Telko.id – Dengan adanya digitalisasi perbankan. Maka kini semakin mudah lagi dalam melakukan pembukaan rekening. Bisa dilakukan, di mana saja dan kapan saja. Walau demikian, tetap saja ada beberapa prosedur yang diharuskan oleh pemerintah Indonesia, khususnya peraturan mengenai Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU dan PPT).
Seperti yang dilakukan oleh digibank by DBS. Ada beberapa fitur inovatif yang memungkinkan nasabah memperoleh pengalaman beraktivitas perbankan yang seamless.
TEKNOLOGI BIOMETRIK
Bagi warga negara Indonesia yang tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dapat membuka rekening digibank by DBS dimanapun dan kapanpun. Cukup dengan mengatur jadwal bertemu dengan agen digibank by DBS untuk membantu proses pembukaan rekening dengan menggunakan alat biometrik di tempat secara langsung. Sedangkan bagi nasabah yang lebih menyukai kenyamanan beraktivitas di kedai kopi maka mereka bisa melakukan verifikasi biometrik di e-KYC Store yang berlokasi di Jakarta, Bandung dan Surabaya.
CHAT TRANSFER
Para nasabah dapat melakukan chat transfer 24×7 yang akan dilayanai oleh Virtual Assistant berteknologi Artificial Intelligence. Nasabah dapat berinteraksi dengan Virtual Assistant digibank yang berteknologi Artificial Intelligence, untuk melakukan transaksi transfer dana. Nasabah dapat mengetik, “Transfer 100 ribu ke Digor”, dan Virtual Assistant akan melakukan layanan transaksi. Fitur ini mirip seperti memiliki seorang Relationship Manager yang membantu layanan transaksi, tanpa harus menghubungi Call Centre.
SPENDING TRACKER
Fitur perencanaan dan pengawasan finansial yang cerdas membantu nasabah lebih bijak dalam mengelola uangnya. Banyak orang tidak menyadari besarnya pengeluaran mereka terutama pada bulan-bulan perayaan, ulang tahun, wisuda, dll. Dengan fitur Spending Tracker,nasabah dapat dengan mudahnya merencanakan pengeluaran mereka sekaligus memantau transaksi perbankan menggunakan kartu debit digibank. Dirancang in-built pada aplikasi digibank, fitur ini mengoptimasi anggaran sehingga membantu nasabah dalam membuat anggaran, melacak serta menganalisa tren pengeluaran.
SOFT TOKEN
Fitur keamanan dengan sistem pengamanan in-built yang dinamis. Perbankan pada umumnya menggunakan One-Time Passwords (OTPs) untuk bertransaksi. Kode digit dikirimkan via SMS, lalu nasabah perlu mengetikannya kembali untuk proses otorisasi setiap melakukan transaksi. Namun bagi nasabah digibank by DBS, setelah unduh aplikasi dan verifikasi (OTP cukup 1 kali di awal), maka mereka dapat menikmati fitur Soft Token yang tertanam pada perangkat yang digunakan sehingga tidak perlu SMS OTP lagi setiap melakukan transaksi. (Icha)