Telko.id – Kaum Millennials kini memang menjadi ‘sasaran empuk’ bagi perusahaan yang sudah merambah ke digital. Maklum saja, kedekatannya dengan digital merupakan sebuah keuntungan besar bagi masa depan perusahaan tersebut. Tak heran, Bank DBS Indonesia pun fokus menyasar kaum millennials ini. Terutama setelah meluncurkan digibank by DBS, sebuah aplikasi mobile dengan keunggulan sepenuhnya ke dalam satu genggaman.
Langkah ini juga ditargetkan untuk meningkatkan inklusi keuangan di kaum millennials ini. Seperti diketahui bahwa Millennials adalah generasi pertama dari era digital yang menjalani sebagian besar hidupnya melalui ponsel yang digenggamnya. Namun pada sisi lainnya, generasi millennials juga dikenal sebagai generasi yang sulit untuk mengadopsi kebiasaan menabung.
Riset yang dilakukan oleh Crowd DNA dalam pengawasan Facebook, terhadap 1,000 respondennya yang berusia antara 13 sampai 24 tahun, didapat bahwa 79% dari responden masih memikirkan mengenai pentingnya menabung bagi masa depan mereka. Senada dengan hal tersebut, riset yang lebih mendalam dilakukan oleh George Washington Global Financial Literacy Excellence Center terhadap 5.500 millennials menunjukkan bahwa hanya 24% yang mengerti prinsip dasar keuangan.
Kondisi tersebut yang membuat Bank DBS Indonesia meluncurkan layanan eKYC (Elektronic Know Your Customer) yang memungkinkan nasabah millennials untuk membuka rekening dengan segala kemudahan yang ditawarkan yaitu diantaranya, tidak perlu ke bank dan mengisi banyak formulir.
Melalui komitmen untuk menjadi pioneer dalam mewujudkan transaksi perbankan yang semakin branchless dan seamless, para calon nasabah khususnya kaum millennials dan early worker dapat membuka rekening digibank hanya dengan otentifikasi e-KTP untuk verifikasi biometrik yang bisa dilakukan di beberapa kedai kopi di wilayah Jakarta, Tangerang, Bandung dan Surabaya.
Terobosan inovatif e-KYC pada digibank ini merupakan salah satu upaya Bank DBS Indonesia dalam memenuhi kebutuhan masyarakat urban saat ini yang serba cepat, serba instan, namun tetap memenuhi peraturan pemerintah Indonesia, khususnya peraturan mengenai Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU dan PPT).
Prosedur KYC (Know Your Customer) dari Bank Indonesia yang mengharuskan pihak bank untuk bertemu dengan nasabah dan biasanya dilakukan di kantor cabang kinidapat diikuti dengan cara terbaru yang menyenangkan dan memudahkan nasabah. e-KYC pada digibank berfungsi untuk mengenali dan memverifikasi calon nasabah sebagai bagian dari proses yang dibutuhkan untuk mengecek keabsahan nasabah yang seluruh prosesnya dapat dilakukan secara elektronik.
“digibank by DBSmemiliki komitmen untuk selalu hadir secara lebih dekat dengan kehidupan masyarakat. Kami juga saat ini berfokus untuk menyasar target pasar para millennials dan early worker sebagai nasabah digibank by DBS, dengan memberikan cara unik dalam membuka rekening yang terbaru, yaitu melakukan verifikasi biometrik di e-KYC store. Hal ini merupakan bukti nyata kami di ranah digital innovation dalam dunia perbankan,” kata Leonardo Koesmanto – Head of Digital Banking PT Bank DBS Indonesia.
Leo juga mengungkapkan bahwa sejak peluncurannya, digibank by DBS telah mengimplementasikan proses verifikasi nasabah yang unik dan inovatif, contohnya adalah penggunaan teknologi biometrik.
Sejak peluncuran pertama, verifikasi identitas calon nasabah telah dilakukan dengan menggunakan agen digibank yang dapat mendatangi calon nasabah di tempat calon nasabah berada. Janji temu dilakukan semudah memanggil sarana transportasi online.
Lebih lanjut, Leo menjelaskan, “Kini, digibank by DBS hadir lebih dekat untuk menemani keseharian masyarakat, terutama kaum millennials dan early worker, yang banyak melakukan kegiatannya di tempat nyaman, seperti kedai kopi, sembari menikmati kopi dan bersantai, tetapi tetap dapat melakukan aktivitas perbankan, termasuk pembukaan rekening. Sehingga ini yang kita sebut Live More, Bank Less sekaligus menerapkan inklusif keuangan di kalangan millennials”.
Cara Unik Membuka Rekening digibank
Bank DBS Indonesia telah berkomitmen untuk senantiasa memberikan pengalaman perbankan bagi nasabah dengan cara yang mudah, praktis, serta menyenangkan, dan digibank by DBS merupakan salah satu bentuk nyata dari komitmen tersebut.
Saat ini Bank DBS Indonesia berinisiasi melalui kerjasama dengan beberapa kedai kopi di wilayah Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Surabaya untuk menambah kenyamanan nasabah dalam beraktivitas perbankan. Melalui kerjasama unik tersebut, memungkinkan masyarakat untuk membuka rekening di beberapa kedai kopi semudah seperti menikmati kopi favorit. Tren kopi yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban, khususnya di kalangan anak muda, menjadi salah satu alasan Bank DBS Indonesia bekerjasama dengan beberapa kedai kopi. Nantinya, di kedai-kedai kopi tersebut, akan terdapat alat verifikasi biometrik untuk membantu proses verifikasi identitas calon nasabah.
Saat ini, tercatat 21 kedai kopi yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Surabaya telah resmi menjalin kerjasama dengan Bank DBS Indonesia dalam program e-KYC store ini. Kedai-kedai kopi tersebut juga akan memberikan secangkir kopi secara gratis kepada nasabah baru digibank by DBS yang berhasil melakukan proses verifikasi biometrik.
Disamping itu, digibank by DBS akan memberikan berbagai manfaat, seperti potongan harga 20% bagi para penikmat kopi yang memiliki rekening digibank. (Icha)