Telko.id – Tidak terasa, Gojek kini sudah memasuki usia ke 8 tahun. Begitu banyak aral merintang yang dihadapi, sampai akhirnya dipercaya banyak institusi keuangan maupun angle investor sehingga bisa sampai seperti sekarang ini. Kondisi hingga saat ini membuat Founder dan CEO Gojek Grup, Nadiem makarim menilai bahwa logo nya saat ini sudah tidak mencermintakan apa yang terjadi di internalnya.
“Kita bukan hanya super apps di ride hailing, super apps food delivery ataupun super aps financial inklusi saja. Kita supper aps yang berubah menjadi paltform terknologi yang dapat memenuhi kebutuhan, konsumen kita. Ada 20 supper apps semua nya di Gojek,” ujar Nadiem saat meresmikan logo baru nya.
Perubahan logo baru ini juga merupakan masukan dari para mitra Gojek. “Para mitra Go-Car tanya, logo tidak mewakili kita. Lalu dari GoFood juga begitu dan lainnya juga memberikan masukan yang sama. Mereka tidak merasa terwakili dengan logo Gojek yang lama,” tambah Nadiem.
Itu sebabnya, logo Gojek resmi diubah dengan lingkaran dengan tepat mempertahankan warna hijau yang disebut nya ‘Solve’. “Kami ingin, semua masyarakat, begitu melihat logo kami langsung paham, ohhh itu Gojek secara otomatis,” ungkap Nadiem.
Kehadiran logo baru ini diilhami oleh perjalanan Gojek yang telah berhasil menjadi platform teknologi terdepan di Asia Tenggara. Logo baru ini melambangkan alasan utama hadirnya Gojek, yaitu memecahkan masalah melalui teknologi.
Perubahan logo ini pun menjadi tonggak sejarah baru yang menandai evolusi Gojek dari layanan ride-hailing, menjadi sebuah ekosistem terintegrasi yang menggerakkan orang, barang, dan uang.
“Logo ini melambangkan satu tombol untuk semua. Di lain pihak, lingkaran di logo baru ini mewakili ekosistem Gojek yang semakin solid memberikan manfaat untuk semua. Logo ini mewakili semangat kami untuk selalu menawarkan cara pintar dalam mengatasi tantangan yang dihadapi para pengguna untuk hidup yang lebih mudah bagi konsumen, untuk akses pendapatan tambahan yang lebih luas bagi mitra, untuk peluang pertumbuhan bisnis yang pesat bagi para merchant, dan masih banyak lagi. Dengan Gojek #PastiAdaJalan, itu intinya,” kata Nadiem.
Selain itu, logo baru ini tetap menempatkan mitra di posisi istimewa. Sebagai contoh, jika diperhatikan, logo ini menyerupai ikon driver yang terdapat di fitur layanan GoRide di aplikasi Gojek. “Kami bangga dengan para mitra Gojek yang mampu berkembang bersama kemajuan teknologi, sehingga mereka bisa diandalkan oleh semua lapisan masyarakat kapan pun, di mana pun. Mereka berperan aktif dalam menggerakan pertumbuhan ekonomi digital dengan membantu mempermudah hidup jutaan masyarakat setiap hari,” lanjut Nadiem.
Dengan logo baru, Gojek akan terus berinovasi menghadirkan berbagai cara pintar mengatasi tantangan yang dihadapi dan terus memberikan dampak sosial dan ekonomi nyata bagi masyarakat sekaligus membangun posisi Indonesia sebagai hub teknologi di Asia Tenggara. (Icha)