Telko.id – Sari Roti gandeng Darwinbox dalam upaya untuk mendigitalisasi, menyatukan, dan memberikan pengalaman terbaik kepada seluruh tenaga kerjanya yang dapat diakses kapan dan dimana saja.
Berdiri sejak tahun 1995, produsen roti terkemuka ini telah memiliki 14 pabrik dengan total lebih dari 5000 karyawan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.
Tim HR Sari Roti mengungkapkan bahwa kerja sama dengan Darwinbox merupakan langkah strategis yang bertujuan untuk menyediakan sistem mobile-first yang mudah dan fleksibel bagi karyawan.
“Darwinbox sekarang memungkinkan kami untuk dapat mengelola SDM dengan lancar dan otomatis. Darwinbox yang tersedia dalam bentuk aplikasi seluler juga memungkinkan kami untuk memiliki aksesibilitas 24/7,” kata Arlina Sofia, Chief HRGA dan Procurement.
Darwinbox, perusahaan HCM user-rated cloud terdepan menurut Gartner’s Peer Insights, telah membantu Sari Roti meningkatkan pengalaman karyawan dengan menghilangkan hambatan dan inefisiensi di setiap area kerja.
Data kehadiran yang sebelumnya ditangkap dalam sistem biometrik dan harus diunggah ke HRIS setiap bulan, kini dapat diproses dengan hanya menggunakan pengenalan wajah di aplikasi seluler dan geofencing. Hal ini memungkinkan seluruh karyawan Sari Roti dapat merekam data secara langsung dan mudah.
Selanjutnya, jadwal cuti dan onboarding karyawan dapat dilihat secara digital. Seluruh kegiatan pembelajaran dan peningkatan keterampilan juga dapat dengan mudah diakses oleh seluruh karyawan melalui platform Darwinbox.
“Mengelola SDM secara manual tentu bukan hal yang dapat dilakukan dengan mudah oleh perusahaan dengan skala besar. Apa yang mereka butuhkan adalah digitalisasi dan otomatisasi untuk meringankan beban karyawan dari kegiatan yang merepotkan, serta memungkinkan mereka untuk fokus pada pekerjaan utamanya dalam membuat produk, strategi bisnis, dan melayani pelanggan mereka” kata Jayant Paleti, Co-founder Darwinbox.
“Tim Sari Roti tidak hanya memahami hal ini dengan baik, tetapi juga memiliki semangat untuk terus menjadi perusahaan yang unggul. Hal tersebut membuat kami bangga, Darwinbox kini dapat mendorong proses pengelolaan SDM untuk ‘Rotinya Indonesia’ yang sudah ada selama seperempat abad untuk terus berkembang,” tambahnya.
Saat ini Darwinbox telah melayani lebih dari 650 perusahaan dengan 1,5 juta karyawan di lebih dari 90 negara, termasuk perusahaan besar dan berkembang pesat di Indonesia, seperti Tokopedia, Kopi Kenangan, Mitra Adiperkasa, Indorama, Chandra Asri (Barito Pacific Group), Sari Roti (Salim Group) Protelindo (Djarum Group), Pyridam Farma, Gunung Raja Paksi (GRP), Astra Life, Bina Karya Prima dan STP Tower.