id – Kebiasaan masyarakat Indonesia untuk bermain media sosial di hari biasa terbawa juga dalam bulan Ramadhan ini. Bahkan trend nya cenderung meningkat. Kegiatan apa saja yang dilakukan lewat media sosial ini oleh masyarakat?

Berdasarkan data yang diambil dari Instagram nya Indosat Ooredoo, penggunaan Facebook pada bulan Ramadhan kali ini meningkat 23% waktu untuk menonton video. Kegiatan atau aktivitas yang berhubungan dengan video pun meningkat sebanyak 2.8 kali dibandingkan dengan hari biasa.

Untuk Twitter, terjadi peningkatan penggunaan. Jumlah tweet tercatat meningkat 32%. Sedangkan jumlah video yang dikonsumsi meningkat sangat signifikan. Sampai 157%. Luar biasa!

Sedangkan untuk Youtube, waktu menonton video meningkat 32%. Khusus untuk video yang bertema rohani, hingga tutorial berhijab meningkat 1.5%.

Hal ini sebenar nya sudah diprediksikan juga oleh para operator. Di mana, pada bulan Ramadhan dan lebaran ini akan terjadi lonjakan terutama dari sisi trafik data.

“Kami memprediksikan, trafik semua layanan kemungkinan akan meningkat, dengan trafik data kembali akan naik paling tinggi yaitu sekitar 30% dibandingkan hari-hari biasa,” ungkap Yessie D. Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata.

Faktor pendorong tersebut antara lain adalah kebiasaan  pelanggan di mana mengakses data tidak hanya sekadar untuk berkomunikasi dengan orang lain, namun juga untuk akses ke berbagai layanan data lainnya, baik untuk hiburan, social media, transaksi jual beli, perbankan, juga akses ke informasi.

Telkomsel pun demikian. Dalam proyeksinya, tahun ini akan terjadi lonjakan trafik layanan data sebesar 21% dibandingkan hari normal, bahkan sekitar 66% jika dibandingkan periode Ramadhan dan Lebaran tahun lalu.

“Hal tersebut dikarenakan perilaku komunikasi pemudik maupun wisatawan di Indonesia didominasi penggunaan layanan data. Tingginya penggunaan layanan data antara lain dipicu seringnya pelanggan mengunggah foto dan video aktivitas di lokasi mudik dan wisata ke media sosial serta aplikasi pesan instan,” ujar Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel menjelaskan beberapa waktu lalu.

Di samping itu, pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses berbagai informasi dan direktori kuliner, penginapan, dan beragam aktivitas seni dan budaya yang bisa dilakukan di lokasi mudik dan wisata, serta menikmati berbagai layanan hiburan digital, seperti video, musik, dan games.

Sedangkan Indosat memproyeksikan bahwa trafik data saat Ramadhan dan Labaran kali ini akan meningkat antara 15 sampai 20 persen. (Icha)

 

 

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

ARTIKEL TERBARU