Telko.id – Apa pun eCommerce yang diakses, tidak ada satu pun yang tidak menawarkan diskon atau potongan harga. Menkominfo, Rudiantara menyebutkan, tindakan yang lakukan oleh eCommerce itu adalah hal biasa.
Namun, Rudiantara menegaskan bahwa diskon atau potongan harga itu tidak bisa dilakukan sepanjang tahun.
“Di industri retail, memberikan diskon atau potongan harga itu hal biasa. Tapi harus ada durasi program nya. Tidak bisa sepanjang tahun,” demikian Rudiantara menjelaskan pada saat perayaaan ulang tahun blibli.com ke 8 yang lalu.
Industri retai juga memiliki hitungan bisnis. Kalau tidak itu bukan bisnis, tapi lembaga sosial. Nah, kita kan tidak mau eCommerce itu jadi lembaga sosial. Mereka harus hidup. Itu sebabnya, kalau pun ada diskon atau potongan harga tidak bisa jor-joran. Harus ada hitungan bisnis nya. Termasuk juga, program marketing itu harus ada tengat waktu berlakunya program tersebut.
Rudiantara pun menambahkan, “eCommerce harus bisa meningkatkan penjualan produk-produk lokal”. Sebab, menurutnya, transaksi yang ada di eCommerce tersebut turut mendorong pertumbuhan ekonomi. Terutama bila platform dagang elektronik tersebut mengutakan untuk menjual produk lokal. Lalu, yang juga memiliki keberpihakan terhadap UMKM.
“Blibli.com merupakan salah satu eCommerce yang memiliki keberpihakan pada UMKM itu,” ungkap Rudiantara.
Ia melanjutkan, “Saya mengapresiasi apa yang dilakukan Blibli.com karena perhatian Blibli kepada produsen lokal atau UMKM. Saya sudah ikut (hadir) dua kali di semacam kompetisi untuk UMKM Indonesia yang dijual melalui Blibli.com.” (Icha)